Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kreasi Sambal Khas Nusantara Wajib Dicoba

 

Kreasi Sambal Khas Nusantara

4 Kreasi Sambal Khas Nusantara Wajib Dicoba - Masyarakat Indonesia kebanyakan menyukai sambal. Meskipun pedas, buktinya sambal tetap menjadi primadona pelengkap makanan. Banyak orang mengaku hambar bila makan tidak merasakan pedasnya sambal.

Nah untuk itu di artikel akan dibahas tentang kreasi sambal khas Nusantara Wajib Dicoba. Mulai dari sambal colo-colo hingga sambal jeruk bawang, semuanya maknyus di lidah !!!

Resep Sambal Colo-colo

Siapkan 12 buah cabai rawit merah, 5 ½ Siung bawang merah, 55 ml kecap, larutan jeruk nipis, buah tomat segar, dan bumbu penyedap jamur.

Kemudian potong-potong jadi kecil Cabai, tomat, dan bawang merah. Masukan semuanya dalam satu wadah. Tambahkan larutan air jeruk nipis, kecap dan bumbu penyedap jamur. Aduk hingga merata. Sajian sambal colo-colo siap disantap.

Sambal dabu-dabu

Bagi sahabat yang pernah mengicipi kuliner khas Manado pasti pernah menjumpai sambal dabu-dabu. Rasanya yang lezat membuatnya selalu hadir dalam setiap masakan khas masyarakat Sulawesi Utara ini.

Untuk memasaknya silahkan siapkan bumbu ini: 5 Cabai rawit merah, 5 cabai rawit hijau, buah tomat segar, perasan jeruk nipis, gula pasir secukupnya, 4 siung bawang merah, dan garam dapur.

Potong dan campurkan cabai rawit, bawang merah dan tomat, kemudian beri perasan air jeruk nipis, jangan lupa irisan bawang merah juga. Terakhir beri gula pasir dan garam sesuai selera. Sambal dabu-dabu siap disantap.

Resep Sambal Tomat

Nah bagi sobat pecinta sambal, pasti pernah mencoba variasi sambal yang satu ini, yups sambal tomat memang sambal yang begitu populer di Indonesia. Bisa digunakan untuk hidangan ikan, sup sayur hingga disantap langsung. Berikut ini adalah resepnya.

Siapkan 6 Cabai merah besar, 9 cabai merah rawit, 4 siung bawang putih, gula, garam, tomat dan terasi sesuai selera.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, potong-potong bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah lalu masukan ke wajan. Setelah tercium bau harum silakan masukkan tomat dan terasi.

Masukan semua bahan ke cobek, lalu ditumbuk hingga halus. Terakhir beri penyedap rasa secukupnya. Samba tomat siap dimakan.

Resep Sambal Jeruk Bawang

Untuk resep yang terakhir ada resep sambal jeruk bawang yang juga maknyus. Sediakan bahan-bahan seperti: 7 Buah Cabai rawit merah, 5 siung bawang merah, perasan air jeruk limau, dan garam.

Kita haluskan cabai, bawang merah dan garam. Selanjutnya beri perasan air jeruk limau. Taara.... sambal jeruk bawang nikmat siap menggoyang lidah Anda.

Itu tadi 4 resep sambal lezat Nusantara wajib di coba. Sungguh memang kaya sekali cita rasa makanan nusantara ini. Selain 4 sambal itu masih ada puluhan, bahkan ratusan resep sambal nikmat lainnya yang tersebar di seluruh Nusantara.

So, silakan coba 4 resep di atas dan jelajahi banyak lagi, lalu nikmati cita rasanya yang luar biasa. Semoga bermanfaat dan hidup Anda semakin menyenangkan karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "4 Kreasi Sambal Khas Nusantara Wajib Dicoba"