Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Daging Kurban Tidak Bau

 

Cara Agar Daging Kurban Tidak Bau

Cara Agar Daging Kurban Tidak Bau - Tak terasa momen Idul Adha telah menyapa kita lagi. Umat muslim merayakannya dengan melakukan pemotongan hewan kurban. Daging kurban pun dibagikan serentak pada masyarakat. Dan tentunya bisa dimanfaatkan menjadi berbagai olahan kuliner.

Untuk menghadirkan cita rasa terbaik, daging kurban perlu diolah agar hilang bau amisnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar daging kurban tidak berbau amis dan berubah menjadi bau yang menggugah selera makan.

Berikut ini adalah cara mengolah daging kurban agar tidak bau dan semakin nikmat disantap.

Rebus daging sampai mendidih

Daging sapi atau kambing memang cenderung memiliki bau yang khas, terutama kambing. Namun keduanya memiliki cara memasak yang sama. Sebelum dimasak diamkan daging selama beberapa jam. Karena daging yang baru dipotong biasanya bertekstur keras. Agar lebih lunak daging bisa direbus terlebih dahulu. Perebusan ini juga akan mampu menghilangkan bau amis, dan mengendurkan otot-otot pada daging.

Bungkus daging dengan daun pepaya

Cara tradisional yang dilakukan orang-orang terdahulu untuk menghilangkan bau daging adalah membungkus daging dengan daun pepaya. Pepaya memiliki enzim yang bersifat menetralkan bau dan bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Tidak hanya daging kambing atau sapi, semua daging juga bisa.

Bungkus daging kurban dengan daun pepaya selama 30 menit sebelum proses pengolahan. Daun pepaya ini akan membuat daging lebih empuk dan semakin nikmat disantap.

Pakai Parutan Nanas

Cara mudah untuk mengolah daging kurban adalah membalutnya dengan parutan nanas. Sediakan 1 sampai 2 butir nanas lalu bisa diparut atau diblender lalu Baluran pada daging. Nanas akan bekerja melunakkan tekstur dan memberi tambahan aroma segar pada daging.

Namun hati-hati, jangan terlalu banyak atau terlalu lama membiarkan daging dalam balutan parutan nanas, akibatnya akan terlalu empuk sehingga hilang teksturnya.

Kalau sudah empuk dan otomatis bau amisnya hilang maka siap untuk dimasak.

Rebus Dengan Campuran Rempah

Ada lagi cara ampuh untuk hilangkan bau amis daging kurban. Yaitu dengan menggunakan rempah-rempah Nusantara seperti serai, lengkuas, jahe dan sebagainya. Didihkan daging terlebih dahulu pada air mendidih. Rempah-rempah sudah lama dikenal untuk meningkatkan cita rasa dan aroma masakan. Dengan cara ini daging korban terbebas dari bau tidak sedap.

Cukup sekian bahasan kami tentang cara agar daging kurban tidak bau. Semoga bemanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Cara Agar Daging Kurban Tidak Bau"