Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Bunga Kanthil Dalam Dunia Kesehatan

 

Khasiat Bunga Kanthil Dalam Dunia Kesehatan

Khasiat Bunga Kanthil Dalam Dunia Kesehatan - Siapa yang pernah mendengar bunga kantil ? Bunga yang juga punya nama lain cempaka putih ini sering dipakai masyarakat untuk berbagai keperluan lho. Bunga sering dipakai dalam acara pernikahan, upacara adat, ritual dan sebagainya.

 Bunga kantil sering dihubungkan dengan hal mistis, karena sejak dari nenek moyang sudah digunakan untuk kegiatan-kegiatan supranatural. Padahal bunga yang mempunyai bau khas ini juga memiliki kandungan yang begitu bagus untuk kesehatan.

Sebagai Aroma therapy

Bunga kantil memiliki karakteristik yang unik, memiliki ukuran 2 – 4,5 cm dan lebih besar daripada bunga kenanga. Pohon bunga kantil juga unik dipenuhi bulu berwarna abu. Dan satu lagi keunikan yang membuatnya berbeda dari bunga lain adalah aromanya.

Aroma bunga kantil begitu harum semerbak. Maka tak heran bila bunga ini sering dijadikan sebagai minyak esensial, dan lilin aromaterapi. Bau bunga kantil mampu membawa hawa menenangkan dan mengusir berbagai emosi negatif. Bila Anda membutuhkan sesuatu yang menenangkan, aroma bunga kantil bisa jadi solusinya.

Membantu turunkan berat badan

Badan dengan ukuran profesional menjadi dambaan bagi banyak orang. Namun untuk mendapatkannya perlu komitmen yang kuat. Godaan-godaan seperti mengonsumsi makanan berkalori sangat sering terjadi. Bila Anda mengalami hal tersebut segera ambil tindakan.

Bunga kantil bisa membantu mengatasi problematika berat badan, terlebih bila Anda penderita sakit obesitas. Bunga kantil mempunyai kandungan phelodendron yang akan membantu mengontrol jumlah kalori dalam tubuh. Kalori yang terjaga akan membuat proses penutupan berat badan semakin cepat.

Membantu bersihkan gigi

Tahukah kamu bahwa bunga kantil sering dipakai sebagai bahan campuran pasta gigi. Pasalnya bunga kantil memiliki khasiat khusus untuk membantu masalah gigi seperti plak, gigi berlubang dan gusi bengkak. Bunga bernama latin Magnolia x Alba ini sering dikombinasikan dengan xylitol dan sangat efisien dalam membersihkan gigi dari berbagai kotoran.

Mengurangi rasa sakit saat menopause

Menopause sering menjadi momok bagi perempuan yang menginjak 50 tahun ke atas. Sebagai tanda akhir dari masa subur, menopause sering menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Menopause biasanya diikuti dengan siklus haid yang tidak teratur, sakit di kandung kemih dan hal lainnya.

Untuk mengurangi keluhan ini bisa dengan menggunakan bunga kantil. Bunga kantil akan bersifat anti inflamasi dan anti analgesik yang bersifat mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Sehingga menopause bisa dilewati dengan lancar.

Mengatasi Radang gusi

Bunga kantil menurut beberapa penelitian disarankan untuk sering dikonsumsi terutama untuk orang yang bermasalah dengan kesehatan gigi dan mulutnya. Bunga kantil sering disalahartikan sebagai bunga keramat karena sering dipakai untuk kegiatan mistis, padahal hal ini perlu diluruskan. Karena khasiatnya yang luar biasa.

Kandungan anti inflamasi yang dimiliki bunga kantil, efektif untuk membersihkan plak membandel pada gigi, memutihkan gigi, dan mengatasi pembengkakan gusi.

Nah itu tadi berbagai khasiat kesehatan yang dimiliki oleh bunga kantil. Tidak benar bahwa bunga ini menakutkan karena sering dihubungkan dengan hal mistis. Bunga kantil sejatinya juga merupakan bunga yang indah, berbau harum dan sangat banyak manfaatnya terutama di bidang kesehatan (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Khasiat Bunga Kanthil Dalam Dunia Kesehatan"