Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Tumbuhan Obat, Apa Saja ?

 

Jenis Jenis Tumbuhan Obat, Apa Saja ?

Jenis Jenis Tumbuhan Obat, Apa Saja ? – Tumbuhan itu adalah bagian dari makhluk hidup yang tinggal di muka bumi. Tumbuhan adalah suatu organisme yang masuk ke dalam golongan plantae. Suatu organisme yang melakukan kegiatan fotosintesis disebut dengan istilah tumbuhan. Dalam melakukan proses fotosintesis, tumbuhan membutuhkan bantuan dari cahaya matahari untuk menjalankan kegiatan fotosintesis.

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang bisa mendapatkan makanan sendiri, tumbuhan mencari makan dengan menggunakan klorofil guna menjalankan kegiatan fotosintesis dan juga untuk mendapatkan kanji. Tumbuhan memiliki organ sel yang berbeda dengan organ sel hewan, salah satu contoh organ sel yang dimiliki oleh tumbuhan namun tidak dimiliki oleh hewan adalah dinding sel, tumbuhan memiliki organ sel berupa dinding sel, sedangkan hewan tidak memiliki dinding sel.

Jika ditinjau secara lebih umum, jenis tumbuhan di bagi menjadi dua yaitu jenis tumbuhan yang berbunga dan jenis tumbuhan yang tidak berbunga. Jenis tumbuhan yang berbunga biasanya dikategorikan ke dalam golongan tumbuhan tingkat tinggi, sedangkan jenis tumbuhan yang tidak berbunga dikategorikan dalam jenis tumbuhan tingkat rendah.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis jenis tumbuhan yang dapat kita temui termasuk di dalamnya adalah jenis jenis tumbuhan obat, namun selain jenis tumbuhan obat masih banyak lagi jenis tumbuhan yang lainnya. Akan tetapi kali ini saya hanya akan membahas tentang jenis jenis tumbuhan obat. Untuk bisa lebih jelas, yuk kita simak langsung penjelasan di bawah ini.

Tumbuhan obat

Dari berbagai jenis jenis tumbuhan yang ada di dunia ini, salah satu nya adalah tumbuhan obat. Apa itu tumbuhan obat? Tumbuhan obat merupakan salah satu jenis tumbuhan yang telah diidentifikasi bahwasannya di dalam tubuh tumbuhan tersebut mengandung unsur senyawa yang sangat bermanfaat guna mengobati maupun mencegah suatu penyakit.

Tumbuhan tumbuhan obat yang ada di dunia sering kali dimanfaatkan untuk mengobati khususnya untuk mengobati penyakit secara tradisional. Mengobati penyakit dengan menggunakan tumbuhan obat yang alami ini, tidak berbahaya sehingga aman untuk dilakukan oleh siapa pun juga, sebab dalam pengobatan yang menggunakan bahan dasar tumbuhan tumbuhan obat yang alami tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya.

Jenis jenis tumbuhan obat

Jika di atas sudah dijelaskan tentang pengertian tumbuhan obat, kini akan saya jelaskan tentang jenis jenis tumbuhan obat yang ada di dunia ini. Berikut adalah beberapa contoh jenis tumbuhan obat yang ada di lingkungan sekitar kita :

 

Tumbuhan mengkudu. Mengkudu merupakan jenis tumbuhan obat, sebab jenis tumbuhan yang satu ini dipercaya dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner.

Tumbuhan belimbing. Siapa sih yang ga tau tumbuhan belimbing? Belimbing adalah salah satu jenis buah buahan yang memiliki rasa yang manis, namun perlu anda ketahui bahwa selain rasanya yang enak, ternyata belimbing juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kolesterol yang tinggi

Tumbuhan temulawak. Temulawak sering dimanfaatkan untuk membuat jamu tradisional, selain digunakan untuk membuat jamu temu lawak juga bisa digunakan untuk membuat obat penyakit kanker hati.

Tumbuhan Jahe. Jahe adalah salah satujenis tanaman obat yang sudah tidak asing lagi. Apalagi, terdapat kandungan gingerol yang merupakan zat antiradang dan antioksidan tinggi.

Beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh adalah membantu mengatasi sakit perut, mual, muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, nyeri haid, hingga meredakan rematik dan osteoarthritis.

Tumbuhan Lengkuas. Lengkuas atau laos mengandung galangin, beta-sitosterol, dan flavonoid yang baik bagi tubuh. Selain itu, jenis tanaman obat alami ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, dan juga serat.

Beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai anti kanker.

Tumbuhan Kencur. Kaempferia galanga atau kencur juga menjadi salah satu jenis tanaman obat alami yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya sebagai penambah nafsu makan dan stamina tubuh, serta melancarkan haid.

Lalu, kencur juga bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

Tumbuhan Temulawak. Temulawak adalah jenis obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung.

Tanaman yang dapat dijadikan obat ini juga bermanfaat sebagai penambah nafsu makan. Namun, ada efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang, seperti mengakibatkan iritasi pada lambung hingga muntah.

Tumbuhan sirih. Daun sirih mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat. Antioksidan tanin dalam jenis tanaman obat ini juga mempercepat respons tubuh untuk pembekuan darah dan menyembuhkan luka.

Menurut beberapa hasil penelitian, ada beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan, seperti, mengatasi diabetes, meredakan asma, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati tukak lambung.

 

Nah itu tadi beberapa jenis jenis tumbuhan obat yang perlu kita ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Tumbuhan Obat, Apa Saja ?"