Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menghemat Kuota Internet Hp Android

 

Tutorial Menghemat Kuota Internet Hp Android

Bagai sayur tanpa garam memang, saat gawai Android tidak memiliki kuota internet yang mencukupi. Hampir separuh fitur-fitur android harus diakses menggunakan kuota internet. Kadang kita juga harus menyediakan kuota yang banyak untuk mengakses aplikasi tertentu.

Tentunya borosnya pemakaian kata kuota internet bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari aplikasi berjalan di latar belakang, jumlah download yang besar dan sebagainya.

Apalagi saat ini sedang banyak-banyaknya pembelajaran online yang butuh kuota bejibun. Tak jarang para siswa dan mahasiswa mengeluh tidak punya kuota yang cukup.

Artinya, kita harus bisa menghemat kuota agar semua kebutuhan kita terpenuhi dengan seimbang. Baik kebutuhan belajar maupun bersenang-senang. Keduanya penting dan wajib dipenuhi secara seimbang.

Namun jangan khawatir bila kita menemui masalah demikian, karena di artikel ini akan dibahas tentang cara menghemat kuota internet hp android paling efektif. Berikut ini beberapa tipsnya. Cekidot....

Aktifkan Chrome Data Saver

Bila kita sering menggunakan google Chrome sebagai browser, maka disarankan untuk mengaktifkan fitur data savernya yang mampu mengurangi kuota yang hilang terlalu boros. Untuk mengaktifkannya pergi ke menu “setting” lalu pilih “data saver” dan atur menjadi “on”. Dengan melakukan langkah ini kita menghemat kuota sekitar 50 persen untuk kegiatan browsing yang kita lakukan di chrome.

Mematikan Sinkronisasi yang tidak diperlukan

Langkah sederhana yang bisa kita coba untuk menghemat kuota internet adalah mematikan Sinkronisasi yang tidak diperlukan. Caranya cari menu “pengaturan” utama handphone Anda, lalu cari “akun” kemudian “cari akun” yang ingin di nonaktifkan sinkronisasinya, kemudian akhiri dengan menekan “ok”.

Dengan cara ini kita bisa lebih menghemat data internet karena aplikasi tidak akan secara otomatis tersambung dengan internet saat kita nonaktifkan sinkronisasinya. Kita juga menonaktifkan beberapa sinkronisasi app sekaligus.

Namun, langkah ini ada kelemahannya. Misalnya bila ada email masuk, maka tidak akan langsung muncul notifikasinya. Juga bila ada perubahan pada google Drive yang kita nonaktifkan. Solusinya adalah dengan melakukan pengecekan berkala bila mendapatkan jaringan yang banyak kuota misalnya wifi di warkop.

Pakai fitur data usage warning

Jika kita merupakan tipe orang yang memiliki kecenderungan penggunaan kuota internet yang tinggi, maka menggunakan fitur data usage warning sangatlah penting. Fitur ini sudah tersedia secara otomatis pada handphone.  

Untuk mengaktifkannya ikuti langkah ini: Setting + Data Usage + Data cellular + atur batas data seluler. Kita bisa mengatur batasnya sesuai keinginan kita. Bila penggunaan kuota melebihi batas, fitur ini akan secara otomatis mengirimkan notifikasi pada hp kita.

Atur restrict background data

Salah satu penyebab kuota internet begitu cepat boros adalah karena adanya aplikasi yang berjalan dibelakang background. Jika sudah demikian kita bisa membatasi fitur ini. Beginilah caranya: pengaturan + data usage + klik tiga garis pojok kanan atas + restrict background data + oke.

Cara ini akan memperlambat laju pemakaian kuota pada background, namun cara ini menimbulkan sedikit konsekuensi yaitu notifikasi app akan berjalan lebih lambat.

Kenali aplikasi yang paling sering menguras kuota

Penyebab dari kuota internet yang gampang habis bisa jadi diakibatkan karena kita memiliki aplikasi yang menuntut penggunaan kuota secara besar. Kita mungkin perlu mengidentifikasi aplikasi yang boros kuota caranya dengan melakukan langkah ini: pengaturan + data usage + geser ke bawah hingga kita menemukan informasi daftar aplikasi yang banyak memakan kuota. Jika sudah ketemu mungkin kita bisa menghapus atau membatasi penggunaan aplikasi tersebut.

Nah, demikianlah beberapa tips dari saya untuk menghemat kuota internet Hp Android. Semoga bermanfaat (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Tutorial Menghemat Kuota Internet Hp Android"