Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Samping Makan Pare Berlebihan

Efek Samping Makan Pare Berlebihan


Efek Samping Makan Pare Berlebihan - Pare merupakan buah yang masih sekeluarga dengan melon namun memiliki rasa yang pahit. Tanaman rambat ini juga sering dijadikan bahan campuran masakan. Seperti pada somay dan oseng-oseng.

 

Meskipun rasanya pahit, pare memiliki banyak khasiat dan sudah lama dijadikan obat tradisional. Pare bisa mengontrol gula darah, dan memiliki banyak vitamin yang bagus untuk tubuh.

 

Tapi perlu diwaspadai juga karena memakan pare terlalu banyak bisa berdampak buruk untuk kesehatan, salah satunya menyebabkan keguguran. Untuk lebih lengkapnya mengenai efek buruk banyak makan pare silakan simak artikel berikut ini:

 

4 Efek Samping Makan Pare Berlebihan

Keguguran

 

Menurut penelitian dari jurnal International Journal of Scientific Research and Reviews. Ibu hamil harus waspada agar tidak berlebihan konsumsi pare. Rasa pahit yang dimiliki sayuran ini memicu kontraksi pada ibu hamil. Akibat paling seriusnya adalah keguguran.

 

Apalagi bila dikonsumsi dalam bentuk jus tentu ini akan berbahaya untuk rahim, bisa mengakibatkan pendarahan, dan memicu persalinan prematur. Biji pare mempunyai kandungan visin yang akan mengurangi kandungan glukosa yang diperlukan ibu hamil. Pare juga mengurangi kesuburan pada pasangan suami istri.

 

Mengganggu fungsi Hati

 

Menurut penelitian Analytical Biochemistry pada tahun 2016 lalu, dengan menguji tikus. Diketahui bahwa pare memicu terjadinya hepatoksisitas. Kondisi ini mengakibatkan organ hati tikus mengalami kerusakan. diketahui bahwa air pare memiliki zat beracun bernama momorcharin.

 

Oleh karena itu memang tidak disarankan mengonsumsi pare dalam jangka panjang.  Dosis tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh. Namun pare yang dikonsumsi dalam batas normal sangatlah bagus untuk kesehatan.

 

Menyebabkan masalah pada ginjal

 

Pada tahun 2014 diadakan sebuah penelitian dalam jurnal nephropatology yang menyatakan bahwa kosumsi pare secara berlebihan akan mengakibatkan kerusakan ginjal. Hasil ini didapatkan setelah dilakukan pengujian terhadap tikus putih yang diberikan lebih dari 4000 miligram pare setiap harinya.

 

Khasiat pare yang bisa mencegah berbagai penyakit tidak akan maksimal bila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk lebih amannya silakan konsultasi pada ahli kesehatan karena setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing.

 

Mengganggu kinerja jantung

 

Sebuah jurnal yang dibuat oleh Annals of saudy medicine  menyatakan bahwa konsumsi jus pare secara berlebihan bisa mengganggu irama jantung. Pada tahun 2010 ada anak usia 22 tahun yang tidak mempunyai riwayat penyakit jantung namun setelah minum jus pare kondisi jantungnya mengalami penurunan.

 

Irama jantung jadi tidak stabil akhirnya terjadi penggumpalan darah. Gumpalan ini mempengaruhi trombosit dan bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti stroke dan diabetes. Idealnya pare dikonsumsi 20 mg per hari. Waspadai bagian biji pare karena memiliki tingkat toksisitas yang tinggi.

 

Pare juga tidak disarankan untuk penderita penyakit diabetes karena sifatnya yang beracun bila konsumsinya berlebihan. Beberapa obat diabetes juga tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan pare.

 

Jadi, meskipun kaya manfaat ternyata ada 4 efek samping makan pare berlebihan yang wajib kita tahu. Semoga tulisan ini bermanfaat buat Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Efek Samping Makan Pare Berlebihan"