Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Purging dan Breakout

Cara Membedakan Purging dan Breakout

Purging dan breakout merupakan fase yang sering terjadi saat kita menggunakan rangkaian Skincare. Keduanya memiliki gejala yang relatif sama, namun sebenarnya keduanya memiliki arti yang berbeda. Purging biasanya terjadi berupa jerawat dan muncul di area tertentu yang biasanya merupakan daerah paling rawan di wajah kita. Sementara breakout meskipun memiliki gejala sama, namun breakout bisa menyebar ke seluruh muka dan merupakan tanda ketidakcocokan wajah dengan Skincare yang dipakai.

Purging  merupakan adaptasi wajah terhadap Skincare, berlangsung dalam durasi singkat dan merupakan tanda positif. Sementara breakout muncul karena waktu wajah kita tidak cocok dengan komposisi yang ada Skincare, dan harus segera ditangani.

Untuk lebih lengkapnya mengenai perbedaan kedua hal ini silakan simak ulasan kami tentang Cara Membedakan Purging dan Breakout berikut ini:

Cek produk yang dipakai

Ketika kita mulai mencoba produk skincare untuk pertama kali, wajah akan berusaha beradaptasi dengan komposisi Skincare. Kandungan seperti AHA, BHA, Glutathione dan Hyaluronic acid. Akan mempercepat pembersihan kotoran yang berada di wajah. Dan efeknya adalah purging, wajah berjerawat di area tertentu namun akan hilang dengan sendirinya.

Bentuk purging setiap orang berbeda mulai dari komedo, kulit memerah dan berjerawat. Namun jangan khawatir purging adalah awal yang bagus dalam meningkatkan level penampilan wajah.

Durasi terjadinya

Untuk membedakan antara purging dan breakout bisa dilihat dari durasi terjadinya. Purging terjadi antara 2-4 Minggu. Ini adalah waktu dimana kulit akan diregenerasikan oleh zat aktif pada Skincare. Secara perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Sementara breakout bisa terjadi dalam waktu yang lama, dan punya kecenderungan untuk semakin parah. Breakout bisa menyebar hingga seluruh area wajah bila tidak segera ditangani. Segera hentikan pemakaian Skincare bila ini terjadi pada kalian.

Kenali gejala purging

Kita harus mengenal gejala purging, ingat-ingat area wajah kita yang sering terkena jerawat atau komedo, karena di tempat itu pula purging akan sering terjadi. Purging sebenarnya adalah proses pembersihan namun secara masif sehingga bentuknya bisa menjadi komedo, bruntusan atau jerawat.

Selama proses purging pori-pori wajah akan dibersihkan dari tumpukan minyak, efek jerawat yang terjadi tidak akan lama. Untuk penggunaan Skincare yang aman, baiknya kita konsultasi ke dokter terlebih dahulu, mereka membantu menentukan dosis dan memilih Skincare yang tepat untuk kita.

Area timbulnya reaksi

Purging dan breakout bisa dibedakan juga dari area timbulnya reaksi. Jika reaksi seperti jerawat dan komedo muncul di area tertentu saja itu adalah purging. Namun bila reaksinya menyebar dan sulit dikendalikan itu adalah breakout.

Jika kita mengalami purging tetap lanjutkan Skincare yang dipakai, namun bila mengalami breakout segera hentikan pemakaian Skincare.

Breakout sering terjadi karena kita mudah menerima rekomendasi orang lain, padahal kebutuhan skincare setiap orang berbeda-beda. Cocok untuk satu orang belum tentu cocok untuk orang lain.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai Cara Membedakan Purging dan Breakout. Semoga bermanfaat dan sehat selalu buat kita semua karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com)

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Purging dan Breakout"