Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sawi Hijau, Sayur Menyegarkan Yang Memberi Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

 


Indonesia memang negara yang memiliki tanah yang subur, karena itulah bisa bertumbuh bemacam-macam tumbuhan dari pohon, buah hingga sayuran. Semuanya tentu saja memberikan manfaat tersendiri bagi kehidupan kita. Terutama dengan tumbuhnya banyak sayuran menjadikan kita semua memiliki konsumsi sehat yang patut kita syukuri.

Salah satunya adalah jenis sayuran sawi hijau. Sayuran jenis ini biasa dimasak sendiri sayur sawi, dijadikan tumis atau bisa juga dijadikan pelengkap pada menu yang lain. Yang jelas sawi hijau ini memiliki rasa khas sayuran asli Indonesia yang cukup menyegarkan. Ternyata dibalik manfaatnya untuk konsumsi sehari-hari, sawi hijau juga memberikan beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh seseorang. Karena dalam sawi hijau terdapat banyak jenis zat yang sangat bagus untuk kesehatan. Baiklah langsung saja sobat mengenai manfaat sawi hijau untuk kesehatan antara lain :

1. Sawi Hijau Kaya Serat Dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang pertama dari sayuran ini disebabkan karena kandungan seratnya yang tinggi yang memberikan asupan energi sekaligus bisa melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan akan lebih sehat jika mengkonsumsi secara rutin makanan dan juga sayuran seperti sawi hijau ini.

Selain memberikan kelancaran sistem pencernaan, kandungan vitamin dan juga zat besinya mampu meningkatkan antioksidan sekaligus memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Akibatnya tubuh akan mengalami peningkatan sistem kekebalan jika sering mengkonsumsi jenis sayuran ini.

2. Membantu Detoksifikasi Dalam Tubuh

Pada saat kita makan sebenarnya ada banyak sekali zat yang masuk kedalam tubuh kita, kemudian kebiasaan menghirup udara bebas juga sama memasukkan banyak molekul, kuman dan bakteri kedalam tubuh. Lalu di dalam tubuh itu nanti akan disaring dan dipisahkan, inilah yang disebut dengan detoksifikasi. Yakni memisahkan kandungan zat yang memberikan bibit panyakit dan menyingkirkannya.

Dalam hal ini mengkonsumsi sayur-sayuran seperti sayur sawi ini akan membantu melancarkan proses detoksifikasi tersebut karena antioksidan yang diberikannya. Selain itu kandungan dari klorofil dedaunan juga membantu tubuh dalam menstabilkan beberapa kandungan zat dan bahan kimia agar tidak menjadi penyakit.

3. Membantu Mencegah Kolesterol Tinggi

Manfaat yang lain yang tidak kalah penting bahwa sawi hijau membantu tubuh kita dalam mencegah kolestetol tinggi. Tentu saja ini merupakan hal yang sangat penting karena kolesterol yang tinggi akan beresiko terkena penyakit jantung dan komplikasi penyakit kronis lainnya.

Dalam hal ini sawi hijau berperan dalam memberikan asupan kolesterol baik yang membantu memecah lemak berlebih dalam makanan dan akhirnya menekan pertumbuhan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

4. Sumber Nutrisi Untuk Badan Tetap Fit Dan Bertenaga

Memang sayuran sawi hijau ini banyak jenis zat yang menutisi tubuh seperti  halnya mengandung kalori dan juga karbohidrat yang cukup. Dengan begitu sering mengkonsumsi sayuran seperti sawi hijau ini akan menjadikan tubuh kita lebih segar bugar dalam menjalani aktifitas.

Selain itu kandungan vitamin K dalam sayur sawi hijau ini membuat tulang semakin sehat sehingga makin lengkap asupan bagi tubuh kita yang terpenuhi dengan sering mengkonsumsi sayuran seperti sawi hijau.

5. Mencegah Manopause Dan Mengatasi Gangguan Pernafasan

Selain beberapa manfaat diatas masih ada lagi yakni dalam hal membantu tubuh mencegah menopause, yang artinya adalah tulang mengalami kosong alias kehilangan kepadatannya. Hal ini tentu saja dikarenakan asupan dari sawi hijau yang berupa kalsium, magnesium dan juga beberapa jenis vitamin lainnya.

Kemudian kandungan vitamin dan juga mineral dari sawi hijau ini sangat bagus untuk memberikan pertahanan tubuh termasuk dalam sistem pernafasan. Dimana vitamin C nya yang tinggi akan membantu mengatasi asma dengan meringankan radang sinus.  

Makan sayur-sayuran memang sudah terkenal menyehatkan dari dulu, tidak terkecuali dengan sayur sawi hijau ini. Akan tetapi yang namanya hidup yang sehat harus dipenuhi dari semua unsur, bukan Cuma makanan saja. Harus dibarengi juga dengan aktifitas sehat dan istirahat yang cukup.

Demikian sobat mengenai mengenal sayur sawi hijau beserta manfaatnya untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sawi Hijau, Sayur Menyegarkan Yang Memberi Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh"