Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh Kita

 

Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh Kita

Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh Kita - Senam aerobik bermanfaat bagi kesehatan dan kesegaran tubuh. Senam aerobik merupakan senam yang memiliki gerakan santai dan tidak berat dilakukan. Senam aerobik tidak memerlukan banyak tenaga sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk manula, ibu hamil dan remaja bahkan anak-anak.

 

Berikut uraian manfaat senam aerobik bagi tubuh :

1. Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan.

Setiap manusia tentu mengalami lelah, letih dan lesu dalam beraktivitas. Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

2. Meningkatkan fungsi jantung.

Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang dapat meningkatkan denyut jantung dan menstabilkan irama jantung. Sehingga jantung menjadi lebih sehat.

3. Mengurangi Berat Badan.

Senam aerobik yang rutin mampu menurunkan berat badan secara bertahap

4. Mengurangi berbagai penyakit

Rutin melakukan aerobik dapat mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti serangan jantung, strooke, kolesterol maupun kanker.

5. Memperpanjang umur

Universitas Harvard melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan ilmiah antara umur panjang dan olahraga. Senam aerobik adalah salah satu olahraga yang membuat tubuh sehat sehingga mempunyai umur panjang.

6. Meningkatkan Kesehatan Otot.

Otot manusia memerlukan oksigen yang berguna untuk membantu agar terhindar dari asam laktat dan limbah lainnya. Senam aerobik mendorong pembuluh darah untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi otot dan menjauhkan otot dari berbagai limbah.

Selain itu aerobik juga mengurangi rasa ketidaknyamanan yang sering dirasakan oleh penderita sakit punggung dan nyeri otot kronis.

7. Meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Senam aerobik termasuk salah satu jenis olahraga yang mampu mengaktifkan hormon endorfin sehingga akan tercipta rasa tenang dan sejahtera. Senam aerobik juga berguna untuk mengurangi tekanan stress karena rutinitas dan aktivitas sehari-hari.

8. Membersihkan pembuluh darah arteri.

Senam aerobik mampu menurunkan low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah manusia. LDL menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Senam aerobik juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik)..

9. Memperkuat napas dan meningkatkan stamina

Bagi anda yang cepat merasa lelah ketika baru menjalani aktivitas, artinya anda mempunyai nafas pendek. Nafas yang pendek ini disebabkan oleh timbunan lemak dan aliran oksigen di dalam darah mengalami gangguan.

Sangat disarankan bagi anda untuk rutin melakukan senam aerobik. Senam aerobik yang dilakukan secara rutin mampu mengembalikan fungsi pernafasan dan meningkatkan stamina anda. Sehingga anda tidak cepat lelah ketika beraktivitas.

10. Mengurangi tekanan darah tinggi

Senam aerobik membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. Senam aerobik secara rutin berguna untuk memperlancar peredaran darah dan oksigen di dalam tubuh. Bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi sebaiknya anda rutin melakukan aerobik agar tekanan darah anda berkurang secara signifikan.

11. Mencegah diabetes

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang mampu mencegah diabetes.

12. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah penyakit susah tidur. Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang membuat anda dapat tidur dengan nyenyak dan terhindar dari insomnia.

13. Aerobik memperkuat tulang dan sendi

Senam aerobik secara teratur ternyata menyebabkan tulang dan persendian menjadi lebih kuat. Bagi kaum wanita senam aerobik juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

14. Awet muda.

Gerakan dalam senam aerobik mampu membakar lemak dan kalori di dalam tubuh, memperlancar proses pembuangan keringat, meningkatkan elastisitas otot dan membuat kulit tampak bersinar dan terlihat lebih cerah. Oleh sebab itu orang yang melakukan senam aerobik secara rutin akan terlihat awet muda.

15. Memperlancar proses persalinan

Ibu-ibu hamil sangat disarankan untuk mengikuti senam aerobik khusus ibu hamil. Senam aerobik berguna untuk meningkatkan elastisitas otot sehingga ibu hamil dapat melahirkan secara normal dengan lancar.

 

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai beberapa manfaat senam aerobik bagi tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan kita semua karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh Kita"