Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alasan Mengapa Wikipedia Tidak Memasang Iklan, WAJIB BACA !


Sumber foto : Wikipedia


 Teman-teman pasti sudah pada tahu kan, ensiklopedia bebas yang bernama Wikipedia ini. Ya, Wikipedia ini merupakan sebuah situs gudangnya berbagai pengetahuan, sejarah, biografi, dll.

Sejarah Wikipedia

Wikipedia pertama kali muncul pada 15 Januari 2001 dan oleh Jimmy Walles dan Lary Sanger. Sebelum nama Wikipedia hadir, Nupedia yang juga didirikan oleh orang yang sama dan memiliki fungsi yang sama yaitu Ensiklopedia Bebas. Jadi singkat cerita Wikipedia awalnya dibuat untuk menjadi pengembangan serta melengkapkan pengetahuan yang ada di Nupedia.

Penulis dan Kontributor Wikipedia

SItus Wikipedia ini telah menghadirkan berbagai bahasa yang ada di dunia serta para penulis sukarela yang meluangkan waktu sebagai kontribusi terhadap Wikipedia.


Para kontributor ini sengaja tidak diketahui namanya alias anonim dikarenakan ikhlasnya memberi pengetahuan secara gratis dan juga para penulis atau kontributor ini jumlahnya sangat banyak, dan tidak terhitung.

Walaupun dapat digunakan secara gratis, bukan berarti Wikipedia memberi informasi yang salah atau abal-abal , semua informasi ataupun pengetahuan yang ada di Wikipedia ini sangat akurat dan terpercaya lho.

Wikipedia tidak ada iklan karena ?

Dengan ribuan bahkan jutaan artikel yang ada di Wikipedia tidak pernah ditemukan iklan sedikitpun, hal ini dikarenakan pengetahuan itu jauh lebih penting dibandingkan dengan uang.


Pendapatan Wikipedia

Wikipedia mengandalkan donasi dari berbagai belahan dunia  sebagai pendapatan mereka.


Donasi tersebut digunakan untuk apa ?

Donasi tersebut tentu tidak untuk membayar para sukarelawan, tetapi untuk digunakan supaya server tetap stabil karena banyaknya pengunjung dan tetap bisa di akses.

Alasan orang donasi ke Wikipedia

Menurut saya, hal itu dikarenakan sebagai tanda terima kasih kepada Wikipedia yang telah memberikan beragam ilmu pengetahuan secara gratis. Tentu saja yang namanya pengetahuan itu penting ditanamkan didalam diri kita.

Penutup

Dengan hadirnya Wikipedia , kita akan mudah menerima informasi yang akurat dan diakses secara daring. Walaupun tidak memegang buku, kita masih dapat menerima ilmu pengetahuan itu dari mana saja.









2 komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Wikipedia Tidak Memasang Iklan, WAJIB BACA !"

  1. Kalau Wikipedia memasang iklan, pasti kaya banget ya si pemiliknya dan para penulisnya mungkin dapat bayaran. Wikipedia memang keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, menurut saya Wikipedia merupakan tempat wawasan umum terbesar di dunia.

      Dan pastinya gratis dinikmati

      Hapus

Posting Komentar