Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Rekomendasi Film Indonesia Bertema Kemerdekaan, Cocok Dilihat Jelang Agustusan Film

 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Kemerdekaan, Cocok Dilihat Jelang Agustusan




Film adalah media seni yang mampu memberikan hiburan kepada penontonnya. Tak cuma soal drama percintaan, film juga bisa memberikan informasi penting contohnya proses perjuangan sebuah negara untuk meraih kemerdekaan. 


Berhubung sebentar lagi memasuki bulan Agustus, ( Hari Kemerdekaan Indonesia Ke 77). Ini menjadi momen yang bagus untuk kita semua, menonton Film-film bertema patriotik. Yang akan kami rekomendasikan dibawah ini:


Perburuan


Film yang mengangkat kisah perjuangan kemerdekaan yang pertama adalah perburuan. Film yang diperankan oleh Adipati Dolken pada tahun 2019 ini mampu membius penonton untuk ikut merasakan situasi Indonesia ditahun penjajahan. Sepeninggal Belanda, Jepang datang ke Indonesia dengan janji-janji kemerdekaan, namun hal itu adalah fatamorgana. Hal ini membuat pasukan PETA marah dan melakukan sejumlah perlawanan.


Adipati Dolken dalam film perburuan berperan sebagai anggota PETA bernama Hando, ia ditugaskan untuk perang gerilya. Pasukan Jepang terus mengejarnya. Dan Hando melakukan berbagai upaya termasuk menyamar sebagai pengemis. Ending film ini sangat epic, karena bendera merah putih berhasil dikibarkan sebagai tanda kemerdekaan.


Kartini


Kisah emansipasi wanita yang dicetuskan oleh R.A Kartini, dijadikan inspirasi film dengan judul yang sama " Kartini". Hanung Bramantyo yang dikenal sebagai produser handal dipercaya untuk mengerjakan proyek ini. Film Kartini membawa sudut pandang yang berbeda jika dikaitkan dengan proses Kemerdekaan bangsa. Kemerdekaan bukan hanya diperjuangkan dengan senjata dan kekuasaan, namun juga diperjuangkan melalui pendidikan.


Alur maju-mundur dalam film Kartini, memberikan ruang yang banyak untuk penonton untuk mengetahui soal Kartini, yang berhasil mendobrak stigma pendidikan penjajah, yang kala itu berorientasi pada jenis kelamin dan strata sosial.


Habibie dan Ainun


Film Masterpiece yang bisa meningkatkan kecintaan terhadap bangsa salah satunya adalah film Habibie dan Ainun. Rilis tahun 2016 lalu dan masih relevant ditonton untuk generasi penerus. Film yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra lestari ini dikemas dengan matang. Dengan cerita yang diambil dari kisah nyata, Presiden Ke 3 Republik Indonesia, BJ Habibie.


Jika di sekuel pertama menceritakan romantisme pak Habibie dan Ibu Ainun, di film kedua ini lebih mengungkapkan perjalanan sekolah dan karir sang pendiri bangsa ini selama di Jerman. Karyanya dibidang Aviasi, diakui oleh dunia, bahkan beliau dijuluki sebagai " Mr Crack".


Jenderal Soedirman


Salah satu pahlawan yang berandiil besar dalam kemerdekaan Indonesia adalah jenderal Sudirman, riwayat hidupnya bahkan diceritakan dalam sebuah film. Dengan durasi sekitar 2 Jam, film ini membawa penonton untuk ikut merasakan bagaimana jenderal Sudirman memimpin pasukan Indonesia dalam menghadapi Belanda.


Dengan  persenjataan terbatas, tentu perlu langkah berbeda untuk berhasil mengalahkan musuh. Selama 7 bulan jenderal Sudirman menggunakan strategi perang gerilya, mengelilingi pulau Jawa. Dengan kondisi fisik yang sudah sakit keras, jenderal Sudirman menorehkan tinta emas, sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.






 

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Film Indonesia Bertema Kemerdekaan, Cocok Dilihat Jelang Agustusan Film"