Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tanda Mual Disebabkan Karena Kehamilan

5 Tanda Mual Disebabkan Karena Kehamilan


5 Tanda Mual Disebabkan Karena Kehamilan - Banyak calon ibu yang tidak sadar akan masa kehamilannya. Pada fase awal biasanya akan terjadi rasa mual dan pusing, namun ada juga yang menghiraukan hal tersebut atau malah menganggapnya sebagai gejala masuk angin biasa.

Padahal mengetahui kehamilan sejak dari awal akan mempermudah proses asesmen untuk fase kehamilan berikutnya. Calon ibu akan lebih siap secara fisik dan mental, dan melakukan program yang nantinya untuk perkembangan calon jabang bayi:

Lalu bagaimana tanda mual disebabkan oleh kehamilan ? Silakan simak artikel berikut ini:

 

Mual Kehamilan Disebabkan oleh Hormon

Secara umum rasa mual sebenarnya sama saja, baik karena demam, pusing atau karena hamil. Penderita akan merasakan rasa tidak nyaman pada perutnya dan sistem pencernaan berusaha mengeluarkan makanan. Namun penyebab mual karena hamil memiliki perbedaan.

Ada yang namanya perubahan hormon yang lebih cepat yaitu hormon progesteron yang bertanggung jawab pada fungsi kewanitaan dan reproduksi. Pada saat hamil pembuluh darah pada perut melebar dan menurunkan sirkus darah. Hal inilah yang jadi penyebab munculnya mual.

 

Mual karena Kehamilan Sulit Dideteksi

Salah satu faktor yang bisa membuat calon ibu jengkel adalah mengidentifikasi penyebab mual. Perlu diketahui Mual karena Hamil dan mual karena sakit memiliki latar belakang yang berbeda. Mual karena hamil bersifat hormonal dan bisa datang tiba-tiba.

Sementara mual karena sakit lebih mudah dicari tahu penyebabnya, bisa karena demam, sakit perut dan keluhan fisik lainnya. Jadi kita bisa meminimalisirnya.

 

Waktu yang sering dialami calon ibu saat hamil

Cara yang mudah untuk mengenali mual karena hamil adalah waktu terjadinya. Biasanya ibu mengalaminya pada fase awal kehamilan dan akan berangsur berkurang seiring berkembangnya usia si calon jabang bayi.

Gejala mual biasanya terjadi pada waktu pagi atau malam hari. Namun untuk mual karena sakit bisa terjadi disembarang waktu, tergantung dengan kondisi tubuh.

Durasi mual berbeda-beda waktunya ada yang berlangsung 1 - 2 Minggu atau bisa berlangsung selama 3 bulan usia kehamilan. Jika gejala terus berlanjut hubungi dokter agar diberikan obat penguat yang membantu menghilangkan rasa mual.

 

Mual sering diikuti dengan kesensitifan

Ibu yang sedang hamil sering lebih sensitif indranya terutama bau-bauan. Mencium bau menyengat bisa membuat pusing-pusing, tidak nafsu makan hingga berujung kenalan. Jika bunda mengalami hal ini, besar kemungkinan ini adalah mual karena kehamilan.

Lain halnya dengan hamil karena sakit yang tidak ada hubungannya dengan kesensitifan, mual karena sakit biasanya diikuti dengan sendawa.

 

Efek Mual Kehamilan

Tentunya secara efek, tentu lebih menyiksa mual karena kehamilan karena bisa bertahan selama 3 bulan. Dan rasanya diikuti dengan rasa pusing, tidak nafsu makan, nyeri otot dan gejala lain yang mengganggu aktivitas.

Dengan kondisi seperti ini, ibu hamil perlu didukung oleh keluarga terdekat. Agar terhindar dari stres dan perkembangan jabang bayi berjalan normal. Konsultasi kepada dokter juga diperlukan.

 

Demikianlah 5 Tanda Mual Disebabkan Karena Kehamilan yang perlu Anda tahu. Semoga bermanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "5 Tanda Mual Disebabkan Karena Kehamilan"