Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Mengenai Penyakit Gerd yang Sering Dikira Sakit Asam Lambung

 

fakta mengenai penyakit gerd yang sering dikira sakit asam lambung

Fakta Mengenai Penyakit Gerd yang Sering Dikira Sakit Asam Lambung - Pernahkah mereka sakit perut terus lama-kelamaan menjalar didada dan terasa panas ? Bisa jadi ini Anda menderita penyakit gerd. Gerd adalah salah sakit yang mengganggu pencernaan karena lemahnya fungsi katup berlokasi di antara tenggorokan dan lambung yang berakibat pada naiknya asam lambung hingga ke dada hingga menyebabkan rasa panas.

1 dari 4 orang Indonesia memiliki gejala gerd atau sekitar 24,8 persen dari keseluruhan jumlah populasi. Ada beberapa faktor yang jadi penyebab gerd ini muncul. Bisa jadi karena obesitas, kecanduan rokok, makan makanan tidak sehat atau malas berolahraga.

Namun ada fakta menarik yang diungkapkan oleh dokter spesialis penyakit dalam dr Rabbinu Rangga pribadi, SpPd penyakit gerd kebanyakan pemicu terbesarnya adalah karena stress. Stress dapat memicu naiknya kadar asam lambung.

Untuk lebih lengkapnya mengenai penyakit gerd simak ulasan berikut

Apakah Gerd dan Maag Sama ?

Gerd dan Maag memang bagian dari penyakit pencernaan namun keduanya merupakan penyakit yang berbeda. Gerd adalah kondisi di mana asam lambung naik dari perut hingga dada sementara maag adalah perut yang mengalami peradangan.

Mag sendiri Merupakan kata dari bahasa Belanda yang artinya lambung. Orang yang sakit mag akan mengeluh sakit di ulu hati. Sementara gerd lebih cenderung naik dari perut hingga dada namun tidak disertai gejala heartburn dan mulut asam.

Apa gerd bisa menjadi kanker tenggorokan ?

Banyak yang khawatir bahwa gerd adalah awal mula dari penyakit kanker tenggorokan. Mengingat gejalanya bukan hanya diperut saja melainkan hingga tenggorokan.

 Hal ini terjadi karena ketidaknormalan katup antara perut dan tenggorokan. Meski begitu peluang terjadinya penyakit gerd menjadi sebuah kanker hanya sekitar 1%. Itu pun terjadi bila gerd dalam waktu lama tidak kunjung ditangani.

Apa bisa penyakit gerd diturunkan ?

Ada informasi yang berkembang dimasyarakat bahwa penyakit gerd bisa diturunkan dan hal ini memang benar. Namun kontribusinya tidaklah besar. Walau dikeluarkan kita ada yang menderita gerd tidak lantas membuat kita mengalami gerd juga. Penyebab utama gerd ada stress dan gaya hidup yang tidak sehat.

Rajin-rajin beribadah, bersosialisasi dengan lingkungan positif untuk menghindari pikiran menjadi stress selain itu mencegah gerd juga harus disertai dengan komitmen menjaga pola makan

Apakah Gerd Bisa menyebabkan kematian ?

Orang sering salah mengira gejala gerd adalah tanda sakit jantung. Rasa sakit panas yang menjalar didada memang membuat orang was-was namun hal itu bisa dihindarkan bila kita mau mengecek ke dokter. Tidak semua sakit di area dada adalah penyakit jantung. Cek dari dokter bisa memberikan diagnosa terhadap sakit yang kita rasakan.

Jika kita menderita gerd perlu diketahui bahwa penyakit ini tidaklah mematikan seperti penyakit serius lain namun memiliki efek yang mengganggu bila tidak segera ditangani.

Itulah beberapa fakta mengenai penyakit gerd yang sering dikira sakit asam lambung yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com)

Posting Komentar untuk "Fakta Mengenai Penyakit Gerd yang Sering Dikira Sakit Asam Lambung"