Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perubahan Tubuh Wanita Usia 30 Tahun ke Atas

perubahan tubuh wanita usia 30 tahun ke atas


Perubahan Tubuh Wanita Usia 30 Tahun ke Atas - Dengan bertambahnya usia sesuatu yang berhubungan dengan fisik dan psikis manusia juga akan berubah. Khususnya pada wanita yang sudah menginjak usia 30an tahun ke atas.

Di mana usia ini akan ditandai dengan penurunan kondisi fisik. Contohnya tulang yang akan kehilangan masa bila dibandingkan dengan wanita usia 20 tahun.

Penurunan Fisik dan mental adalah sesuatu yang pasti dan itu wajar. Menurut Bustle , penurunan yang terjadi pada wanita usia 30tahunan terjadi mulai dari tulang hingga produksi kolagen.

Untuk lebih detailnya silakan simak artikel apa saja perubahan tubuh wanita usia 30 tahun ke atas berikut ini:

Penurunan Massa Tulang

Penurunan yang terjadi pada wanita usia 30an tahun adalah menurunnya masa tulang. Tulang akan berkurang kekuatannya dari tahun ke tahun.

Usia paling optimal dari pertumbuhan masa tulang adalah saat masih berusia 20an tahun. Risiko Osteoporosis akan mulai menghinggapi wanita usia 30an tahun karena kondisi ini. Maka dari itu perbanyak konsumsi kalsium dan perbanyak berolahraga. Hal ini dilakukan agar kondisi tulang lebih kuat.

Asupan Kalsium itu bisa didapatkan dari susu, yoghurt, sawi, kacang-kacangan dan sebagainya.

Berdasarkan anjuran dari kementerian kesehatan Indonesia, Perlu konsumsi 1000 mg kalsium per hari untuk mencukupi kebutuhan orang dewasa.

Untuk olahraga yang dianjurkan pada wanita usia 30an tahun adalah yoga, pillates, jogging dan angkat beban. Membiasakan Berolahraga setidaknya 3 kali seminggu akan menjaga kepadatan tulang dan meminimalisir terjadinya osteoporosis.

Peningkatan Hasrat Seksual

Sebuah Penelitian dari Time menunjukkan bahwa perempuan berusia 30an memiliki tingkat Hasrat seksual yang lebih tinggi dari pada usia wanita muda. Mereka cenderung ingin memiliki hubungan yang lebih intim dengan pasangannya.

Wanita semakin dewasa juga akan memiliki fantasi seksual yang lebih kompleks.

Resiko Depresi semakin besar

Wanita pada rentang usia 30 – 40an sangat rentan mengalami depresi. Jumlahnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelompok wanita usia muda. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan tahun 2010 lalu. Stress yang dialami wanita di umur lanjut kemungkinan dipengaruhi oleh faktor krisis seperempat abad yang biasanya meliputi masalah tekanan hidup dan masalah lainnya.

Masalah Depresi bukanlah masalah sepele terlebih untuk wanita usia lanjut. Depresi bisa memperburuk kesehatan dan memperpendek umur. Depresi membuat seseorang tidak bahagia atas hidup yang dijalani. Dukungan dari orang-orang terdekat sangatlah membantu untuk menghilangkan salah satu gangguan jiwa ini.

Menurunnya Produksi Hormon Pertumbuhan

Hal yang akan dialami oleh wanita usia 30an ke atas adalah menurunnya produksi Hormon pertumbuhan. Hormon ini bertanggung jawab atas perkembangan fisik manusia dan wajar akan menurun fungsinya saat menginjak usia 30 tahun ke atas.

Hormon pertumbuhan akan meningkat produksinya saat usia remaja hingga dewasa muda. Dimana fisik akan terlihat cepat tumbuh. Berbanding terbalik saat memasuki usia tua dimana fisik akan semakin melemah karena faktor hormonal.

Hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh kelenjar pituitari bisa dioptimalkan fungsinya dengan menjaga pola makan. Perbanyak makanan mengandung kalsium dan rutin melakukan olahraga.

Menurunnya Jumlah Kolagen

Perubahan yang bisa dengan jelas dilihat saat wanita memasuki usia 30an adalah kondisi kulitnya. Semakin tua usia, kulit akan kehilangan kekencangan dan kemulusannya. Hal ini juga berkaitan dengan Jumlah kolagen dalam tubuh yang terus menurun karena faktor usia.

Hal ini sebenarnya lumrah terjadi. Yang bisa dilakukan untuk masalah ini adalah memperlambat proses penuaannya. Kadar kolagen bisa terjaga dengan konsumsi makanan beramino tinggi seperti ikan sarden, salmon dan susu. Selain itu konsumsi sumber vitamin a juga Diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Perbanyak makan wortel atau tomat karena akan mencukupi kebutuhan kulit.

Kesimpulan

Jalannya usia memang tidak bisa dihentikan, cepat atau lambat manusia akan mengalami penuaan. Seiring dengan penuaan tersebut fisik dan psikis manusia akan berubah, termasuk yang dialami oleh wanita usia 30an tahun.

Perubahan seperti kekuatan tulang, jiwa, Hasrat seksual, Hormon pertumbuhan dan Kolagen adalah hal yang wajar dialami saat wanita berada di usia 30 tahun ke atas. Untuk meminimalisir penuaan, kita Bisa membiasakan pola hidup sehat dan rajin berolahraga.

Penting juga untuk menjadi seseorang yang bahagia karena hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan kita. Orang yang bahagia cenderung memiliki umur yang lebih panjang.

 

Itulah tadi bahasan kami mengenai perubahan tubuh wanita usia 30 tahun ke atas. Semoga bermanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Perubahan Tubuh Wanita Usia 30 Tahun ke Atas"