Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Dalam Menjalankan Usahanya


Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Dalam Menjalankan Usahanya - Setelah sebelumnya saya menulis tentang sikap yang harus dimiliki wirausaha, kini saya akan  membahas berbagai faktor penyebab kegagalan wirausaha dalam menjalankan usahanya.

Seperti yang kita tahu, dalam menjalankan usaha tidak sepenuhnya akan berhasil, seorang wirausaha dapat gagal juga mengalami kegagalan akibat berbagai faktor.

Berikut inilah beberapa faktor tersebut yang menyebabkan seorang wirausaha gagal :

1. Rencana Tidak Sesuai Kenyataan


Seorang Wirausaha tidak boleh membuat rencana secara asal-asalan. Mereka harus membuat rencana tersebut dengan baik dan persiapan yang matang.

Analisis lah dampak yang akan terjadi terhadap rencana yang telah dibuat wirausaha. Apabila wirausaha tidak membuat rencana melalui persiapan yang matang pasti hasilnya tidak sesuai kenyataan. 

2. Banyak Teori Tanpa Pelaksanaan


Memang wirausaha rata-rata suka membuat berbagai teori ataupun rencana kedepannya. Tetapi tidak sedikit juga diantara mereka yang hanya banyak teori tetapi tidak dilaksanakan penerapannya.

Sehingga usaha yang telah dijalankan menjadi tidak terfokus dan akhirnya tutup usaha.

3. Tidak Melakukan Riset Pasar 


Seorang wirausaha yang tidak melakukan riset pasar terhadap usahanya dapat membuat usaha yang telah dijalankan tidak akan bertahan lama.

Kenapa ? Karena melalui riset pasar , seorang wirausaha dapat mengetahui hal yang disukai konsumen maupun melihat kompetitor.

Jika hal itu tidak dilakukan tentunya usahanya akan sepi pengunjung karena tidak dapat membaca pikiran yang disukai konsumen.

4. Kurangnya Kreatif Dan Inovatif 


Semakin berkembang nya zaman makan semakin bervariatif lah usaha yang ada. Apabila seorang wirausaha tidak memiliki sikap kreatif dan inovatif maka usahanya akan mudah tergerus majunya perkembangan zaman.

5. Mudah Merasa Puas Dan Tidak Bisa Memanajemen 


Kata sukses dalam berwirausaha memanglah sangat menyenangkan. Usaha yang telah dijalankan selama ini tidak sia-sia karena puncak keberhasilan telah didapatkan.

Tetapi banyak wirausaha yang tidak tahu kalau itu bisa menjadi cobaan bagi wirausaha. Apakah kamu tau kenapa ? Itu karena dia akan merasa puas sehingga cepat menghabiskan hasilnya secara tidak terkendali tanpa manajemen yang baik dan berdampak usahanya tidak ada modal lagi. 

Ujung-ujungnya apabila sudah seperti itu ialah usahanya akan jatuh.

6. Kurang Kerja Keras


Apapun yang dikerjakan apabila tidak dilakukan secara sungguh-sungguh hasilnya pasti tidak maksimal. Sama seperti halnya dalam berwirausaha, dalam menjalankan usaha harus diniati dari hati dan dilaksanakan dengan penuh semangat.

7. Pemasaran Yang Tidak Berhasil


Apabila seorang wirausaha telah berhasil membuat sebuah produk, tetapi karena pemasaran yang buruk dapat membuat produkmu gagal total karena tidak adanya konsumen yang minat produkmu.

8. Kurangnya Koneksi Dengan Usaha Lainnya


Seorang wirausaha juga memerlukan koneksi dengan usaha yang lainnya. Karena melalui koneksi tersebut dapat menambah pengalaman wirausaha maupun berkerja sama untuk  membangun usaha yang dijalankan masing-masing.

Semakin banyak koneksi antar wirausaha dapat membuat usaha menjadi terkenal dan kokoh.

Sebaliknya apabila seorang wirausaha tidak memiliki koneksi apapun dapat membuat wirausaha tersebut mudah bosan dan jenuh yang dapat menjadikan usahanya gagal.

Penutup


Itulah pembahasan kali ini mengenai penyebab gagalnya berwirausaha dalam menjalankan usahanya.

Semoga melalui artikel ini dapat membuat wirausaha menjadi tetap semangat karena telah mengetahui penyebab kegagalan wirausaha tersebut.

Jadikan pembelajaran setiap kesahalan yang telah diperbuat, bukan menyerah jalan terbaik, tetapi bangkit dan berjuang demi mencapai kesuksesan.

Jatuh lalu bangkit lagi, itulah mental seorang wirausaha.

Posting Komentar untuk "Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Dalam Menjalankan Usahanya "