Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya!, Ini 5 Dampak Serius Kurang Minum Air Putih

 


Minum air putih memang kadang terlihat sebagai hal yang sepele. Akan tetapi jika kurang minum air putih bisa menimbulkan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Hal itu dikarenakan tubuh kita memang selalu membutuhkan kadang cairan yang cukup. Maka dari itu jika dirasa kurang tentu saja ada beberapa bagian tubuh kita yang tidak bekerja secara maksimal.

Seruan untuk minum air putih yang cukup pasti pernah Anda dengar di beberapa tempat. Misalkan saja saat sakirt dan berobat ke dokter. Memang segitu pentingnya air putih bagi tubuh kita. Dan kita tidak perlu sakit terlebih dahulu baru rajin minum air putih, karena mencegah tetap lebih baik daripada mengobati.

Standar minum air putih sendiri satu hari minimal adalah 1600ml atau 8 gelas sehari. Tapi jika Anda memiliki aktifitas yang cukup sibuk dengan intensitas yang tinggi, tentu saja harus lebih dari itu. Dan jika kita kurang minum air putih dalam keseharian bisa menimbulkan beberapa dampak buruk sebagai berikut :

1. Kurang Air Putih Dapat Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dampak yang pertama kali ketika seseorang kurang minuma air putih adalah kekebalan tubuh yang menurun. Hal ini juga disebabkan karena zat di dalam tubuh sangat kurang cairan. Dan juga berdampak pada penyebaran zat dalam tubuh yang tidak maksimal.

Selain itu produksi urine yang tidak maksimal tentu saja mengakibatkan detoksifikasi zat-zat yang tidak diperlukan tubuh akan terhambat dan menjadi penumpukan. Dari situ juga tubuh akan mengandung banyak zat yang tidak baik sehingga mudah terserang penyakit alias imunitas rendah.

2. Beresiko Dampak Buruk Pada Persendian

Kalau Anda merupakan orang yang bekerja keras misalkan berhubungan dengan angkat beban berat, maka minum air putih cukup menjadi sangat penting. Karena dengan begitu sendi kita akan memiliki energi dari asupan cairan yang cukup.

Ini juga berlaku untuk Anda yang bekerja dengan posisi menetap terlalu lama. Misalkan saja duduk terlalu lama, atau berdiri terlalu lama. Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan air putih karena memang persendian saat itu bekerja secara tegang dalam waktu yang lama.

Dampak yang sering terjadi biasanya adalah piggang mudah sakit dan juga persendian lain mudah sakit apabila kurang minum air putih.

3. Menurunnya Energi dan Fokus

Selanjutnya adalah menurunnya energi dan juga fokus merupakan dampak buruk dari kurang minum air putih. Banyak riset yang sudah membuktikan bahwa minum air putih yang cukup akan meningkatkan kadar ion dalam tubuh, kemudian berdampak pada kinerja otak yang lebih maksimal.

Makanya tidak heran jika seseorang mengalami gelisah, pikiran tidak tenang jika minum air putih akan menjadi lebih baik.

4. Memicu Kenaikan Kadar Kolesterol

Selanjutnya hal ini juga bisa memberikan dampak yang cukup buruk yakni memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan proses pencernaan nutrisi dalam tubuh kita menjadi terlambat. Akhirnya pemprosesan kebutuhan nutrisi telat dan memicu naiknya kadar kolesterol.

Kenaikan kadar kolesterol bukan suatu hal yang bisa kita sepelekan begitu saja karena bisa memberikan dampak memicu berbagai macam penyakit kronis.

5. Memicu Penyakit Batu Ginjal

Di saat asupan air putih dalam tubuh kita cukup, maka pembuangan urine akan maksimal. Namun jika kita kekurangan maka akan menyisakan banyak batu ginjal yang tidak dikeluarkan secara maksimal. Dalam hal ini penumpukan batu ginjal akan berdampak pada tersumbatnya kandung kemih dan lagi-lagi bisa memicu penyakit.

Sebuah hal yang sebenarnya sepele, namun dampak dari seseorang yang malas minum air putih ternyata luar biasa. Maka dari itu kita perlu membudidayakan dan membiasakan diri kita untuk minum air putih yang cukup setiap hari.

Tipsnya adalah pastikan ketersediaan air putih di dekat kita selalu terpenuhi. Kemudian letakkan air putih entah itu botol, gelas, atau gallon di dekat area kerja kita. Dengan begitu kita bisa dengan mudah terus minum air putih dan tidak akan kekurangan tentunya. Kebiasaan yang simpel ini kalau kita mau rutin melakukannya sama dengan menjaga tubuh kita tetap sehat sepanjang waktu.

Demikian penjelasan dari saya mengenai dampak buruk kurang minum air putih dalam keseharian. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Bahaya!, Ini 5 Dampak Serius Kurang Minum Air Putih"