Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Ikan Air tawar paling berbahaya di dunia

 

Daftar Ikan Air tawar paling berbahaya di dunia


Daftar Ikan Air tawar paling berbahaya di dunia - Pada tahun 2018 lalu pernah geger pemberitaan tentang pelepasan ikan Arapaima di sungai Indonesia. Yang menjadi masalah adalah ikan Arapaima merupakan salah satu predator air tawar terganas yang bisa merusak ekosistem yang ada sebelumnya.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan air tawar berbahaya di dunia yang pemeliharaannya tidak boleh dilakukan sembarangan.

Berikut ini adalah Daftar Ikan Air tawar paling berbahaya di dunia:

Piranha

Ikan ini memang memiliki reputasi yang menyeramkan, keganasannya bisa kita lihat dalam film-film dokumenter, dimana mereka mampu melahap daging apa pun dengan giginya yang tajam. Ikan yang berasal dari sungai Amazon ini memang dikenal rakus. Spesies ikan ini lebih senang hidup mengelompok dan mencari makanan bersama kawanannya.

Ikan piranha bisa memakan ikan kecil, siput, dan potongan daging hewan darat seperti sapi dan ayam dalam jumlah yang banyak. Ikan piranha juga bisa membahayakan manusia karena sifatnya yang agresif.

Belut listrik

Sungai Amazon kembali memasukkan daftar penghuninya sebagai ikan air tawar paling berbahaya didunia yaitu belut listrik. Belut yang masih memiliki hubungan dengan ikan lele ini memiliki sengatan listrik bervolume 500 Volt yang dapat membunuh satu orang manusia.

Belut listrik memproduksi senjatanya ini melalui organ khusus di dalam tubuhnya. Sifat belut ini sebenarnya pasif namun saat terancam, ia akan otomatis mengeluarkan listrik untuk mempertahankan diri.

Ikan kepala ular

Ikan kepala ular sudah lama dipelajari oleh peneliti dan kebanyakan menyimpulkan bahwa ikan ini adalah ikan yang berbahaya. Ikan ini adalah predator yang berada di tempat paling atas rantai makanan di sungai-sungai Amerika Utara. Selain bentuknya kepalanya yang mirip ular, karakter ikan ini juga dikenal rakus.

Ikan ini bisa menghabiskan ikan-ikan kecil di sekitarnya. Daya tahan ikan kepala ular juga luar biasa bisa bertahan selama 4 hari di luar air dan bisa menggali lumpur saat sungai alami kekeringan.

Ikan Muskellunge

Selain ikan kepala ular,  raja predator Amerika Utara juga dipegang oleh ikan muskellunge. Ikan ini dikenal memiliki tubuh raksasa dan menakutkan, bisa tumbuh sepanjang 1,8 Meter dan bisa mencapai bobot 35 Kilometer. Ikan ini mempunyai hubungan dengan ikan barracuda . Dengan tubuh yang panjang, bergigi runcing dan memiliki akselerasi yang cepat.

Ikan pari air tawar

Jenis ikan air tawar paling mematikan selanjutnya adalah ikan pari air tawar. Habitat asli ikan ini berada di perairan Asia tenggara termasuk Indonesia. Ikan ini memiliki ukuran yang bisa mencapai 5 meter dan memiliki berat maksimal hingga 600 kilogram.

Ikan pari air tawar adalah ikan yang misterius keberadaannya, sehingga informasi mengenai ikan ini masih sedikit bila dibandingkan ikan jenis lainnya. Ikan pari air tawar senang berada di lumpur dasar sungai, membuatnya sulit terlihat. Ikan ini berbahaya karena memiliki sengatan di ekornya yang bisa membunuh manusia dalam sekejap.

 

Demikianlah Daftar Ikan Air tawar paling berbahaya di dunia yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Daftar Ikan Air tawar paling berbahaya di dunia"