Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Content Writer Dan Copy Writer



Peluang Usaha Content Writer Dan Copy Writer - Pekerjaan content writer dan copy writer ini bisa dibilang pekerjaan yang baru-baru muncul saat ini dan masih memiliki sedikit peminat.

Padahal majunya perkembangan zaman membuat banyak sekali perusahaan yang mencari orang untuk menempati job content writer ataupun copy writer.

Kenapa sih mereka pada nyari ? Yap, tentunya untuk kebutuhan branding produk perusahaan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peluang usaha content writer dan copy writer, alangkah baiknya kita mengetahui perbedaan antar kedua hal tersebut.


Satu pekerjaan beda tugas

Content writer adalah sebuah pekerjaan menulis sebuah konten untuk menambah pengetahuan serta benar-benar memperhatikan ux ( user experience). 

Sedangkan copy writer ialah sebuah pekerjaan menulis konten untuk kebutuhan branding perusahaan dengan meyakinkan produk yang ditawarkan melalui tulisan copy writer. 

Jadi copy writer itu bukan pekerjaan yang asal mengkopas tulisan orang ya !


Penilaian Kualitas

Seorang content writer dinilai berkualitas apabila pengunjung betah dan berlama-lama terhadap sebuah konten yang ditulis content writer.

Selain itu seorang content writer juga dinilai melalui gaya penulisannya, enak dibaca , dan tidak berbelit-belit.

Sedangkan copy writer akan dinilai berkualitas apabila konten yang dibuat benar-benar meyakinkan orang sehingga orang tertarik untuk mencoba atau membelinya.

Tepatnya copy writer untuk memperkenalkan produk dan meyakinkan orang.

Seperti salah satu contohnya dari layanan niagahoster.


Jumlah Kata Penulisan

Seorang content writer cenderung menulis sebuah konten yang memiliki jumlah kata lebih banyak karena tujuan penulisannya untuk mengedukasi.

Sedangkan copy writer menulis sebuah konten dengan jumlah yang singkat, padat, dan jelas karena tujuannya hanya satu yaitu meyakinkan.




Proses Pengerjaan 

Seorang content writer memiliki tugas yang cukup berat dimana ia diharuskan memiliki skill seo dalam pembuatan sebuah konten.

Unsur-unsur dasar seo (search engine optimization) harus diketahui oleh seorang content writer.

Selain itu content writer sebelum menulis sebuah konten harus melakukan riset kata kunci, riset kompetitor, dll.

Tentu itu semua disusun menjadi satu lalu dibarengi dengan penulisan yang human friendly ( enak dibaca, mudah dimengerti, dan tidak berbelit-belit)

Berbeda dengan content writer, seorang copy writer hanya memerlukan analisa terhadap produk dan melakukan riset kompetitor.

Setelah itu menyusun kata-kata yang dapat meyakinkan konsumen seperti memberikan alasan mengapa anda harus menggunakan produk ini.

Media Yang Digunakan 

Content writer biasanya membuat sebuah konten untuk website pribadi ataupun blog perorangan.

Sedangkan media yang digunakan copy writer cenderung lebih banyak seperti brosur, pamflet, website, poster, hingga papan reklame.


Nah setelah mengetahui perbedaan antar content writer dan copy writer maka selanjutnya ialah pembahasan inti yaitu peluang usaha content writer dan copy writer :

Pekerjaan content writer dan copy writer sebenarnya mudah dilakukan kalau mau belajar sehingga sangat cocok bagi siswa ataupun mahasiswa yang ingin mencari penghasilan sampingan.

Inilah beberapa alasan anda kamu harus membuka usaha content writer dan copy writer :

1. Susah dicari tetapi banyak diminati

Seperti yang saya katakan sebelumnya, pekerjaan content writer dan copy writer ini masih minim yang melakukan pekerjaan ini tetapi banyak dicari.

Sehingga peluang usahanya lebih besar.

Banyak sekali perusahaan saat ini yang mencari content writer ataupun copy writer.

2. Kerja tidak perlu tatap muka 

Content writer dan copy writer menjadi salah satu pekerjaan yang tidak memerlukan tatap muka alias berkerja secara remote controlling.

3. Penghasilan yang lumayan

Seorang content writer biasa nya menawarkan jasa pembuatan konten dengan hitungan per kata hingga ratusan kata. Harga pasaran yg ditemui per 300 kata biasanya dibandrol harga Rp.6.000 hingga 1000 kata dengan harga Rp.20.000 apabila konten indonesia, sedangkan konten luar (bahasa inggris) harganya 2 kali lipat.


Sedangkan copy writer dalam sebuah konten biasanya harga mulai dari Rp.50.000 hingga Rp.500.000 tergantung kesulitan dalam pembuatan konten.


Penutup

Itulah peluang usaha mengenai content writer dan copy writer.

Semoga melalui artikel ini dapat bermanfaat dan memberi wawasan bagi kamu yang ingin memulai usaha content writer dan copy writer.








Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Content Writer Dan Copy Writer"