Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendekatan Tentang Teori Munculnya Pemimpin

 


Ada beberapa teori yang menyatakan munculnya pemimpin. Teori yang paling umum tentang munculnya seorang pemimpin yang paling umum ada tiga, yaitu: Teori Genetis, Teori Sosial, dan Teori Ekologis.

 

Teori Genetis Munculnya Pemimpin

Teori ini berpangkal pada suatu ajaran bahwa bakat Kepemimpinan itu telah ada sejak ia dilahirkan. Sebagaimana pendapat yang mengatakan bahwa "Kepemimpinan adalah tidak dapat dibentuk, tetapi karena dilahirkan" (Leaders are born and not made). Ajaran ini berpendapat bahwa orang yang dilahirkan men­jadi pemimpin ini telah mempunyai bakat yang terdapat pada pribadinya, mental­nya, bahkan fisiknya. Dalam keadaan ini ia telah ditakdirkan menjadi pemimpin dan kelak keturunannya akan timbul pula sebagai pemimpin.

 

Teori Sosial Munculnya Pemimpin

Teori ini berasal dari suatu ajaran bahwa bakat kepemimpinan sese­orang itu dapat dibentuk sesuai dengan jiwa seseorang. Oleh karena itu ajaran ini tidak sependapat dengan teori keturunan yang berpendapat bakat kepemimpinan itu diperoleh karena dilahirkan. Adapun pokok ajaran ini berpendapat bahwa kepemimpinan dapat dibentuk, bukan karena dilahirkan (Leaders are made and not born). Serdasarkan atas teori sosial ini seseorang dapat menjadi pemimpin apa­bila diberikan pendidikan dan pengalaman yang cukup.

 

Teori Ekologis Munculnya Pemimpin

Teori ini menyatakan bahwa seseorang akan berhasil menjadi pemimpin yang baik apabila pada waktu lahirnya telah memiliki bakat kepemimpinan. Bakat inilah kemudian yang dikembangkan melalui pendidikan yang teratur dan pengalaman yang memungkinkannya untuk mengembangkan lebih lanjut bakat yang telah dimiliki itu.

Teori ini menggabungkan segi positif kedua teori di atas, yaitu teori genetis dan teori sosial. Oleh karena itu teori teori ekologis munculnya pemimpin dapat dikatakan sebagai teori yang paling mendekati kebenaran. Namun demikian, penyelidikan yang lebih mendalam masih diperlukan untuk dapat mengatakan secara pasti faktor apa yang menyebabkan seseorang timbul sebagai pemimpin yang baik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pendekatan tentang teori munculnya pemimpin. Semoga bisa membantu Anda yang sedang mulai belajar tentang kepemimpinan. Teori-teori ini juga kadang disebut dengan teori timbulnya pemimpin atau terbentuknya pemimpin. Selamat Belajar......

 

Posting Komentar untuk "Pendekatan Tentang Teori Munculnya Pemimpin"