Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat yang membuat kita sering dimanfaatkan

 

Sifat yang membuat kita sering dimanfaatkan

Sifat yang membuat kita sering dimanfaatkan - Dalam menjalani sebuah hubungan pertemanan aspek-aspek seperti saling menghargai, saling melengkapi, saling membantu adalah sesuatu yang penting. Hubungan pertemanan akan menjadi merugikan apabila aspek-aspek tersebut tidak ada.

Hubungan pertemanan yang baik harus ada timbal baliknya. Jika kita kesusahan seyogyanya teman kita sigap membantu, begitu pula sebaliknya jika teman kita kesusahan maka kita juga harus sedia membantu.

Agar kita terhindar dari teman yang bertindak seenaknya, maka di artikel ini akan dibahas tentang sifat yang membuat kita sering dimanfaatkan. Setelah itu renungkan bagaimana sikap Anda sebaiknya.

Sungkan menolak permintaan orang lain

Memang benar sebagai manusia kita harus menolong sesama yang kesusahan. Namun kita juga harus memperhatikan kemampuan dan kapasitas kita. Selain itu terus menerima permintaan orang lain, akan membuat orang bisa memanfaatkan kita.

Banyak teman yang datang ketika butuh saja, tapi saat kita yang butuh Mereka menghilang. Jangan merasa tidak enak kepada orang lain, Kita juga harus memperhatikan diri kita sendiri. Jangan sampai orang memanfaatkan kebaikan kita.

Terlalu baik kepada orang

Bersifat baik memang karakter yang perlu dibiasakan. Namun jangan sampai kebaikan kita salah arah, berbaik hatilah kepada orang yang tepat. Orang yang sering menolong kita, orang yang ada saat kita susah dan sejenisnya. Jika kita menemukan orang dengan ciri seperti ini kita memang harus berbuat baik.

Namun ketika kita bertemu orang yang hanya ingin memanfaatkan kita, janganlah terlalu gampang memberikan kebaikan kita. Jangan sampai kita dimanfaatkan lalu setelah mereka mendapatkan apa yang ia mau mereka lantas pergi.

Tidak berani mengeluarkan pendapat kepada orang lain

Salah satu sikap yang membuat kita sering dimanfaatkan orang adalah tidak berani mengeluarkan pendapat. Sikap seperti ini hanya akan membuat kita dipandang remeh oleh orang lain. Mereka bisa menganggap kita sebagai orang lemah yang gampang diatur.

Kita yang tidak enakan mengeluarkan pendapat, akan sering disepelekan dan tidak dianggap. Janganlah malu untuk berpendapat, jika kita memang tidak menyukai suatu hal lebih diutarakan saja. Tidak usah sungkan atau malu karena berpendapat adalah hak setiap orang.

Terlalu royal terhadap orang lain

Sadar atau tidak terlalu royal terhadap orang lain bisa membuat kita dimanfaatkan?. Orang yang loyal memang akan didekati banyak orang. Dan tidak menutup kemungkinan kita akan bertemu seorang yang hanya ingin maunya saja tanpa memikirkan keperluan kita.

Penting untuk selektif memilih teman, pastikan untuk loyal kepada orang yang tepat. Jangan sampai kita menaruh segala kebaikan kita kepada orang yang tidak peduli dengan kebutuhan kita.

Demikianlah bahasan singkat kami tentang beberapa sifat yang membuat kita sering dimanfaatkan oleh orang lain. Semoga setelah membaca tulisan ini, Anda semakin dewasa dalam bersikap karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Sifat yang membuat kita sering dimanfaatkan"