Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Sikap Yang Wajib Dimiliki Semua Wirausahawan


Sikap Yang Wajib Dimiliki Semua Wirausahawan - Sebagai seorang wirausahawan tidak hanya berpikir bagaimana cara mendapatkan untung dari penjualan maupun menerapkan marketing saja.

Tetapi seorang wirausahawan juga harus memiliki sikap yang baik dalam menjalankan usahanya. 

Mengapa disini saya menyebutkan keharusan ? Karena melalui sikap tersebut, seorang wirausahawan dapat memotivasi serta mengevaluasi usahanya.

Inilah beberapa sikap tersebut yang harus dimiliki semua wirausahawan !

1. Kerja Keras


Seorang wirausahawan harus memiliki sikap kerja keras dalam menjalankan usahanya.

 Kenapa ? Karena dalam menjalankan usahanya seorang wirausahawan harus bersungguh-sungguh. 

Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab kegagalan dalam berwirausaha ialah kurangnya kerja keras alias tidak sungguh-sungguh.

2. Percaya Diri


Seorang wirausahawan juga harus memiliki sikap percaya diri. Karena dengan sikap percaya diri dapat membuat setiap keputusan dari tindakan rencana yang telah ditetapkan akan terus berjalan tanpa hambatan.

Berbeda dengan wirausahawan yang tidak memiliki sikap percaya diri, dia akan selalu berpikiran negatif dan hanya membuat ancang-ancang saja tanpa bertindak akibat pikiran negatif tersebut. 

3. Berani Mengambil Resiko


Ketika seorang wirausahawan ingin melakukan sebuah tindakan terhadap usahanya, ia harus tetap menjalankannya walau terdapat resiko terhadap usahanya. Tentunya melalui pemikiran yang matang ya !

4. Tanggung Jawab


Kelanjutan dari nomor 3, apabila tindakan seorang wirausahawan itu gagal alias tidak sesuai rencana, ia harus bertanggung jawab atas semua yang dilakukannya.

Ingat ! Selalu ada hikmah di balik tindakan tersebut, tetaplah semangat dan terus berbenah diri agar tidak terjadi kedua kalinya.

5. Jujur


Jujur adalah sendi kehidupan yang utama dalam berwirausaha. Kejujuran akan membuatmu semakin makmur. Oleh karena itu seorang wirausahawan harus memiliki sikap jujur dalam menjalankan usahanya.

Jangan pernah berbuat curang, karena itu hanya akan merugikan usahamu sendiri baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang.

6. Kreatif Dan Inovatif 


Apabila sebuah produk usaha sudah mulai mengalami ketinggalan jaman. Maka sikap kreatif dan inovatif seorang wirausahawan harus bergerak disini.

Kreatif membuat olahan produk baru yang sebelumnya belum pernah ada tentu disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Inovatif, tidak mengubah produk aslinya tetapi hanya melakukan pengembangan dari produk aslinya agar tidak hilang dimakan zaman.

7. Mau Belajar Hal Yang Baru


Seorang wirausahawan biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Karena rasa ingin tahu tersebut membuat seorang wirausahawan suka belajar hal yang baru seputar usahanya sebagai motivasinya ataupun sebagai ide yang mungkin akan dipakai dalam usaha kedepannya.

8. Siap Menghadapi Rintangan


Perjalanan usaha tidak seperti jalan yang lurus tanpa belokan melainkan dalam perjalanan usaha banyak sekali rintangan yang dihadapi baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Sebagai wirausahawan juga harus siap menghadapi rintangan tersebut. Pastinya disertai solusi akan rintangan tersebut.

9. Tekad Yang Kuat


Seorang wirausahawan juga harus memiliki sikap tekad (kemauan) yang kuat dalam menjalankan usahanya. Karena tekad tersebutlah yang membuat usahanya tetap berdiri kokoh.

10. Menerima Segala Kritikan Maupun Saran


Apabila terdapat seseorang yang berkritik ataupun saran mengenai usaha, seorang wirausahawan harus siap menampung dan menerima. Karena melalui kritik dan saran tersebut, seorang wirausahawan dapat mengevaluasi usahanya dan akan berubah menjadi lebih baik lagi kedepannya.

11. Pemikiran Yang Maju


Pemikiran disini mengenai usaha yang telah wirausahawan yang dilakukan. Seorang wirausahawan harus mempunyai pemikiran yang maju mengenai usaha yang di jalankan selama ini. Apakah usaha tersebut tetap bertahan atau justru sebaliknya ? 

12. Ramah Terhadap Pelanggan


Seorang wirausahawan juga harus memiliki sikap ramah terhadap pelanggan, karena sikap ramah itulah yang membuat pelanggan betah dan itu dapat menjadi nilai plus bagi seorang wirausaha.

13. Pantang Menyerah (Tidak Putus Asa)


Jatuh (gagal) bangkit lagi. Sikap itulah yant harus ada dalam diri seorang wirausaha. Hal tersebut membuat mental seorang wirausaha kuat dan usahanya akan tetap berdiri kokoh.

Ingatlah kegagalan merupakan sebuah langkah awal menuju kesuksesan, tetaplah semangat dan terus berjuang !

Penutup


Itulah 13 sikap yang harus dimiliki semua wirausahawan.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memotivasi serta menambah semangat kamu dalam menjalankan usaha. 

1 komentar untuk "13 Sikap Yang Wajib Dimiliki Semua Wirausahawan "

  1. Sering berdiskusi dengan orang-orang yang optimis bisa membuka pemikiran lebih cerah.

    BalasHapus

Posting Komentar