Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Bisnis Online Tersukses Saat Ini


5 Cara Bisnis Online Tersukses Saat Ini - Bisnis online saat ini sudah menjadi pekerjaan yang tidak asing lagi kita dengar mengingat jaman terus berkembang dan semakin maju teknologi.

Ya, siapapun orangnya bisa menjalankan bisnis online ini. Mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Kok bisa ? Memang persyaratannya apa saja ? Hanya dua persyaratannya yaitu memiliki smartphone dan paket data ataupun wifi.

Hanya mengandalkan teknologi kita sudah bisa menjalankan bisnis online. 

Orang menjalankan bisnis online ada yang menjadikan sebagai pekerjaan sampingan ( untuk nambah penghasilann) , ada juga yang sekedar hobi, hingga ada yang menjadikannya kerjaan utama.

Walaupun terlihat mudah dalam menjalankan bisnis online, tetap saja memerlukan berbagai cara agar dapat meraih kesuksesan.

Kamu mau tau tidak caranya ? Kalau mau langsung simak aja yuk artikel ini :

1. Meriset Pasar


Tidak hanya bisnis offline yang memerlukan riset pasar, bisnis online pun juga memerlukan hal tersebut.

Ketika kamu memulai bisnis online pertama kali, yang harus dilakukan ialah meriset pasar. Kamu memerlukan yang namanya identifikasi.

Identifikasi apa saja ? Ya mengidentifikasi selera konsumen, target pasar, hingga melihat apa saja kekurangan dari kompetitor yang satu tema dengan bisnis online kamu.

Contohnya seperti ini : Misalkan kamu ingin membuka bisnis online seperti penulis artikel. Nah, ketika kamu melihat kompetitor menggelar tikar tentang promosi jasa penulisan artikelnya , kamu lihat apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari kompetitor mu.

Jika kompetitiormu menyediakan jasa penulisan artikel hanya memiliki batas jumlah 2000 kata, maka kamu harus bisa menulis 3000 kata atau lebih.

Selain itu, jika kompetitor mu hanya menyediakan penulisan artikel mengenai tema pendidikan,bisnis,dan makanan. Maka kamu harus lebih dari itu seperti tema pekerjaan, bisnis, pendidikan, makanan, otomotif, dll.

Intinya yaitu menutup kekurangan pada kompetitor dan membuat suatu kelebihan pada jasa penulisan artikel kamu.

2. Membangun Branding Bisnis Online


Branding dalam bisnis memang dibutuhkan agar suatu bisnis mudah dikenal masyarakat. 

Membangun branding bisnis online dapat berupa :

  • Membuat Fanspage Facebook
  • Membuat Website
  • Membuat Instagram
  • Membuat Twitter

Kita memanfaatkan sosial media untuk membangun branding bisnis online.

1. Membuat Fanspage Facebook


Fanspage Facebook bertujuan untuk membuat sebuah komunitas dalam sebuah halaman khusus. Selain itu fanspage facebook bisa digunakan untuk membangun branding bisnis online juga !

Ketika membuat fanspage, isilah dengan lengkap mengenai status fanspage khusus bisnis online kamu seperti kontak, alamat, dan website.

2. Membuat Website


Selanjutnya adalah membuat website untuk. Kamu dapat membangun branding bisnis online kamu melalui website !

Bagaimana caranya ? Rata-rata orang menggunakan landing page website untuk membust branding bisnis online.

Isi dari landing page website tersebut ialah perkenalan bisnis online , keunggulan bisnis online , alamat bisnis online, promo dan harga, dll.

3. Membuat Instagram 


Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh orang.

Instagram ini juga banyak dimanfaatkan oleh orang untuk membangun branding bisnis online. 

Tidak hanya untuk branding, mereka juga mempromosikan produk bisnis online mereka melalui Instagram dan selalu aktif.

4. Membuat Twitter


Selain facebook dan Instagram, juga ada twitter sebagai sosial media yang banyak digunakan oleh orang.

Twitter biasanya orang gunakan untuk melihat trending mengenai hal apa hari ini. Penggunaan hashtag dalam Twitter memang memiliki peranan penting dalam sebuah postingan Twitter.

Jadi, jika kamu ingin membangun branding bisnis online kamu di Twitter, usahakan gunakan hashtag di setiap postingan yang dibuat.

3. Memanfaatkan Toko Online


Bisnis nya aja online, maka toko nya pun juga harus online. Kata-kata tersebut memang sedikit benar walaupun bisnis online tidak harus menggunakan toko online.

Di Indonesia sendiri sudah memiliki banyak sekali toko online, sebut saja contohnya seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dll.

Sudah banyak sekali orang yang berjualan melalui toko online dan memiliki pelanggan. Memang keberadaan toko online sangat memudahkan orang dalam berbelanja.

Kamu juga dapat memanfaatkan toko online sebagai ladang kesuksesan bisnis online kamu.

Jika orang lain bisa maka kamu juga harus bisa.

4. Belajar Dari Kesuksesan Orang


Belajar dari kesuksesan orang juga penting dilakukan. Orang yang sudah sukses di bidang bisnis biasanya sering membagikan pengalamannya selama ia menjalani perjalanan bisnis.

Bahkan tidak jarang mereka juga membagikan tips dan trik agar kesuksesan tersebut dapat diraih.

Catat poin-poin dan kejadian penting tersebut untuk dijadikan pembelajaran bagi bisnis online kamu.

Tidak lupa untuk di praktekan ! Karena teori saja tanpa praktek merupakan hal yang percuma !

5. Menggunakan Teknik Pemasaran Viral


Teknik pemasaran viral memang terkenal ampuh untuk mendongkrak bisnis menjadi cepat terkenal, untung yang banyak, dan memerlukan modal yang tidak terlalu banyak.

Sebut saja si Dimas yang viral beberapa waktu lalu karena mukanya yang mirip Raffi Ahmad. Akibat postingan salah satu orang yang memperlihatkan dimas sedang berjualan bakso ikan tetapi mukanya mirip Raffi Ahmad.

Semenjak menjadi viral tersebut, dagangan di Dimas pun laris manis karena banyaknya orang yang penasaran akan hal tersebut.

Itu merupakan contoh teknik pemasaran viral yang tidak disadari.

Teknik tersebut juga dapat kamu gunakan untuk membuat bisnis online kamu cepat terkenal dan untung sehingga dapat mengantarkan bisnis kamu menuju kesuksesan.

Penutup


Itulah 5 cara bisnis online tersukses saat ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu di bidang bisnis serta dapat menjadi semangat kamu dalam menjalankan bisnis online













Posting Komentar untuk "5 Cara Bisnis Online Tersukses Saat Ini"