Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Seseorang Mengalami Dehidrasi

 

5 Penyebab Seseorang Mengalami Dehidrasi

5 Penyebab Seseorang Mengalami Dehidrasi - 70% bagian tubuh manusia didominasi oleh air. Manusia harus minum setiap hari agar metabolisme berjalan lancar. Minum air secara teratur akan menghindarkan risiko dehidrasi, karena kekurangan cairan.

Dehidrasi ternyata bisa disebabkan oleh hal-hal yang tidak disadari. Penasaran ? Berikut ini adalah ulasan mengenai 5 penyebab seseorang mengalami dehidrasi.

 

Stres

Stres ternyata berpengaruh terhadap dehidrasi. Stress akan mengurangi cairan dalam tubuh. Kondisi jiwa yang tak stabil juga meningkatkan hormon kortisol yang akhirnya berpengaruh pada pengurangan cairan dalam tubuh.

Hormon kortisol mengganggu produksi hormon aldostorone yang berfungsi dalam mengatur jumlah cairan dalam tubuh. Kekurangan hormon ini sebabkan dehidrasi.

 

Menstruasi

Menstruasi adalah fase yang biasa dialami perempuan, seyogyanya menstruasi yang baik bisa terjadi sebulan sekali tanpa masalah. Namun bisa saja menstruasi jadi sebab dehidrasi. Karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron bisa mengurangi jumlah takaran dalam tubuh.

Apalagi bila darah menstruasi keluar banyak, hal ini juga akan jadi sebab dehidrasi.

 

Berada di Dataran Tinggi

Bila sebelumnya belum pernah ke dataran tinggi, setelah mencobanya mungkin akan terjadi dehidrasi. diakibatkan oleh tubuh yang beradaptasi dengan suhu dingin. Tubuh akan menyesuaikan frekuensi nafas dan frekuensi buang air kecil.

Kondisi dataran tinggi cenderung dingin, frekuensi oksigen juga menipis. Tubuh harus beradaptasi dengan melepaskan sejumlah cairan. Kemungkinan dehidrasi bisa terjadi pada fase ini.

 

Demam

Demam bisa mengakibatkan dehidrasi, saat tubuh sedang panas tubuh akan otomatis mendinginkan suhunya dengan cara mengeluarkan keringat. Produksi keringat akan meningkatkan saat tubuh berada pada suhu yang Tidak normal.

Untuk mengatasinya minumlah air putih secara rutin, agar asupan cairan tubuh tetap terjaga.

 

Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit paling banyak penderitanya. Penyakit ini juga jadi sebab terjadinya dehidrasi. Diabetes membuat kandungan gula dalam tubuh jadi tinggi sehingga meningkatkan produksi urine.

Urine adalah cara tubuh untuk membuang kandungan gula berlebih. Hal ini juga punya konsekuensi, cairan jadi berkurang dan mengakibatkan dehidrasi.

Penderita diabetes sebaiknya membiasakan diri untuk hidup sehat. Makan makanan bergizi dan rutin minum air putih.

 

Itulah tadi Sob bahasan kami mengenai 5 penyebab seseorang mengalami dehidrasi. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu..... Semoga sehat selalu.....

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Seseorang Mengalami Dehidrasi"