Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Internet Secara Singkat Dari Masa Ke Masa

 


Berikut ini akan saya sampaikan perkembangan internet secara singkat. Internet, yang sebelumnya disebut Arpanet oleh Departemen Pertahanan AS, adalah jaringan global yang saling terhubung. Jaringan ini kali pertama dibuat pada tahun 1983 sebagai media bagi para peneliti untuk berkomunikasi dengan cepat dan leluasa.

Pada tahun 1990, ilmuwan komputer terkenal yang bernama Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web. Ia membuka jaringan untuk semua orang, secara nasional dan internasional.

 

WWW dari Tim Berners-Lee

Tim Berners-Lee menjadi sangat terkenal karena karyanya yaitu World Wide Web (WWW). Ketika Berners-Lee bekerja di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir), ia mendapati sebuah masalah penting yang akhirnya ia ubah menjadi peluang tak ternilai harganya.

Masalah itu bermula dari para fisikawan dari seluruh dunia yand datang ke CERN. Mereka kebanyakan hanya bekerja untuk suatu periode, lalu pergi.

Untuk memperbaiki ketidakteraturan antara banyaknya platform dan protokol, Berners-Lee menciptakan World Wide Web. Media universal ini untuk menghubungkan informasi dan setiap orang. Pada November 1989, dia menciptakan tiga protokol, yaitu: HTTP, URL, dan HTML yang sekarang kita kenal sebagai "Web".

Dengan munculnya perangkat seluler, World Wide Web terus mempertahankan tingkat signifikansinya di dunia modern, seperti yang terjadi pada awal 1990-an. Berners-Lee baru-baru ini berkomentar tentang tren yang berkembang dari pengguna Internet yang lebih menyukai aplikasi asli (yang dialami oleh pengguna secara individu) daripada aplikasi Web yang dapat mempertahankan percakapan dan komunitas yang lebih luas.

Berners-Lee ingin melihat perusahaan dan pengembang berfokus pada pembuatan aplikasi Web menggunakan HTML5, sehingga konten dan pengalaman lebih dapat dibagikan daripada aplikasi Web khusus yang dirancang untuk berjalan secara eksklusif di perangkat seluler. Laman HTML5 merender lebih cepat dan identik di semua browser Web (seluler maupun desktop), namun dengan pengkodean yang lebih ringkas.

 

Jenis Jaringan WWW

Jaringan web adalah "konstruksi logis" atau cara untuk merepresentasikan dan menyederhanakan kompleksitas yang membantu manusia dan komputer untuk memahami bagaimana data tersebar di beberapa perangkat yang saling berhubungan. Data dipindahkan melalui saluran telepon, kabel, dan satelit dan dikirim ke perangkat yang dituju melalui perangkat jaringan cerdas, seperti switch, hub, dan router.

Memang sebagian besar infrastruktur komunikasi ini tidak terlihat oleh pengguna awam, kecuali jika rusak. Setelah itu terjadi, interupsi dan pesan kesalahan menjadi lebih terlihat, mengungkap sekelompok besar protokol dan interkoneksi yang seringkali sulit untuk memecahkan masalah. Saat ini, setidaknya ada lima metode untuk terhubung ke Internet dan World Wide Web, diantarannya adalah:

         Internet Publik.

         Intranet. jaringan yang berjalan secara internal dalam suatu organisasi.

         Extranet. dua atau lebih jaringan gabungan yang berbagi informasi.

         Seluler. Internet seluler yang digunakan oleh perangkat genggam yang terhubung melalui penyedia Internet.

         Internet of Things. Perangkat yang “berbicara” dengan perangkat, dan membuat Intelligent Web.

 

Timeline Perkembangan Internet Secara Singkat

         1950-an: Setelah Perang Dunia II, Perang Dingin melahirkan kebutuhan akan cara-cara baru untuk berkomunikasi lebih cepat. Jadi, Arpanet berasal dari keperluan militer.

         1960-an: Arpanet tersedia bagi para peneliti di seluruh dunia.

         1970-an: Apple dan IBM mengembangkan komputer pribadi pada akhir 1970-an, yang menarik bagi audiens baru yang dapat menjalankan pengolah kata dan aplikasi spreadsheet sederhana.

         1980-an: Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP) dibuat sebagai bahasa komunikasi dasar untuk Internet.

         1980-an: Web 1.0, atau tahap pertama dalam World Wide Web dikembangkan, yang seluruhnya terdiri dari halaman Web statis dan non-interaktif yang dihubungkan oleh hyperlink.

         1990-an: Pendanaan modal ventura digelontorkan ke dalam model bisnis individual yang belum dicoba dan unik.

         1991: Gopher dikembangkan sebagai TCP / IP untuk mencari dan mendistribusikan dokumen melalui Internet. HyperText Markup Language (HTML) dikembangkan untuk membuat halaman Web dan aplikasi Web.

         1993: Mosaic adalah browser pertama yang tersedia secara gratis, yang kemudian melahirkan Netscape. Mosaic mendukung Gopher, protokol transfer file, dan protokol transfer jaringan berita.

         1995: Mesin Pencari Yahoo! memulai debutnya dan awalnya menggunakan algoritme Google hingga 2004 di mana ia mulai berinvestasi dalam algoritme.

         1998: Google Search didirikan pada 4 September 1998, oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Search membedakan dirinya dari mesin pencari lainnya dengan berfokus pada relevansi halaman berdasarkan pola yang terbentuk di hyperlink.

         2000–2002: Kegagalan bisnis di era tahun 2000-an, yang menyebabkan hilangnya pendanaan modal ventura.

         2004–2009: WWW distandarkan dan dipopulerkan bersama, diikuti dengan pertumbuhan pengguna, konten, dan penjualan baik B2C maupun B2B. Akibat popularitas tersebut, muncullah pemain-pemain baru, seperti Facebook, Twitter, Foursquare, YouTube, dan LinkedIn yang merupakan jejaring sosial yang kita kenal sekarang ini.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Internet Secara Singkat Dari Masa Ke Masa"