Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Tipe Kulit Wajah Manusia

 


Sebelum memutuskan untuk membeli produk kecantikan alangkah lebih baiknya kita mengenali jenis-jenis tipe kulit wajah manusia. Kita bisa menggunakan pendekatan ini untuk produk yang tepat dengan jenis tipe kulit wajah kita.

Setiap manusia memiliki karakteristik kulit wajah yang berbeda-beda. Setiap tipe kulit juga memiliki perawatan yang berbeda pula.

Perbedaan tipe kulit wajah bisa dipengaruhi berbagai faktor seperti : genetik, usia, lingkungan dan lainnya.

Dengan mengenali tipe kulit wajah. Kita lebih gampang menentukan perawatan yang sesuai dengan wajah kita.

Oke tidak perlu berlama-lama mari kita ulas

A.      Tipe Wajah Normal

Jenis wajah yang menjadi dambaan karena tidak gampang terkena masalah kulit. Tipe wajah normal memiliki kadar air dan minyak yang seimbang.

Dilihat dari tampilan luar pun pemilik tipe wajah normal juga mulus-mulus saja. Pori-pori kulit hampir tak terlihat, wajah tidak kering dan tidak pula berminyak.

Bersyukurlah bagi kamu yang memiliki tipe kulit ini. Karena tidak perlu perawatan neko-neko.

B.      Tipe wajah kering

Memiliki ciri-ciri kulit wajah cenderung kasar, warnanya gelap, dan terlihat retak. Tipe wajah kering terjadi karena kurangnya tingkat kelembaban pada kulit.

Tipe wajah kering biasanya memiliki pori-pori yang kecil bahkan hampir tidak terlihat. Kalau dipegang kulitnya terasa kasar dan kaku.

Tipe wajah kering juga sering mengalami masalah kulit seperti gatal, kulit memerah dan kulit bersisik.

Kulit kering di akibatkan karena terlalu lama terkena sinar UV, genetik, lingkungan dan banyak faktor lain.

C.      Tipe Kulit Berminyak

Tipe kulit yang bertekstur licin dan terlihat bercahaya. Hal ini terjadi karena kulit memiliki kelembaban yang tinggi.

Tipe kulit berminyak terjadi karena produksi sebum atau kelenjar minyak terlalu banyak. Ketika jumlah minyak terlalu banyak. Pori-pori akan tersumbat dan akan timbul masalah jerawat.

Kalau dilihat dari fisik pemilik kulit berminyak itu biasanya mengkilap, pori-pori jelas terlihat, dan sering terkena masalah seperti komedo dan jerawat.

D.      Tipe Kulit Sensitif

Sesuai namanya jenis kulit ini begitu sensitif dan sering mengalami masalah. Seperti iritasi, gatal, muka kemerahan, jerawat membandel. Tipe kulit sensitif memang perlu mendapat perawatan khusus.

Biasanya kulit sensitif terjadi karena faktor: salah produk kosmetik, pola makan, dan lingkungan. Dari tekstur kulit sensitif itu mudah terkelupas, cepat bereaksi terhadap rangsangan.

E.       Tipe wajah kombinasi

Kasus ini juga bisa terjadi. Memiliki tipe wajah lebih dari satu. Kebanyakan ditemukan kombinasi antara tipe kulit kering dan berminyak.

Tipe kulit kering ditemukan di area pipi sementara tipe kulit berminyak ditemukan di Area T : Dagu, hidung dan dahi.

Tipe wajah kombinasi terjadi karena perubahan hormon dan banyak ditemukan pada orang usia pubertas.

Perawatan Untuk Jenis Tipe Kulit Wajah Yang Tepat

Kulit normal

Tidak perlu perawatan khusus. Rajin-rajin saja membersihkan muka dengan sabun cuci muka. Gosoklah wajah dengan pelan dan jangan lupa bilas dengan air bersih.

Kulit Kering

Pakailah produk yang bisa melembabkan kulit kalian. Hindari zat-zat seperti alkohol atau pewangi. Setelah mencuci muka pakai mosturizer guna meningkatkan produksi sebum dalam kulit.

Kulit Berminyak

Rajin-rajin cuci muka dengan sabun berbahan gliserin. Ditambahi dengan pemberian toner. pilih kosmetik berkadar air noncomedogenic. Agar kulitmu tak gampang tumbuh jerawat.

Kulit Sensitif

Pakailah sabun wajah yang lembut dan pakai air hangat. Ini agar wajah kalian bersih dan tak gampang sensitif. Hindari kosmetik berbahan alkohol dan asam terlalu tinggi. Karena akan memicu iritasi.

Kulit Kombinasi

Pakailah kosmetik yang khusus diciptakan untuk kulit kombinasi. Produk yang bisa mengurangi kadar minyak di daerah dagu, hidung dan dahi sekaligus bisa melembabkan pipi.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Tipe Kulit Wajah Manusia"