Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Viral Marketing Beserta Strategi Penerapannya


Mengenal Viral Marketing Beserta Strategi Penerapannya - Membicarakan seputar bisnis memang hampir tidak ada ujungnya, mulai dari mengenalkan produk hingga memasarkan produk harus memiliki strategi yang tepat.

Sebut saja marketing, ia merupakan salah satu faktor yang bisa dibilang sangat berperan dan produk yang sukses maupun tidak bergantung pada sistem marketing. 

Bagaimana tidak, apabila suatu produk barangnya sudah bagus dan baik, tetapi tidak ada yang membeli, tentu saja itu sangat merugikan, oleh karena itu dalam menjalankan bisnis kita memerlukan yang namanya marketing.

Sistem marketing itu banyak jenisnya dan setiap perusahaan/usaha memiliki caranya masing-masing. Salah satu yang dari sekian banyak jenis dari sistem marketing ialah viral marketing.

Apa itu viral marketing ? Jadi viral marketing adalah suatu pemasaran yang menerapkan sistem produk menjadi sangat terkenal dalam waktu yang cepat. 

Contoh viral marketing di Indonesia : Beberapa waktu lalu Indonesia dihebohkan dengan sebuah video yang diperankan oleh Ade Londok, ia memperkenalkan makanan khas bandung yaitu Odading, karena menggunakan bahasa dan gaya mengenalkan produknya yang lucu, membuat makanan tersebut viral.

Akibat viralnya video tersebut, Ade Londok dinobatkan sebagai duta kuliner Jawa Barat. Selain itu, hasil penjualan odading pun meroket tajam sehingga hasilnya sangat menguntungkan.

Melihat contoh tersebut, tentu viral marketing ini sangatlah menguntungkan bagi para pemilik bisnis.

Viral marketing ini terbagi dalam 2 jenis yaitu, viral marketing offline dan viral marketing online.

Viral marketing offline terjadi biasanya melalui pembicaraan orang ke orang ataupun brosur-brosur yang disebarkan kepada masyarakat.

Sedangkan viral marketing online yaitu penyebaran dan memperkenalkan produk ke media online, biasanya terjadi melalui pembicaraan hangat sosial media.

Strategi Dan Cara Menerapkan Viral Marketing


Dalam menerapkan sistem viral marketing tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena apabila terdapat kesalahan justru dapat menjadi bumerang bagi wirausaha ataupun orang bisnis.

Strateginya berikut :

  1. Buatlah dan kenalkan produk anda dengan cara yang tidak biasa, maksutnya ialah membuat marketing yang paling beda diantara yang lainnya.
  2. Membuat meme dalam penerapan marketing produk, selera anak muda memang rata-rata menyukai hal yang lucu-lucu (meme) dan cenderung tertarik terhadap produk yang terdapat meme nya. 
  3. Menggunakan media yang sedang viral juga disaat itu, seperti lagu dj gagak entah apa yang... Penerapan lagu dj tersebut dengan sedikit pengubahan pernah diterapkan oleh makanan sosis so nice.

Setelah menerapkan strategi tersebut, langkah selanjutnya yaitu cara penerapannya :

  1. Cara penerapannya viral marketing sangat mudah, jika dalam versi online anda hanya perlu membagikan produk yang telah di pakai menggunakan sistem marketing ke berbagai sosial media seperti facebook, instagram, dll. 
  2. Dan jika perlu untuk memperluas jangkauan, anda dapat menggunakan fb ads dan google ads supaya lebih banyak yang tertarik terhadap produk viral marketing anda.

Keuntungan Menggunakan Viral Marketing :


  1. Menghemat dana, karena berhasilnya viral marketing , anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk memasarkan produk, sebab masyarakat sudah cukup tau hasil dari viral marketing tersebut.
  2. Untung yang sangat banyak, karena hasil marketing anda sudah viral dan orang-orang pada tertarik untuk menggunakannya, membuat keuntungan pada produk anda menjadi berlipat ganda.

Penutup


Itulah pembahasan mengenai viral marketing beserta strategi dan penerapannya.

Sekian dari saya , kurang lebihnya mohon dimaafkan , jika anda ingin menambahkan silahkan kirim lewat komentar ya , terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mengenal Viral Marketing Beserta Strategi Penerapannya "