Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya

 

Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya

Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya - Rasanya cukup lama ya kita tidak bersua, Pada hal baru satu hari, hehehe.... Begitulah jika kita saling membutuhkan satu sama lain, Akan sangat terasa jika salah satunya tidak ada.

Sobat Watahu di kesempatan kali ini kita akan membahas materi IPA, yang tentu saja sobat akan suka semua dong dengan materi yang satu ini, karena saya yakin ini akan menjadi sangat berguna untuk teman-teman semuanya.

Judul artikel yang akan kita ambil pada kesempatan hari ini adalah Pengertian dan Manfaat Pupuk Kompos. Tahukah Sobat apakah yang di maksud Pupuk Kompos itu.? dan Bagaimanakah cara membuat pupuk Kompos itu.? Nah untuk itulah artikel kali ini hadir dalam rangka membantu sobat menjawab semua pertanyaan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut marilah kita langsung saja membaca artikelnya di bawah ini.

Semua makhluk hidup pastinya memerlukan makanan dan asupan nutrisi. Hal ini bertujuan agar mereka bisa tetap hidup, baik manusia, tumbuhan maupun hewan membutuhkan asupan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Hal ini tidak hanya terjadi pada manusia saja, melainkan juga pada tumbuhan sebagai produsen utama di alam ini.

 

Pupuk Kompos

Dalam bahasan kali ini kita akan memberikan informasi yang berkaitan dengan pupuk kompos yang menjadi asupan nutrisi sehat bagi tumbuhan. Hmm apa si pupuk kompos dan apa saja manfaatnya untuk tumbuhan ? Apakah ada kaitan antara pupuk kompos dengan tumbuhan ? Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, yuk simak penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah pupuk buatan manusia yang berbahan dasar sisa-sisa organik, baik dari tumbuhan maupun hewan. Pupuk kompos biasa dibuat dari sisa dedaunan yang telah jatuh ataupun kotoran hewan seperti kotoran sapi ataupun kambing.

Semua orang pasti bisa membuat pupuk kompos, karena cara pembuatannya sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Anda bisa mengambil dedaunan yang telah jatuh dan membusuk kemudian Anda taruh di pot atau dekat tumbuhan yang akan diberikan pupuk.

Bila Anda ingin membuat pupuk kompos dari kotoran hewan, Anda bisa mengambil kotoran tersebut dan meletakkannya di dekat tumbuhan. Dengan begitu sisa dedaunan atau kotoran hewan akan melakukan penguraian dan penguraian ini baik untuk kesehatan si tumbuhan yang Anda beri pupuk tadi.

Dengan menggunakan pupuk kompos ini Anda telah melakukan kegiatan untuk mendukung kelestarian bumi dan lingkungan. Karena pupuk kompos bisa dicerna dengan baik oleh tanah dan bakteri pengurai sehingga tidak meninggalkan sampah ataupun racun dilingkungan.

 

Hubungan Antara Pupuk Kompos Dengan Tumbuhan

Nah dalam poin kedua ini akan kami jelaskan mengenai hubungan antara pupuk kompos dengan tumbuhan. Teknik pemberian pupuk kompos ke tumbuhan ini bisa membuat tumbuhan lebih sehat dan memiliki asupan nutrisi yang tepat.

Sisa organik yang terdapat di pupuk kompos mampu diurai oleh tanah dengan baik sehingga membuat tumbuhan lebih subur dan terhindar dari penyakit. Pupuk kompos tidak merusak tumbuhan dan juga tidak merusak tanah oleh karena itu pupuk kompos adalah satu-satunya pupuk ramah lingkungan.

 

Manfaat Pupuk Kompos Untuk Tumbuhan

Setelah mengetahui pengertian pupuk kompos, lalu apa saja manfaat pupuk kompos ? pembahasan yang terakhir adalah manfaat pupuk kompos untuk tumbuhan.

Berikut ini adalah dua manfaat utama dari pupuk kompos :

1.       Pupuk kompos memiliki manfaat baik bagi tanah, karena pupuk kompos mampu memperbaiki zat hara yang ada di dalam tanah. Dengan begitu tanah tersebut akan tetap subur dan mudah untuk ditanami oleh berbagai tumbuhan.

2.       Pupuk kompos bermanfaat untuk menyuburkan tanaman, dalam pupuk kompos terdapat banyak zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Oleh karena itu jangan sia-siakan sisa kotoran yang bisa bermanfaat untuk menyuburkan tanaman.

 

Nah bagaimana sob, sekarang sobat sudah mengerti bukan tentang apa yang di maksud dengan Pupuk kompos? Karena kita sudah membahas secara ringkas pengertian pupuk kompos di atas. Dan apa saja manfaat dari Pupuk kompos itu sendiri.? Saya yakin sobat sudah mengerti dan memahaminya. akan tetapi jika sobat masih ada pertanyaan, silakan saja tulis pada bagian komentar di bawah ini.

Sekian dulu ya Sob, sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Semoga tulisan ini ada manfaatnya buat Anda dan kita semua karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya"