Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara atasi kecanduan gadget di masa Pandemi

Cara atasi kecanduan gadget di masa Pandemi

 

Cara atasi kecanduan gadget di masa Pandemi - Pandemi corona belum juga hilang, alhasil kita masih belum bisa menjalani aktivitas seperti sediakala. Aktivitas sosial masih sangat terbatas. Banyak kegiatan kerja, sekolah dan kuliah dilakukan di rumah. Alhasil kita jadi banyak waktu luang dan bingung melakukan kegiatan lain. Kebanyakan mungkin akan sibuk memainkan gadget bahkan hingga lupa waktu.

Padahal menggunakan gadget secara berlebihan bisa mengakibatkan kecanduan dan berdampak buruk baik dari fisik hingga psikis manusia.

Lalu bagaimana cara mengatasi kecanduan gadget di masa pandemi ini ? Silakan simak ulasan berikut.

 

Nonaktifkan Notifikasi

Notifikasi smartphone yang datang silih berganti bisa membuat kita tergoda untuk melihatnya. Alhasil usaha untuk mengontrol penggunaan smartphone menjadi gagal.

Salah satu cara yang tepat agar kita lebih berkonsentrasi pada kegiatan lain adalah menonaktifkan notifikasi handphone. Caranya ke bagian setting - pengaturan Notifikasi dan pilih matikan.

Dengan cara ini kita tidak akan terganggu fokusnya hanya gara-gara bunyi atau kedipan lampu yang disebabkan oleh Notifikasi Smartphone.

 

Pakai Aplikasi Pembatas akses Smartphone

Jangan sampai menghabiskan waktu luang dengan kegiatan tak produktif walaupun dalam situasi Pandemi. Seperti Bermain hp tanpa batas waktu bahkan bisa berjam-jam asyik memainkannya. Tentu ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Solusinya coba untuk mencari aplikasi pembatas waktu yang banyak ditemukan pada Playstore dan gratis. Dengan aplikasi ini kita akan lebih tahu beberapa lama waktu penggunaan hp. Aplikasi ini akan membatasi pemakaian hp apabila melampaui durasi yang telah ditetapkan.

 

Menyibukkan diri dengan Hobi

Cara ampuh berikutnya agar kita tidak kecanduan hp adalah mencari hobi. Kita bisa menyibukkan diri pada hobi seperti bermain sepakbola, memasak, berolahraga dan lain sebagainya. Hobi akan membuat kita lupa pada smartphone.

Banyak yang bosan malah Melampiaskan diri dengan media smartphone padahal masih ada alternatif aktivitas lain yang tak kalah seru, salah satunya menggeluti hobi yang kita miliki. Dengan hobi perasaan akan menjadi lebih bahagia dan juga membuat kita terbebas dari kecanduan Smartphone.

 

Biasakan saat belajar tidak menggunakan hp

Untuk yang masih bersekolah atau yang sedang berkuliah. Tentunya kita harus sudah bisa berkomitmen dengan apa yang kita kerjakan. Jangan sampai handphone malah membuat kita melupakan belajar.

Maka dari itu kita harus membiasakan tidak memegang hp pada waktu-waktu tertentu seperti pada saat belajar karena dapat mengganggu konsentrasi.

Meski awalnya sulit tapi bila sudah dilakukan beberapa kali pasti akan terbiasa.

 

Bagi waktu

Belajar membagi waktu agar hidup tidak diperbudak dengan handphone. Aturlah Waktu dimana boleh bermain hp dan tidak boleh memainkannya. Tentukan juga durasi waktu yang diperoleh untuk bermain hp pada setiap harinya. Jangan lupa buat sistem hadiah dan hukuman, agar bisa menaati peraturan yang telah di buat.

Jika kita sudah bisa menjalankannya, maka kita boleh mendapatkan hadiah, namun bila melanggar tentu kita harus mendapatkan hukuman.

 

Demikianlah beberapa cara mengatasi kecanduan gadget yang bisa dicobaterapkan di masa pandemi. Semoga bermanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Cara atasi kecanduan gadget di masa Pandemi"