Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tanda Kamu Memiliki Perilaku Yang Baik

 

4 Tanda Kamu Memiliki Perilaku Yang Baik

4 Tanda Kamu Memiliki Perilaku Yang Baik - Sebagai manusia kita berkewajiban untuk melakukan sesuatu dengan landasan moral. Manusia bisa berpikir dan bertindak dengan budaya yang disepakati. Dalam proses sosialisasi, manusia juga harus memiliki attude yang harus dijaga saat berinteraksi dengan sesama.

Attitude adalah sikap yang kamu perlihatkan kepada orang lain. Jika kamu menunjukkan Budi pekerti, sikap saling mengerti dan soliditas, orang lain juga akan melakukan hal sama kepadamu. Aturan yang sama berlaku bila kamu berlaku sebaliknya.

Berikut ini adalah 4 tanda yang menunjukkan kamu memiliki perilaku yang baik.

 

Selalu menghargai lawan bicara

Attitude seseorang bisa dilihat dari caranya menghargai orang lain. Orang yang attitudenya bagus menghormati pendapat orang lain, tidak membedakan apakah lawan bicara lebih muda ataupun lebih tua. Sedangkan orang yang attitudenya sangatlah dominan dalam pembicaraan, tidak mau terlihat kalah dan tak ingin dikritik orang.

Bila kamu menghargai orang lain maka kamu sudah membukakan diri pada level attitude yang lebih tinggi. Kamu sadar bahwa menerima masukan orang lain adalah hal penting, dan kamu selalu ingin belajar dengan hal-hal baru yang sebelumnya belum dikuasai.

 

Punya Totalitas dalam bertanggung jawab

Tanda selanjutnya bahwa kamu punya attitude jempolan totalitas saat menjalankan tugas. Apa pun yang dipercayakan kepadamu akan dikerjakan dengan effort tinggi, komitmen hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Rasa tanggung jawab yang ada pada diri kamu adalah modal penting untuk mendapatkan respect orang. Kamu akan dipercaya dimana pun kamu berada. Orang melihatmu sebagai pribadi terpercaya yang layak mengemban amanah.

Untuk membentuk attitude perlu dibiasakan, kamu harus mau mendengarkan orang lain, totalitas atas apa yang kamu kerjakan. Attitude juga bukan pencitraan tapi soal cara kamu bersikap dengan orang. Kamu hargai mereka tanpa embel-embel apa pun.

 

Meminta maaf saat lakukan kesalahan

Sering kali gengsi membuat orang sulit mengucapkan permintaan maaf kepada orang lain. Tidak mau berbesar hati mengakui kesalahan karena gengsi. Mata hati seperti tertutup untuk berjiwa besar, mata hati seperti tertutup untuk menyadari bahwa meminta maaf adalah sesuatu yang mulia.

Namun bagi orang yang memiliki attitude yang bagus. Ia tak segan untuk meminta maaf atas kesalahannya. Ia punya jiwa kesatria untuk mengakui kesalahannya. Orang berattitude juga tercermin dari prinsipnya yang mengesampingkan egonya termasuk ego merasa paling benar.

 

Menjaga perkataan

Kamu memiliki perilaku yang baik bila menjaga perkataan saat berbicara dengan orang lain. Mau dengan siapa pun kamu berbicara, kamu akan menjunjung tinggi rasa hormat. Kamu buktikan hormat itu dengan perkataan yang halus dan disertai dengan senyuman yang ramah.

Kamu memiliki keinginan untuk menebar hawa positif kepada orang. Kamu juga tak tersulut emosi saat menanggapi perbedaan pendapat dengan orang lain. Jika kamu ingin menyampaikan pendapat, sesuatu yang dipikirkan pertama adalah bagaimana caranya agar tidak menyinggung orang lain.

 

Itulah tadi 4 tanda yang menunjukkan kamu memiliki perilaku yang baik. Perilaku ini sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam perkembangan karier. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).


Posting Komentar untuk "4 Tanda Kamu Memiliki Perilaku Yang Baik"