Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Personal Branding Via Online

 


Personal branding adalah sebuah langkah untuk melakukan branding pada manusia alias seseorang. Yakni sebuah tindakan untuk membangun sebuah image, citra, nilai dan sekaligus popularitas dari seseorang. Tujuan melakukan personal branding sendiri ada banyak, bisa untuk karir, untuk menjalankan bisnis dan untuk popularitas di dunia entertainment ada untuk meningkatkan citra seorang tokoh juga bisa.

Apapun tujuan dari sobat dalam menjalani atau melakukan personal branding yang pasti ada beberapa kesamaan yang bisa sobat lakukan. Kali ini kita akan membahas lebih khsusus yakni cara meningkatkan personal branding via online atau via internet, dengan tujuan dikenal luas oleh warganet dan masyarakat publik secara luas.

5 Cara Meningkatkan Personal Branding Via Online

1. Melakukan Branding Di Semua Media Sosial

Yang pertama adalah melakukan branding di semua media sosial yang dimiliki. Mulai dari penggunaan nama, gunakanlah nama yang sama di media sosial Anda, entah itu nama asli atau nama paggilan atau nama panggung. Buatlah logo atau semacamnya yang bisa menjadi ciri khas bagi diri Anda. Atau bisa juga dalam setiap media sosial tersebut buatlah sebuah slogan yang sama sebagai tanda bahwa itu slogan hidup Anda.

Jika tujuan untuk berbisnis usahakan keaslian akun misalkan saja foto, alamat dan beberapa data lain yang bisa diberikan kepada publik. Jika tujuan untuk entertaint tunjukkan foto-foto yang sesuai dengan bidang yang didalami, begitu juga untuk tujuan branding profesi lainnya.

Lakukan postingan-postingan yang baik di media sosial yang sekiranya bisa diterima banyak orang. Jangan melakukan hates terhadap pihak tertentu apalagi melakukan upload postingan sara dan juga postingan negative lainnya. Kemudian lakukan postingan-postingan yang menarik yang bisa membuat banyak orang membagikan postingan Anda, dari sini sobat akan lebih cepat terkenal jika berhasil membuat banyak orang membagikan postingan.

2. Membuat Website Blog

Website adalah sebuah tanda jika seseorang professional dalam beraktifitas secara online. Seseorang yang memiliki website atau blog sendiri berarti mempunyai sebuah media sendiri yang tidak hanya sekedar numpang di internet.

Apalagi jika tujuan personal branding adalah untuk bisnis penjualan atau yang lainnya. Membuat sebuah website dengan nama Anda, atau nama usaha yang dijalankan akan lebih cepat dalam memajukan bisnis Anda. Kemudian jika sudah memiliki websie sendiri berikan tautan website tersebut pada semua media sosial yang dimiliki.

3. Membuat Channel Youtube

Youtube merupakan sebuah aplikasi atau platform nonton video yang paling populer di dunia. Jika sobat ingin lebih sukses dalam meningkatkan personal branding atas nama sobat, membuat chanel youtube merupakan sebuah langkah yang tepat. Buatlah sebuah channel youtube dan lakukan upload video Anda.

Tunjukkan bagaiamana sejatinya diri Anda melalui video-video yang Anda upload, entah itu minat bakat, keahlian dan jangan lupa tunjukkan bahwa Anda ahli dalam berbicara di dalam video tersebut, ini bisa lebih kuat dalam meningkatkan personal branding.

Update video secara rutin dengan tema yang Anda angkat, dapatkan subscriber sebanyak mungkin dan dari situ personal branding Anda akan segera terbentuk.

4. Aktif di Forum-forum Online

Jangan lupakan pula mengenai forum atau grup online, entah itu di forum media sosial atau forum khusus lainnya. Forum juga sebuah wadah dimana Anda bisa menampilkan diri Anda. Lakukan update disana sesuai dengan apa yang ingin Anda sampaikan, dan Tarik perhatian banyak orang dengan cara yang positif.

Jika memang tujuan personal branding sebagai sebuah langkah promosi bisnis, pilihlah forum atau grup yang sesuai. Dengan begitu Anda akan lebih tepat dan cepat bertemu dengan klien dan pelanggan Anda.

5. Pandai Menjaga Image dan Konsisten

Kalau sobat sudah menetapkan tujuan branding hendaklah melakukannya dengan cara yang konsisten, jangan bulan ini sebagai A dan besok berubah lagi. Ini penting karena sebuah “trust” atau kepercayaan orang butuh waktu untuk membangunnya, jika image sobat berubah ubah maka personal branding akan sulit dibentuk dan sulit untuk berkembang.

Lakukan semua hal diatas dengan konsisten, karena media online kadang menjadi sebuah misteri. Orang yang serius promosi kadang tidak cepat menyebar, namun yang Cuma main-main kadang malah viral. Yang jelas tetaplah pada pendirian Anda dan jalankan hal tersebut secara konsiten, InsyaAllah suatu hari nanti upaya membangun personal branding akan berhasil.

Demikian sobat tips mengenai cara membangun personal branding via online, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Personal Branding Via Online"