Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapakah Pemimpin Itu?

 


Siapakah Pemimpin Itu? Mungkin sudah banyak yang mendengar dan akrab dengan istilah ini. Pemimpin merupakan figur sentral dalam kelompok, sesuai dengan posisi yang ditempatinya maka dia memegang peranan penting dalam mengatur kelangsungan hidup kelompok. Misalnya, membina hubungan antar pribadi, menciptakan suasana harmonis, mengatasi ketegangan dan konflik.

Pemimpin menurut dunia Hewan selalu berjalan paling depan serta memberikan arah kepada pengikutnya. Pemimpin menurut dunia anak-­anak baik di lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan di luar sekolah adalah anak yang menonjol mengatur teman sebayanva.

Akibatnya, terbentuklah "gang" pada remaja dan mereka mempunyai pemimpin dengan ciri sendiri. Demikian juga dalam dunia mahasiswa, terdapat pula tokoh mahasiswa yang dianggap sebagai pemimpin dengan ciri yang sesuai dengan latar belakang perguruan tinggi yang bersangkutan.

Pemimpin juga ditemui dalam dunia politik dan meliter. Jadi bidang apapun di dunia ini, memerlukan pemimpin yang akan memimpin kelompoknya dan masyarakatnya.

Ada juga istilah bahwa pemimpin itu adalah pengembala, setiap pengembala akan ditanya perilaku gembalaannya. Hal ini membuktikan, bahwa seorang pemimpin akan selalu mempunyai beban untuk dipertanggungjawabkan.

Pemimpin ini lebih banyak bekerja dibanding berbicara, lebih banyak memberikan contoh yang baik dalam kehidupannya. Berbicara dengan bukti dan lebih banyak berorientasi pada bawahan serta mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan diri sendiri.

Penjelasan di atas menyatakan ada dua pihak, yaitu pemimpin dan yang dipimpin atau bawahan. Yang dipimpin adalah orang yang mengikuti dan menjadi bawahan dari yang memimpin, sedang yang memimpin disebut pemimpin.

Walaupun aktivitas yang dipimpin dan yang memimpin merupakan dua macam kegiatan yang berbeda, namun kedua hal tersebut perlu dipelajari bersama agar pemimpin dapat menjadi pemimpin dan penuntun yang baik, dan para pengikutnya bisa menjadi pihak terpimpin yang baik pula.

Perkataan pemimpin (leader) mempunyai bermacam pengertian. Beberapa devinisi dapat diutarakan sebagai berikut:

  1. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khusus, khususnya kecakapan kelebihan dalam satu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
  2. Henry Pratt Fairchild mengartikan pemimpin sebagai seseorang yang memimpin dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, menunjukkan, mengorganisir atau mengontrol usaha orang lain atau melalui prestise, kekuasaan atau posisi. Dalam pengertian yang tidak terbatas, pemimpin ialah seorang yang membimbing memimpin dengan bantuan kualitas persuasifnya dan akseptansinya.
  3. John Gage Allee menyatakan bahwa: Leader... a guide; a condustor; a commander (pemimpin itu adalah pemandu, penunjuk, penuntun dan komandan).
  4. Pemimpin adalah kepala aktual dari organisasi partai di Kota, Dusun atau subdivisi lainnya. Sekalipun dia secara nominal dipilih secara langsung atau tidak langsung oleh pemilih, secara aktual dia sering dipilih oleh suatu klik kecil atau oleh supervisor partai.

 

Jadi, pemimpin adalah seorang yang memiliki kelebihan sehingga dia mempunyai kekuasaan dan kewibawaan untuk mengarahkan dan membimbing bawahan, juga men­dapatkan pengakuan serta dukungan dari bawahannya, memiliki kecakapan khusus, dengan atau tanpa pengangkatan resmi, sehingga dapat menggerakkan bawahan untuk melakukan usaha bersama ke arah pen­capaian tujuan tertentu.

Posting Komentar untuk "Siapakah Pemimpin Itu?"