Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Sumber Kegiatan Yang Bisa Memunculkan Inspirasi Ide Skripsi

 Sumber Kegiatan Yang Bisa Memunculkan Inspirasi Ide Skripsi




Salah satu momok mahasiswa semester tua adalah Skripsi. Rasa takut dan deg-degan pasti dialami karena proses pembuatan skripsi memang tidak mudah. Apalagi sebentar lagi semester baru akan segera datang, desakan untuk menyelesaikannya semakin kuat. Mungkin orangtua pun mulai melontarkan pertanyaan " Kapan Lulus ?".


Untuk mempermudah pencarian ide skripsi memang perlu Effort, namun jika sobat mengerjakan aktivitas-aktivitas berikut ini, pasti skripsi akan dilewati dengan cara lebih mudah:


Langsung Turun Kelapangan, Lihat Masalah Masyarakat secara langsung


Agar cepat menemukan sebuah masalah untuk ide skripsi ada baiknya melakukan survei lapangan langsung. Bisa dicocokkan dengan study ilmu yang ditempuh. Misalnya jika sobat berasal dari Study pertanian. Sobat bisa langsung terjun ke daerah sawah untuk melihat kehidupan petani. Dengan melihat langsung, sobat akan tahu realitas kehidupan mereka dan tahu masalah apa yang mereka hadapi. Misalnya sulit panen karena serangan hama dan sejenisnya.


Dari masalah bisa dikembangkan menjadi topik skripsi, gali sedalam-dalamnya informasi lapangan agar sobat mendapatkan sudut pandang yang lebih luas dalam menulis tugas akhir tersebut.


Perbanyak Diskusi


Cara efektif mendapat ide skripsi yang selanjutnya adalah perbanyak diskusi. Manfaatkan relasi dengan teman kuliah, senior dan Dosen untuk memperbanyak sudut pandang. Jangan malu-malu untuk bertanya, apalagi dengan lawan bicara yang kompeten. Contohnya seperti dosen bisa saja mereka memberikan kisi-kisi tentang ide skripsi, bahkan mereka bisa saja mengusulkan judul skripsi.


Berdiskusi dengan kuliah juga hal yang boleh dilakukan, karena berada di rentang umur yang sama, sobat mungkin lebih rileks dan bisa mendapatkan advice mengenai skripsi.


Melakukan Riset Kecil-kecilan


Riset kecil-kecilan ternyata bisa mempermudah sobat menemukan topik skripsi yang sedang hangat dibicarakan lho. Cara risetnya gampang saja, sobat bisa melihat publikasi jurnal terkini. Dari situ akan menghasilkan gambaran yang bisa dijadikan sebagai referensi skripsi. Namun sobat jangan melakukan tindakan plagiarisme, karena hal tersebut bisa menyebabkan Skripsi ditolak.


Ide yang sudah ada jangan ditiru semua, sobat harus mengembangkannya sendiri agar menjadi judul skripsi yang original.


Rajin Mencari Berita Terkini


Insipirasi skripsi bisa didapatkan melalui update berita terkini. Bisa dengan membaca artikel web portal online, Menonton Televisi atau menonton YouTube. Berita terkini biasanya berisi topik yang sedang hangat dibicarakan, dan poin ini sangat bagus bila dikembangkan menjadi sebuah skripsi.


Memuat topik yang sedang hangat dimasyarakat akan menjadi bahan pertimbangan tambahan, ketika disampaikan kepada dosen penguji


Rajin-rajin Membaca 


Sudah semestinya mahasiswa yang sejatinya pencari Ilmu harus rajin-rajin Membaca buku, karena buku adalah jendela dunia. Kebiasaan membaca buku bisa dimulai dengan membaca buku sesuai topik yang disukai. Secara tidak langsung akan menambah pengetahuan untuk membuat ide skripsi.


Posting Komentar untuk "Sumber Kegiatan Yang Bisa Memunculkan Inspirasi Ide Skripsi"