Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Pahala Ketika Sakit Menurut Islam

Sumber foto : merdeka.com


Allah Swt. menciptakan makhluk manusia sebagai penciptaan yang paling sempurna diantara makhluk lainnya. Walaupun termasuk yang sempurna, tidak membuat manusia terbebas dari segala cobaan hidup termasuk sakit.

Karena dengan sakit tersebut, membuat manusia menjadi lebih sadar akan pentingnya berbuat kebaikan, lebih dekat dengan Allah Swt. serta selalu berikhtiar dan bertawakal kepada Allah Swt.

Sakit itu terbagi golongannya menjadi 2, yaitu sakit jasmani dan sakit rohani, rata-rata orang lebih takut dengan sakit jasmani karena membuat kita menjadi susah bekerja, tidak dapat bersosialisasi, pola makan terganggu, dll.

Walaupun begitu, sakit bukan berarti tidak bisa mencari amalan pahala, justru dengan sakit itulah menjadi ladang penggugur dosa apabila menjalaninya dengan tabah dan ikhlas.

Cara mendapatkan pahala menurut islam

Pada suatu hari, ada seorang sahabat Rasulullah Saw. yang sedang sakit yaitu Salman Al-Farisi. Rasulullah Saw berkata
 
''Ada tiga pahala yang bisa engkau dapat ketika sakit yaitu , dengan sakit engkau akan mendapatkan peringatan dari Allah, Doamu akan dikabulkan dan dosa-dosamu akan dihapuskan ketika menderita sakit"

Dari kutipan cerita tersebut, jelaslah bahwa sakit itu berpahala, tetapi jangan pula kita mencari jalan bagaimana caranya sakit. Ketika kalian sakit, ingatlah pesan yang disampaikan Rasulullah Saw. kepada sahabatnya Salman Al-Farisi, teruslah berzikir kepada Allah Swt, berdoa, dan mengharapkan ridho nya supaya diberi kesembuhan.

Selain itu, terdapat beberapa cara lain agar tetap mendapatkan pahala ketika sakit :

1. Sabar

Dengan sabar, kita akan selalu tertahan dari segala upaya yang dapat bersifat buruk. Sabar juga merupakan sifat yang selalu tertanam dalam diri nabi, dimana banyak para umat yang membangkang dan mencaci maki kepada nabi.

2.Positive Thingking kepada Allah Swt.

Ingat dan tanamkan didalam diri kita, selalu berpikir positif apapun yang terjadi. Dan janganlah berprasangka buruk terhadap bahwa sakit itu sialan, menyusahkan,dll. Tetaplah berpikir positif bahwa di suatu saat nanti penyakit ini akan segera diangkat oleh Allah Swt.

3. Bersyukur kepada Allah Swt.

Tetap bersyukurlah kamu walaupun dalam keadaan sakit, karena kamu masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri, bertaubat, dan mengingat segala dosa yang telah dilakukan.

4. Perbanyak zikir dan istighfar

Tidak hanya sehabis solat kita berzikir dan beristighfar, tetapi dalam segala aktivitas yang kita lakukan selalu berdampingan dengan zikir dan istighfar termasuk dalam keadaan sakit. Karena dengan zikir membuat hati kita menjadi lebih tenang, menghilangkan rasa khawatir atau sedih,dll.

5. Bertawakal kepada Allah Swt.

Setelah semua usaha atau ikhtiar yang kita lakukan, maka langkah terakhir adalah berserah diri kepada Allah Swt. sembuh atau tidaknya hanya Allah yang menentukan, kita sebagai hambanya harus selalu berikhtiar dan perbanyak zikir dalam kehidupan kita 


Penutup dan Hikmah Sakit

Itulah beberapa cara bagaimana kita tetap mendapatkan pahala walaupun dalam keadaan sakit. Walaupun dalam keadaan sakit sekalipun, kita tetap bisa mendapatkan pahala dan mengambil hikmah kehidupan ketika sakit

Sakit membawa banyak hikmah dalam kehidupan kita, diantaranya dengan sakit membuat kita selalu bersyukur semua nikmat yang telah diberikan, selalu mengingat dan lebih dekat kepada Allah, senantiasa berpikir kepada Allah, dan yang terakhir sakit dapat menggugurkan dosa apabila menjalaninya dengan penuh kesabaran dan ikhlas.



Dikutip dari sumber : Buku Memburu Pahala Di Kala Sakit karya Atiqah Hamid dan 


5 komentar untuk "Mencari Pahala Ketika Sakit Menurut Islam"

  1. Makin bertambah ilmu pengetahuan saya untuk ajaran agama islam.. Semoga saja orang yang sedang sakit mendapatkan banyak pahala dan dihapuskan segala dosa nya...

    BalasHapus
  2. Allah mengurangi dosa orang yang sakit. Tapi sebagai manusia, mungkin kita mengeluh atas penyakit yang menimpa kita.

    Semoga yang sakit segera sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Sifat manusiawi memang begitu, suka mengeluh dan tjsrang bersyukur.

      Hapus

Posting Komentar