Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Karbohidrat Padat Untuk Percepat Pertumbuhan Anak

 

Sumber Karbohidrat Padat Untuk Percepat Pertumbuhan Anak

Sumber Karbohidrat Padat Untuk Percepat Pertumbuhan Anak - Berbeda dengan orang usia lanjut yang perlu mengontrol konsumsi karbohidrat padat. Untuk anak-anak, karbohidrat masih sangat dibutuhkan sebagai bahan makanan pokok anak. Karbohidrat akan mempercepat pertumbuhan anak. Apalagi Karbohidrat juga diketahui mengandung glukosa yang bagus untuk mencukupi energi harian anak.

Karbohidrat adalah sumber makanan yang perlu untuk dipenuhi agar anak senantiasa sehat dan terhindar dari kondisi mal nutrisi. Berikut ini adalah sumber karbohidrat padat yang bagus untuk percepatan perkembangan anak:

Roti

Sumber makanan karbohidrat padat pertama yang bagus untuk anak adalah roti. Menurut Jurnal penelitian Nutrition Value, roti mengandung 74% komposisi karbohidrat yang membantu anak tumbuh optimal. Selain itu roti juga kaya akan zat besi, kalsium, magnesium dan yang mineral lainnya. Roti bisa dipilih sebagai bahan makanan pokok untuk anak karena memiliki variasi bentuk dan rasa yang disukai.

Sereal

Sumber karbohidrat padat yang bagus untuk percepat pertumbuhan anak selanjutnya ada sereal, makanan ini dikenal simpel dan memiliki rasa yang lezat dilidah anak. Mobilitas anak yang terkenal tinggi membuat mereka sering meninggalkan makan, untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa memberikan sereal untuk kebutuhan Anak.

Sereal kebanyakan sudah memiliki takaran komposisi yang pas. Seperti karbohidrat, protein, glukosa, kalsium dan vitamin D. Penting untuk melihat komposisi pada sereal pabrikan agar sesuai dengan kebutuhan anak

Nasi

Nasi adalah sumber makanan pokok yang sangat familier terutama di negara kita, Indonesia. Sampai-sampai ada ungkapan Belum makan kalau belum makan nasi. Nasi penting untuk diperkenalkan sejak dini kepada anak, terutama untuk nasi yang terbuat dari beras merah. Karena kandungan berasnya yang memiliki 87% komposisi mayoritas karbohidrat. Apalagi zat besi dan mineralnya yang mampu diserap secara baik dalam tubuh anak

Cracker

Cracker juga bisa digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan karbohidrat padat untuk anak. Apalagi anak sedang bermasalah dengan rasa makanan. Tak jarang anak mogok makan karena rasa makanannya yang dirasa kurang enak.

Cracker akan mengatasi Masalah tersebut, karena rasanya yang enak dan meningkatkan kemampuan mengunyah anak. Cracker mengandung 48% komposisi karbohidrat, kalsium serta glukosa. Penting untuk memberikan takaran cracker yang tepat agar anak tidak Kegemukan.

Kentang

Sebagai umbi-umbian, kentang bukan hanya bisa diolah sebagai makanan ringan seperti keripik saja. Kentang juga bisa diberikan kepada anak untuk menunjang kebutuhan karbohidrat padat mereka. Kentang bahkan memiliki karbohidrat yang tinggi mencapai 92% yang dalam waktu singkat mampu menguatkan organ tubuh anak.

Kentang juga bisa diolah secara bervariasi seperti dijadikan kentang kukus, keripik dan dijadikan bahan campuran padahal makanan lain.

Buah

Konsumsi buah-buahan seperti strawberry, blueberry dan pisang ternyata bisa mencukupi kebutuhan harian karbohidrat padat anak. Karbohidrat dalam buah-buahan didapatkan dari glukosanya yang tinggi.  

Buah-buah tersebut mengandung 80-90 % karbohidrat yang aman dan gampang menutrisi seluruh tubuh anak. Agar anak lebih tertarik coba sajikan buah-buahan tersebut dalam bentuk salad, smoothies atau jus.

Demikianlah beberapa sumber karbohidrat padat yang bagus untuk percepat pertumbuhan anak. Semoga bermanfaat sebab sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Sumber Karbohidrat Padat Untuk Percepat Pertumbuhan Anak"