Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat Aki, Nomor 3 Banyak Orang Belum Tahu

     


    Merawat Aki - Aki merupakan salah satu dari beberapa jenis baterai. Umumnya jenis aki yang dipakai baik motor maupun mobil ada 2 yaitu aki kering dan aki basah. Walaupun secara lebih detail sebenarnya lebih banyak lagi jenis aki. Kedua jenis aki ini masing-masing punya kelebihan maupun kekurangan.

    Aki berjenis basah umumnya memiliki usia pakai sedikit lebih lama bila dibandingkan dengan aki kering. Akan tetapi bila aki basah tidak diperhatikan volume air akinya maka akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan aki kering. Umur ekonomis sebuah aki pada dasarnya adalah 2 tahun tergantung dari jenis bahan yang dibuatnya dan juga benar tidaknya cara merawat aki.

   Harga aki mobil ditentukan oleh bahan baku itu sendiri semakin bagus kualitas bahan baku (mayoritas timah) maka semakin lama umur aki dan tentunya harganya semakin mahal. Tapi jangan kuatir kita bisa membeli aki dengan kualitas menengah dan bila kita bisa merawat aki dengan benar maka umur aki akan lebih panjang. Untuk itu mari kita bahas cara merawat aki yang benar. Tentunya aki yang kita bahas adalah aki untuk perangkat elektronik bukan aki sumber energi mobil listrik ya atau secara sederhana aki yang digunakan oleh kendaraan berbahan bakar fosil.

  1. Pastikan semua elektronik dalam keadaan mati sebelum mesin dihidupkan. Perangkat elektronik seperti lampu utama, lampu kabin, sein, audio, AC dan perangkat lainnya hendaknya kita pastikan dahulu dalam keadaan mati sebelum mesin dihidupkan. Hal ini bertujuan agar ketika mesin dihidupkan maka daya listrik yang disimpan oleh aki hanya akan digunakan untuk menghidupkan mesin. Jika perangkat elektronik dalam keadaan hidup ketika mesin dinyalakan maka akan mengurangi banyak daya listrik yang disimpan aki. Hal ini bisa menyebabkan daya listrik yang disimpan aki selalu berkurang saat mesin dihidupkan dan bisa membuat aki tekor.
  2. Pastikan semua elektronik dalam keadaan mati sebelum mesin dimatikan. Perangkat elektronik seperti lampu utama, lampu kabin, sein, audio, AC dan perangkat lainnya hendaknya kita pastikan dahulu dalam keadaan mati sebelum mesin dimatikan. Hal ini bertujuan agar ketika mesin dimatikan maka daya listrik yang disimpan aki tidak tersedot oleh perangkat elektronik yang dimatikan. Jika tidak dimatikan maka daya listrik yang disimpan aki lama kelamaan akan berkurang dan bisa membuat aki tekor.
  3. Bersihkan selalu permukaan aki dari debu dan kotoran. Hal ini sering luput dari perhatian otolover. Debu dan kotoran yang menempel pada permukaan aki akan membuat kebocoran listrik pada mobil anda. Meskipun mobil selalu dipanasi untuk mengisi daya aki tapi ketika mesin mobil mati, listrik akan berkurang dengan sendirinya karena debu dan kotoran yang menempel di bodi aki. Kita bisa mengeceknya dengan alat Tespen, cukup tempelkan pada bodi aki yang penuh dengan debu maka tespen akan menyala. Hal ini membuktikan debu dan kotoran dapat mengurangi daya listrik yang disimpan aki. Hendaklah rutin membersihkan permukaan aki dan engine bay agar debu dan kotoran tidak mengurangi daya listrik aki.
  4. Cek berkala Aki 3 bulan sekali. Aki umumnya memiliki Baterai Life atau pesentase umur aki (0-100%). Baterai Baru maka umurnya adalah 100%. Jika setelah dicek umur aki anda sudah dibawah 50% maka akan harus bersiap mengganti aki anda sebelum mogok karena tidak bisa distarter.
  5. Selalu cek debit air aki (Khusus tipe aki basah). Selalu rutin cek debit air aki secara berkala maksimal 2 minggu sekali. Pastikan level air aki berada diantara level maksimum dan minimum. jangan sampai dibawah level minimum maupun diatas level maksimum.
  6. Gunakan Alat Volt Stabilizer (Optional). Anda bisa memiliki aki yang lebih awet lagi dengan menambahkan alat yang bernama Volt Stabilizer. Dengan adanya alat ini tegangan aki anda akan lebih stabil sehingga bisa meringankan kinerja aki maupun alternator. Jika kinerja keduanya ringan maka akan membuat aki menjadi awet dan juga bisa menghemat BBM mobil anda.
    Itulah tips merawat aki agar aki mobil anda awet. Tentunya jangan lupa lakukan perawatan lainnya seperti Tune Up dan jaga Kebersihan Kabin mobil.

Posting Komentar untuk "Merawat Aki, Nomor 3 Banyak Orang Belum Tahu"