Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia

 

sungai paling berbahaya di dunia

Daftar 5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia - Sungai merupakan bentuk topografi alam yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Sebagai tempat berkumpulnya aliran air, sungai bisa berfungsi sebagai irigasi sawah, tempat penyerapan air, menyuburkan tanah sampai sumber mata air manusia

Namun sungai juga menyimpan potensi bahaya yang bisa merenggut nyawa manusia. Ada beberapa sungai didunia ini memiliki arus yang deras dan kedalamannya sulit dihadapi bahkan oleh perenang andal sekalipun.

Berikut ini adalah daftar 5 sungai paling berbahaya di dunia:

1.      Sungai Yangtze

Daftar pertama sebagai sungai paling berbahaya adalah sungai Yangtze. Sungai ini terletak di Tiongkok dan merupakan sungai terpanjang di daratan Asia. Sungai Yangtze mempunyai mencapai 6300 kilometer dan merupakan tempat tinggal bagi berbagai bentuk hewan seperti 145 Jenis amfibi, 378 jenis ikan dan 166 jenis reptil.

Sungai Yangtze merupakan sungai berbahaya karena memiliki daya arus yang kuat. Sungai ini pernah meluap dan menyebabkan banjir bandang di tahun 1954 dengan korban meninggal mencapai 33.000 jiwa. Peristiwa ini merupakan banjir terbesar yang terjadi di wilayah Cina.

2.      Sungai Orinoco

Berikutnya ada sungai Orinoco, sungai ini terletak Melewati batas negara Kolombia dan Venezuela dan memiliki panjang sekitar 2100 Kilometer. Sungai Orinoco sebenarnya sungai menyimpan berbagai potensi seperti wisata, menjadi irigasi perkebunan, dan spot memancing.

Sungai ini memiliki 200 anak sungai dan air terjun yang indah untuk dikunjungi. Namun sayang karena rusaknya ekosistem yang berada di sana, akibat pembangunan perkebunan sawit yang berlebihan, membuat sungai ini sering banjir dan arusnya sangat membahayakan penduduk sekitar.

3.      Sungai Kongo

Tak lengkap bila tidak memasukkan sungai Kongo sebagai salah satu sungai paling berbahaya di dunia. Sungai ini memiliki arus yang sebisa mungkin dihindari penduduk sekitar. Tak jarang korban bermunculan karena tidak berpengalaman menghadapi derasnya sungai Kongo. Berbagai spesies hewan buas juga menetap di sungai ini, membuat kita berpikir dua kali untuk pergi ke sana.

Sungai yang memiliki panjang 4700 Kilometer ini juga mempunyai julukan gate of hell, karena memiliki batuan tebing yang menakutkan. Tebing yang memiliki bentuk yang berbahaya untuk manusia.

4.      Sungai Brahmaputra

Negara Bangladesh juga memiliki sungai paling berbahaya di dunia bernama sungai brahmaputra. Sungai ini sebenarnya adalah sumber kehidupan bagi rakyat Bangladesh karena bisa dijadikan tempat transportasi, iritasi, dan perikanan. Namun sungai ini bisa berubah menjadi berbahaya saat debit airnya sedang meninggi terutama di musim hujan.

Sungai brahmaputra mempunyai pusaran air yang mirip dengan fenomena yang ada di segitiga Bermuda. Yang di mana pusaran tersebut dapat menenggelamkan perahu-perahu penduduk.

5.      Sungai Amazon

Di urutan pamungkas ada sungai Amazon, sebagai sungai ukuran terpanjang di dunia dan arus terbesar didunia, maka layaklah pula sungai ini juga masuk sebagai sungai paling berbahaya di dunia. Sungai yang letaknya berada di kawasan Amerika Selatan ini sebenarnya merupakan paru-paru dunia yang patut dilestarikan, sungai juga merupakan surga bagi berbagai ekosistem baik flora maupun fauna.

Namun sungai Amazon juga merupakan habitat untuk hewan-hewan buas berbahaya seperti anaconda, piranha, hiu air tawar dan sebagainya. Tak jarang penduduk lokal terancam bahaya karena berinteraksi dengan hewan tersebut.

Itulah 5 sungai paling berbahaya di dunia. Semoga bermanfaat sebab sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Daftar 5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia"