Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ular Berbisa Sering Ditemukan di Indonesia

 

Jenis Ular Berbisa Sering Ditemukan di Indonesia

Jenis Ular Berbisa Sering Ditemukan di Indonesia - Indonesia merupakan kawasan negara yang banyak menyimpan kekayaan flora dan faunanya. Banyaknya ekosistem hutan tropis menjadi tempat yang tepat untuk berbagai jenis hewan untuk berkembang, salah satunya adalah ular.

Tercatat lebih dari 450 Jenis Ular baik yang berbisa ataupun yang tidak berbisa hidup di Indonesia. Tentunya ini harus menjadi perhatian, karena keberadaan ular berbisa dapat membahayakan manusia.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut soal jenis ular berbisa yang sering ditemukan di Indonesia, silakan simak uraian berikut ini:

Ular Weling

Spesies Ular weling merupakan salah satu ular paling mematikan di Indonesia. Bahkan bisa ular ini lebih berbahaya daripada ular cobra. Ular weling tersebar dari pulau Jawa, Sumatera, Bali hingga Sulawesi. Ular weling menyukai habitat basah seperti di persawahan.

Ular bermotif hitam putih ini memiliki karakter yang pemalu dan cenderung menghindari pemukiman, namun bila terdesak ular ini akan menggigit dan mengeluarkan bisa yang bersifat neurotoksin yang dapat melumpuhkan syaraf manusia.

Ular Welang

Ular Welang masih memiliki kekerabatan dengan ular weling karena sama-sama dari keluarga elipidae. Salah satu ciri yang membedakan keduanya bisa dilihat dari corak warnanya. Ular weling berwarna hitam putih sementara ular Welang berwarna kuning hitam.

Racun dari ular Welang dapat menimbulkan masalah fatal, bahkan bisa menimbulkan kematian bila tak kunjung ditangani. Ular yang sering bersembunyi di bongkahan kayu ini mempunyai bisa neurotoksin yang belum ada penawarnya di Indonesia.

Ular King Cobra

Keganasan ular cobra memang tak main-main, bisa yang dimilikinya mampu membunuh manusia dalam hitungan menit. Ular yang memiliki bentuk kepala seperti sendok ini sangat sering ditemukan di daerah hutan tropis, rawa-rawa, hutan bakau bahkan di area pemukiman.

Ular cobra sebenarnya merupakan predator alami bagi tikus, ular ini juga cenderung menghindari interaksi dengan manusia. Namun tetap harus diwaspadai karena sekali terkena gigitannya , nyawa kita bisa terancam.

Ular Picung

Meskipun memiliki corak warna yang indah, ular picung ternyata merupakan spesies ular berbahaya. Ular yang persebarannya meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi ini patut diwaspadai keberadaannya.

Meskipun terbilang ular kecil, nyatanya bisa ular dapat menimbulkan luka serius, kerusakan organ vital hingga berujung kematian. Ular yang memiliki warna leher kemerahan ini, sering sulit untuk diamati karena sering bersembunyi dibalik semak-semak.

Ular Tanah

Ular tanah atau didaerahnya Jawa disebut ular bandotan ini, masuk dalam daftar ular paling berbisa di Indonesia. Sesuai dengan namanya, ular ini memang tinggal di tanah. Dan sering memakan korban banyak orang, karena sering menggigit manusia.

Ular ini sulit dilihat karena sering bersembunyi di antara dedaunan mati. Efek dari bisa ular tanah adalah kebusukan. Orang yang terkena gigitannya bisa diamputasi anggota tubuhnya karena masalah ini.

Itulah beberapa jenis ular berbisa yang sering ditemukan di Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu. Semoga sehat selalu dan dikaruniai keselamatan serta kelancaran dalam menjalankan aktivitas (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Jenis Ular Berbisa Sering Ditemukan di Indonesia"