Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

 


Buah mangga adalah salah satu buah yang cukup terkenal di tengah masyrakat Indonesia dan juga di seluruh pelosok bumi ini. Dengan rasanya yang manis, asam dan menyegarkan. Mangga merupakan jenis buah favorit untuk menu rujak atau juga untuk menu ibu hamil yang sedang ngidam, selain itu juga sering dijadikan buah sajian saat berkumpul bersama.

Selain beberapa fakta diatas, jarang disadari bahwa buah mangga ini ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Dalam hal ini disebabkan karena kandungan buah mangga yang banyak mengandung zat bagus untuk organ tubuh, tulang dan bahkan bagus untuk perawatan wajah dan juga kulit. Untuk mengetahui manfaatnya lebih lanjut, antara lain sebagai berikut :

1. Buah Mangga Membantu Menyehatkan Pencernaan Tubuh

Khasiat yang pertama buah mangga adalah membantu menyehatkan percernaan dalam tubuh kita. Tentu saja karena buah ini mengandung serat yang lumayan tinggi yang bagus untuk pencernaan. Selain itu dalam buah mangga terdapat zat bioaktif seperti zat terpene, zat ester dan juga zat aldehid yang turut meningkatkan fungsi sistem pencernaan lebih maksimal. Dan tanpa kita sadari kalau kita sering makan mangga sama dengan merawat organ pencernaan dengan catatan tetap tidak berlebihan.

2. Solusi Menambah Berat Badan

Bagi sobat yang memiliki tubuh kurus dan ingin menambah berat badan, buah mangga bisa menjadi pilihan buah yang tepat. Dan kebanyak di konsumsi dalam bentuk juice yang dicampurkan dengan susu. Dalam hal ini mangga membantu menambah berat badan karena di dalamnya terdapat beberapa zat yang berubah menjadi gula dan menambah berat. Dalam arti lain buah ini tidak bagus dikonsumsi terlalu banyak untuk orang obesitas.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Buah mangga juga mempunyai manfaat luar biasa yang lain bagi kesehatan, yakni berperan dalam mencegah kanker. Dalam hal ini mangga memopunya antioksidan yang cukup bagus dalam menangkal radikal bebas. Selain itu juga dalam buah ini terdapat kandungan pektin yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Masalah ini juga sudah di teliti dalam European Prospective Investigation of Cancer, bahwa buah mangga efektif menurunkan resiko kanker dan saluran pencernaan dalam tubuh seseorang.

4. Membantu Menyembuhkan Anemia

Anemia terjadi karena dalam tubuh kekurangan zat besi yang mengangkut oksigen sehingga terlambat dalam menghasilkan sel darah merah. Dalam hal ini buah mangga mempunyai kandungan zat besi yang lumayan guna membantu seseorang yang terkena anemia. Dengan asupan zat besi akan menolong pembentukan sel darah merah baru dan membantu menyembuhkan anemia itu sendiri.

5. Membantu Mencegah Jerawat Dan Menyehatkan Kulit

Selain beberapa manfaat diatas yang menyangkut masalah kesehatan, buah mangga juga bagus untuk kulit dan kecantikan. Dalam hal ini buah mangga sering digunakan sebagai bahan masker wajah, dengan megoleskannya pada kulit atau wajah yang berjerawat akan membantu merapatkan pori-pori dan juga membantu mebersihkan jerawat itu sendiri.

Selain itu dalam hal pengaruhnya terhadap kulit, buah mangga memiliki beberapa kandungan seperti vitamin C, K, A, E dan juga magnesium, zat-zat tersebut adalah zat yang bagus untuk kulit sehingga secara tidak langsung konsumsi mangga secara berkala akan membantu menyehatkan dan mencerahkan kulit.

6. Menghilangkan Sel Kulit Mati Dan Mencegah Penuaan Dini

Ada kandungan dalam buah mangga yang bernama Alpha hydroxy atau AHA yang sangat begus dalam menyehatkan kulit karena membantu menghilangkan sel kulit mati dan kering sehingga kulit lebih cerah alami. Selain itu buah ini juga banyak dipercaya sebagai buah yang mampu mencegah keriput dan penuaan dini. Hal ini tentu saja disebabkan karena khasiat buah ini yang sangat bagus untuk kulit seseorang.

Memang banyak yang menganggap buah mangga ini sebagai konsumsi buah semata karena memang rasanya yang lezat dan mudah disukai oleh banyak orang. Namun siapa sangka manfaatnya banyak sekali seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Bagaimana setelah ini, apakah sobat lebih tertarik untuk makan buah mangga? Yang penting jangan berlebihan karena buah yang berlebihan juga akan memberikan efek samping yang buruk.

Demikian sobat mengenai manfaat buah mangga untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui"