Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimanakah Sebenarnya Pengertian MSDM?



MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja secara efisien dan efektif sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat. Ini adalah pengertian yang paling umum kita dengar.

Manajemen Sumber Daya Manusia terdiri dari 2 suku kata yaitu manajemen dan sumber daya manusia. Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur, mengelola. Yang dikelola adalah semua sumber daya yang ada baik fisik maupun non fisik dengan maksud agar tujuan tercapai dengan efisien efektif.

Cara mengelolanya dengan melaksanakan aktivitas/kegiatan/proses yang sering disebut dengan fungsi-fungsi manajemen. Fungsi manajemen ini terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), leading (pengarahan) dan controlling (pengendalian).

Jadi manajemen dapat diartikan sebagai aktivitas/kegiatan/proses mengelola sumber daya agar tujuan tercapai dengan efisien efektif. James A.F. Stoner dan Charles Wankel (1986) mendefinisikan manajemen sebagai Management is the process of planning, organizing, leading and controlling the efforts of organization members and of using all other organizational resources to achieve stated organizational goals

Definisi itu bila diartikan kurang lebih manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi. Jadi di situ sekaligus mencakup fungsi-fungsi manajemen.

Bagaimana dengan sumber daya?. Sumber daya manusia berarti daya yang bersumber dari manusia, maksudnya potensi yang ada pada manusia baik berupa akal pikiran, tenaga, keterampilan, emosi, kemauan dan perilaku yang dapat digunakan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk organisasi/perusahaan.

Pengertian MSDM dan bedanya dengan manajemen personalia

Dari dua suku kata tersebut bila digabung jadilah pengertian MSDM. Jadi, manajemen sumber daya manusia yang mengandung pengertian sebagai aktivitas/kegiatan/proses mengelola sumber daya manusia dalam suatu organisasi.

Manajemen sumber daya manusia dapat juga didefinisikan sebagai bagian dari ilmu manajemen yang khusus membahas tentang pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Edwin B. Flippo (dalam Hasibuan, 2000) mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan agar tercapai tujuan organisasi dan masyarakat.

Manajemen sumber daya manusia dulu disebut juga dengan istilah manajemen personalia. Manajemen personalia masih dianggap berpandangan tradisional, karena hanya terfokus kepada fungsi yang terkait dengan administrasi karyawan yang dihubungkan dengan fungsi-fungsi seperti pelatihan, sistem kompensasi dan disiplin dalam bekerja. Sementara manajemen SDM melihat bahwa semua fungsi personalia itu terkait satu dengan yang lainnya dan merupakan fungsi yang saling mempengaruhi.

Posting Komentar untuk "Bagaimanakah Sebenarnya Pengertian MSDM?"