Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Untuk Anak Kos

 

Resep Sambal Untuk Anak Kos

Resep Sambal Untuk Anak Kos - Sebagai anak kost yang tinggal di perantauan, pasti pernah merasakan momen rindu dengan kampung halaman dan masakan yang dibuat ibu di rumah. Sambal adalah salah satu menu kuliner yang jadi favorit santapan anak kost. Selain rasanya yang lezat, sambal juga bisa diolah dengan bahan mudah dan tidak menguras kantong.

Sambal juga acap kali dijadikan pelengkap hidangan seperti ayam bakar, ayam kremes dan hidangan lainnya. Bagi teman-teman yang ingin tahu jenis-jenis sambal dan cara pengolahannya bisa lihat artikel di bawah ini.

Sambal bawang

Untuk membuat sambal bawang kita memerlukan bahan seperti berikut: 15 cabai rawit, 5 cabai keriting, 5 bawang putih, 5 bawang merah, gula pasir dan garam garam secukupnya.

Masukan bumbu-bumbu tadi dalam wajan berisi minyak, goreng hingga layu. Kemudian hancurkan bumbu-bumbu tadi dengan cobek, tambahkan garam dan tumis kembali bahan tersebut, tambahkan gula pasir dan penyedap rasa dan tunggu hingga matang.

Sambal ijo

Resep sambal nikmat untuk anak kos berikutnya adalah sambal ijo sambal hejo kata orang Sunda. Untuk membuatnya kita memerlukan bahan: 17 Cabai  hijau, 7 Cabai rawit hijau, bawang merah, ½ bagian tomat, kaldu ayam, garam, gula, daun salam dan serai.

Hancurkan cabai hijau, rawit hijau, tomat dan bawang merah, kemudian bumbu tersebut ditumis, bila sudah harum tambahkan bumbu lainnya seperti serai, garam, kaldu ayam dan daun salam untuk memperkaya aroma. Tunggu hingga matang , sambal ijo siap dihidangkan.

Sambal Mentah

Sediakan bahan-bahan seperti: 10 Cabai merah keriting, 6 Cabai rawit hijau, 6 Cabai rawit merah, garam, gula dan daun jeruk. Untuk membuat sambal mentah sangatlah mudah Masukan berbagai cabai tadi dalam cobek, haluskan lalu tambahkan garam serta gula merah. Agar lebih nikmat tambahkan air jeruk. Kombinasikan sambal dan jeruk akan menimbulkan rasa pedas yang menggigit dimulut.

Sambal tomat

Sediakan 3 Buah tomat, 8 Cabai rawit, 3 bawang putih dan 5 bawang merah, garam dan gula pasir . Untuk cara memasaknya potong dulu bawang merah, bawang putih dan tomat jadi bagian kecil-kecil. Lalu masukan dalam wajan penggorengan, setelah agak layu angkat bahan-bahan tersebut lalu haluskan dengan cobek, masukan garam dan gula untuk menambah cita rasa.

Demikianlah tulisan singkat kami tentang resep sambal untuk anak kos. Semoga bermanfaat, apa lagi menjelang bulan puasa ramadhan seperti sekarang ini. Cocok banget untuk menu berbuka atau pun sahur para anak kost. Selamat menikmati karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Resep Sambal Untuk Anak Kos"