Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

 


Masker dalam dunia kecantikan memegang peranan penting untuk menjaga kondisi wajah. Kita perlu mengetahui jenis masker wajah dan fungsinya agar mendapatkan hasil sesuai kebutuhan.

Setiap jenis masker memiliki manfaat yang berbeda tergantung komposisi bahan yang digunakan. Kita harus pandai-pandai memilih masker yang sesuai kebutuhan kulit kita.

Untuk mendapatkan wajah yang cantik kita harus telaten melakukan perawatan. Seperti mencuci muka, kemudian di ikuti dengan memakai masker.

Di artikel ini akan di ulas lengkap jenis-jenis masker dan kegunaannya

A.      Sheet Mask

Berbentuk Lembaran tipis berbahan tissue. Disertai lubang dibagian mata, hidung dan mulut. Masker ini cocok untuk digunakan bagi anda yang mempunyai tipe wajah kering.

Cara pakainya sangat mudah. Caranya tutupi wajahmu dengan Sheet Mask selama 15-20 Menit agar semua kandungannya dapat efektif diserap kulit.

Karena Sheet Mask terdapat kandungan serum. Kita bisa mengoleskan sisa cairan sehabis memasker wajah ke bagian tubuh lainnya seperti leher dan tangan.

Serum yang terkandung dimasker ini bermanfaat untuk melembabkan kulit. Kamu juga tidak perlu membilas muka setelah menggunakan sheet mask. Karena kandungan serumnya ini.

B.      Clay Mask

Masker ini terbuat dari bahan indentik lumpur. Tersusun dari kapling dan bentonite. Yang berfungsi sangat baik dalam menyerap sisa kotoran wajah.

Clay mask cocok bagi pemilik kulit wajah berminyak dan normal. Untuk cara pakainya sahabat cuci muka dulu, kemudian oleskan clay mask ke bagian wajah, dan tunggu hingga kering.

Teman-teman bisa membersihkan maskernya dengan handuk atau sponge wajah. Yang sudah dibasahi air hangat.

Clay mask punya banyak manfaat seperti: efektif membersihkan minyak, menghilangkan sel kulit mati dan mencegah jerawat. Tapi masker tidak disarankan dipakai untuk teman yang memiliki wajah kering.

C.      Mud mask

Masker yang berjenis lumpur yang terbuat dari mineral seperti abu vulkanik dan lumpur laut. Hampir mirip dengan clay mask.

Namun mud mask lebih efektif menyerap kotoran dan minyak berlebih dan cocok untuk semua jenis kulit.

Cara pemakaiannya mudah: pertama cuci muka dulu, pakailah mud masker ke seluruh bagian muka, dan tunggu hingga kering.

Mud mask ini lebih bersifat melembabkan kulit kalau clay mask berfungsi menyerap minyak berlebih.

D.      Peel of Mask

Masker ini berbentuk krim. Dan efektif untuk membersihkan wajah dari jerawat dan komedo membandel. Pemakaiannya juga simpel. Karena bentuknya krim cukup dioleskan saja ke muka.

Biasanya masker ini mengering dalam beberapa menit dan akan berubah teksturnya mirip seperti karet elastis.

Peel of mask memiliki daya rekat yang kuat bila dibanding masker. Oleh karenanya efektif mengangkat jerawat bandel dan sejenisnya.

Namun masker ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif. Karena waktu proses pengelupasan akan membuat kulit memerah dan perih.

E.       Wash Of Mask

Masker ini bisa berbentuk bubuk, krim atau gel. Seusai namanya masker ini baru dipakai sebelum kita membasuh muka dengan air panas. Cara pakainya cukup dioles/ditaburkan kebagian muka.

Perhatikan komposisi masker sebelum memakainya. Jika wajahmu bertipe kulit berminyak. Cari masker yang berkomposisi asam glikolat, asam salisilat, sulfur dan Charcoal.

Sementara jika kamu bertipe kulit kering cari yang berkomposisi asam hyaluronic, lidah buaya dan Shea butter.

F.       Exfoliating Mask

Masker ini terbuat dari campuran bahan alami dan kimia seperti: Retinol, asam laktat, BHA, AHA. Untuk bahan alaminya adalah oat, kopi dan sebagainya.

Exfoliating Mask difokuskan untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati. Dan pemakainya kurang lebih sama dengan masker lain. Tidak disarankan digunakan untuk kamu yang punya tipe kulit wajah sensitif karena dapat memicu iritasi.

G.      Sleeping mask

Jenis masker yang populer di Korea. Berbentuk gel dan penggunaanya dilakukan sebelum tidur dengan mengoleskannya ke bagian muka. Dan baru dibersihkan setelah tidur.

Masker ini bisa melembabkan kulit dan menjaganya tetap segar. Ini juga jadi salah satu rahasia kecantikan orang Korea.

Itu tadi adalah jenis-jenis masker wajah dan fungsinya yang bisa jadi referensi sebelum memilih masker yang sesuai tipe kulit kita.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Jenis Masker Wajah dan Fungsinya"