Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahayanya Bedak Tabur Untuk Kesehatan

 

Bahayanya Bedak Tabur Untuk Kesehatan

Bahayanya bedak tabur untuk kesehatan - Bedak adalah benda yang familier digunakan untuk membersihkan dan mengharumkan tubuh. Bedak adalah mineral paling lembut di bumi ini. Dengan kegunaannya tersebut, bedak banyak digunakan oleh pabrik-pabrik kecantikan.

Bedak biasanya digunakan orang tua untuk membersihkan badan anak, mengurangi kelembaban atau menghilangkan alergi gatal. Meskipun demikian, penggunaan bedak tabur juga harus dibatasi karena jika berlebihan akan menimbulkan efek kurang baik untuk kesehatan.

Untuk lebih lengkapnya sobat bisa membaca artikel tentang bahaya bedak tabur di bawah ini.

Kanker paru-paru

Karena bentuknya yang berupa butiran kecil, membuat bedak tabur sering tidak sengaja terhirup di hidung. Lama-kelamaan partikel akan menumpuk hingga menuju paru-paru. Ada penelitian bahwa pekerja pabrik bedak tabur rawan sekali terkena sakit paru-paru dibanding dengan pekerja lainnya.

Oleh karena itu para pekerja di pabrik bedak tabur harus menggunakan masker agar terhindar dari sakit kanker paru-paru.

Infeksi paru-paru

Perlu diketahui bahwa sakit paru-paru dapat menyerang siapa saja dan di mana saja. Baik muda atau pun dewasa. Salah satu penyebab infeksi paru-paru adalah penggunaan bedak tabur Secara berlebihan. Terlebih dengan bentuk butiran bedak yang kecil dapat dengan mudah masuk hingga organ pernafasan.

Ada juga sebuah penyakit pernafasan yang terjadi akibat infeksi bedak tabur yang bernama talcosis paru. Sebuah penelitian BMJ Case Report menuturkan bahwa ada kasus di mana wanita usia 20an tahun memiliki kebiasaan menghirup bedak selama 4 bulan dan setelah itu mengeluh sesak, batuk dan peradangan. Setelah diteliti wanita tersebut menderita talcosis paru.

Kanker Ovarium

Menurut penelitian dari American Dancer Society menyatakan bahwa penggunaan bedak tabur dapat meningkatkan terjadinya kanker ovarium pada wanita. Secara detail dijelaskan bahwa bedak yang digunakan untuk organ kewanitaan tidak menutup kemungkinan bisa berakibat fatal karena bisa terserap. Berawal dari vagina, rahim, saluran tuba hingga Ovarium.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa perempuan yang sering menggunakan bedak pada organ genitalnya akan mempunyai risiko lebih tinggi 33 persen untuk terkena kanker ovarium daripada yang jarang menggunakan bedak.

Mesotholioma

Pemakaian bedak tabur yang terlalu sering juga bisa mengakibatkan penyakit bernama mesotholioma. Mesotholioma adalah penyakit kanker yang merusak jaringan organ dalam. Pastikan bahwa bedak yang kita miliki tidak memiliki kandungan asbes di dalamnya. Karena sangat berbahaya bila sering digunakan untuk kulit. Asbes mampu merusak organ pernapasan Secara lebih cepat.

Masalah pernafasan untuk bayi

Menurut laporan clinical pediatric mengatakan bahwa bedak tabur mampu membuat pernafasan bayi berjalan tidak sempurna. Selaput lendir akan mengering, membatasi kemampuan bernafas dan lainnya.

Hal ini bisa dihindari dengan mengurangi pemakaian bedak tabur hingga betul-betul dibutuhkan. Hindari juga memakaikan bedak di bawah popok si bayi karena bisa diserap oleh organ pencernaannya.

Nah semoga dengan informasi ini kita bisa lebih hati-hati lagi. Semoga ada manfaatnya dan salam sehat selalu karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Bahayanya Bedak Tabur Untuk Kesehatan"