Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Nyeri Sendi Yang Wajib Di Ketahui

 


Sendi merupakan salah satu bagian penting tubuh manusia. Sendi berfungsi sebagai penghubung antar tulang yang membuat tubuh bisa bergerak bebas. Jika persendian mengalami masalah tentu akan berdampak pada mobilitas dan produktif kita.

Ada banyak sekali penyebab kenapa sendi bisa bermasalah dan menyebabkan nyeri. Seperti aktivitas terlalu berat, jarang beristirahat, keseleo dan sebagainya. Jika dibiarkan keluhan akan semakin parah dan bisa merusak sendi

Alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penyakit yang diakibatkan oleh nyeri sendi agar kita lebih waspada.

Arthritis

Ini adalah penyakit sendi yang paling sering dikeluhkan. Ada dua macam tipe arthritis yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Kedua memiliki perbedaan ciri khas. Osteoarthritis menyerang sendi secara perlahan dan mempengaruhi organ tubuh yang digunakan untuk bergerak seperti lutut, siku, atau pergelangan tangan. Nyeri disebabkan karena bermasalahnya tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan sendi.

Sementara Rheumatoid arthritis adalah nyeri yang menyerang selaput yang melumasi sendi. Ini akan mengurangi kekuatan sendi karena terjadinya penumpukan cairan. Menurut Survei lembaga arthritis Internasional hampir 2 Juta Orang Amerika menderita penyakit ini.

Gout

Merupakan penyakit sendi yang terjadi karena penumpukan asam urat yang terlalu tinggi dalam aliran darah. Penyakit ini bisa menimbulkan nyeri yang sangat sakit bila tak diobati. Gout membentuk asam urat seperti jarum yang menyumbat jalannya darah diarea persendian.

Gejala Gout bisa berlangsung cepat antara 3-10 hari. Gejala yang timbul bisa berupa pembengkakan di area tangan, kaki, dan jempol. Juga disertai rasa hangat dan sensasi rasa tertusuk. Bila tidak ditangani asam urat akan mengkristal dan membentuk gumpalan dan bisa menjadi batu ginjal.

Tendenitis

Ini adalah nyeri sendi yang terjadi karena adanya peradangan pada area tendon. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan tulang dan otot. Umumnya terjadi pada pergelangan kaki, lutut, bahu dan tumit.

Tendenitis bisa berlangsung jangka pendek maupun jangka panjang. Penyakit ini sering menimpa atlet atau pekerja berat dikarenakan aktivitas gerakan mereka yang berulang-ulang.

Gejala penyakit ini biasanya akan terjadi pembengkakan, timbul rasa nyeri di area tendon, otot terasa kaku dan muncul sensasi hangat. Segera hubungi tenaga medis bila merasakan gejala seperti itu. Biasanya penyembuhan bisa berwujud pemberian obat, terapi atau operasi.

Dislokasi

Sakit ini terjadi saat tulang sendi keluar dari posisi yang semestinya. Bisa terjadi diarea pergelangan kaki, bahu, lutut dan pinggul. Dislokasi sering terjadi karena benturan fisik. Biasanya diderita oleh atlet atau pekerja fisik lainnya.

Dislokasi akan membuat penderitanya merasakan nyeri hebat bahkan membuat bagian yang sakit tidak bisa bergerak. Rasanya hampir mirip dengan patah tulang.

Diperlukan penanganan khusus agar dislokasi tidak berlangsung parah seperti beristirahat, melakukan terapi untuk mengembalikan posisi tulang sendi. Umumnya dislokasi akan membaik setelah beberapa minggu perawatan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Nyeri Sendi Yang Wajib Di Ketahui"