Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

4 Macam Biji Buah Yang Bermanfaat

 

4 Macam Biji Buah Yang Bermanfaat

Biji Buah Yang Bermanfaat - Tuhan menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya, tidak terkecuali apapun bentuk ciptaan Tuhan tersebut. Kalau toh ciptaan Tuhan itu hari ini belum bermanfaat bagi kita, tapi pasti bermanfaat bagi orang lain dan juga bagi kita di lain waktu.

Nyamuk misalnya, mungkin merupakan musuh bagi kita dan dapat menyebabkan tertularnya penyakit. Tapi yakinlah adanya nyamuk bermanfaat bagi pabrik obat nyamuk yang mempekerjakan ribuan orang dengan pendapatan yang bermanfaat bagi keluarganya.

Oleh karena itu, kita sangat tidak diperbolehkan menyepelekan ciptaan Allah, menganggapnya tidak bermanfaat dan tidak berguna. Padahal masalahnya terletak pada kita yang belum menemukan manfaat dan nilai gunanya.

Terkadang kita tidak sadar dan mengetahui bahwa buah yang kita makan dan menyebabkan suatu keluhan penawarnya tidak jauh dari buah itu. Misalnya, mangga muda yang jika dimakan dapat menyebabkan diare dan perut mulas. Namun tahukan Anda jika penawarnya justru nempel di mangga itu, yaitu kulitnya. Jika makan mangga muda sekaligus dengan kulitnya maka rasa kecut akan hilang sekaligus juga dapat mencegah terkena diare bagi yang perutnya tidak tahan.

Jadi, Anda tidak boleh menganggap tidak berguna terhadap sesuatu padahal sebenarnya manfaatnya sangat besar hanya karena Anda belum mengetahui nila gunanya.

Termasuk dalam hal ini Anda tidak boleh menganggap tidak berguna terhadap biji-biji dari buah-buahan dan tanaman tertentu yang sudah diketahui manfaatnya, bahkan biji dari buah dan tanaman yang belum diketahui manfaatnya.

Biji Buah Yang Bermanfaat

Kebanyakan dari kita mempunyai kebiasaan memakan buah atau sayur tidak dengan bijinya. Yang dimakan hanya daging buah atau daun sayurnya saja. Biji-bijinya tidak dimakan dan bahkan dibuang disebabkan adanya anggapan bahwa biji tersebut tidak berguna.

Padahal sesungguhnya ada manfaat yang sangat besar. Tanpa kita ketahui bahwa biji dari buah dan tanaman tertentu itu sesungguhnya sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung vitamin dan antioksidan.

Di bawah ini disebutkan empat macam biji buah dan tanaman tertentu yang memiliki nilai manfaat bagi kesehatan:

1. Biji labu

Biji yang terdapat dalam buah labu ternyata mengandung banyak lemak tak jenuh, kaya dengan bahan antioksidan dan vitamin. Oleh karenanya biji labu bisa menolong menurunkan peradangan dengan tanpa efek samping. Bukan hanya itu, biji labu ini dapat pula meringankan depresi juga dengan tanpa efek samping.

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung banyak vitamin E yang dapat bermanfaat untuk fungsi sistem sirkulasi. Biji bunga matahari  juga memiliki kandungan triptofan yang tinggi sehingga dapat memberikan efek menenangkan pada otak. Triptofan yang terkandung dalam biji bunga matahari tersebut juga bisa memberikan efek relaksasi.

3. Biji semangka

Hentikan kebiasaan membuang biji ketika Anda memakan buah semangka. Jika Anda belum tahu, sesungguhnya biji buah semangka banyak mengandung zat besi, kalium, vitamin, lemak dan kalori. Menghentikan membuang biji saat memakan semangka adalah bijak dan tepat.

4. Biji wijen

Biji wijen adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak mengandung mineral di dunia. Zat-zat bermanfaat yang terdapat dalam biji wijen ini sangatlah banyak. Telah diketahui bahwa biji wijen mengandung banyak kalsium, magnesium, tembaga, besi, mangan, seng, vitamin, dan serat.

Kecuali itu, terdapat banyak lignin dalam biji wijen. Lignin mempunyai peran yang aktif sebagai zat anti kanker.

Demikian informasi tentang 4 Macam Biji Buah Yang Bermanfaat. Dan silakan ditambah jika sekiranya Anda mempunyai informasi lain tentang manfaat biji dari buah dan tanaman tertentu. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "4 Macam Biji Buah Yang Bermanfaat"