Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Kulit Semangka Yang Bermanfaat

 

Kulit Semangka Yang Bermanfaat

Kulit Semangka Yang Bermanfaat - Tuhan menciptakan alam ini tidaklah dengan kesia-siaan. Apapun yang diciptaka-Nya adalah mengandung kemanfaatan bagi manusia. Hanya, kita saja yang terkadang belum menemukan manfaatnya sehingga kita mengatakan bahwa sebuah ciptaan sangatlah tidak bermanfaat.

Demikian halnya dengan penciptaan Allah yang berupa semangka. Kita melihat sisi manfaat semangka hanya pada bagian tengahnya atau dagingnya, yaitu  untuk menghilangkan dahaga. Padahal ada sisi lain yang lebih bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan.

Sisi lain yang mengandung  zat anti oksidan adalah bagian lapisan putih dekat kulit luar (Citrullus Vulgaris Schrad) yang sering dibuang ketika bagian merahnya telah habis dimakan. Pada bagian putih tersebut sebenarnya mengandung zat antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan kulit.

Lapisan putih kulit semangka banyak mengandung zat sitrulin. Sitrulin inilah salah satu zat antioksidan yang berguna bagi kesehatan kulit kita.

Pemanfaatan lapisan putih kulit semangka dapat dengan mengolahnya sehingga menjadi masker untuk wajah dan kulit. Pemilihan lapisan putih kulit semangka sebagai bahan dasar pembuatan masker adalah sangat tepat karena banyak sisi poisitifnya:

1.      mudah dijumpai di banyak daerah di Indonesia

2.      harganya murah dan terjangkau

3.      efektif melembutkan kulit dan membuka pori-pori kulit

4.      menjaga kelembaban dan kehalusan kulit

5.      dan mengangkat sel-sel kulit mati

Beberapa mahasiswa telah melakukan penelitian terhadap manfaat lapisan putih kulit semangka yang banyak terbuang menjadi limbah setelah dagingnya dikonsumsi. Mahasiswa-mahasiswa yang melakukan riset tersebut adalah Laila, Hesty Kusumastuti, Galih Dian Setyaningrum, dan Niken Istikhari Muslihah. Mereka adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia dan Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dari hasil penelitiannya, ternyata pada bagian putih semangka tersebut banyak mengandung zat Sitrulin sebagaimana tersebut di atas. Karena sifatnya yang antioksidan dan baik untuk kulit maka dapat dimanfaatkan untuk masker atau lulur kulit.

Menurut para mahasiswa peneliti tersebut, penggunaan masker dari buah (kulit semangka), merupakan salah satu cara mengembalikan wajah agar kembali segar dan bercahaya. Manfaat lainnya adalah juga membuka pori-pori yang tersumbat karena kotoran, debu maupun sisa kosmetik yang sulit hilang oleh pembersih biasa.

Apabila Anda menghendaki mengembalikan kelembaban dan kehalusan kulit serta menggantikan sel-sel kulit yang sudah mati atau membuat otot-otot di wajah tetap rileks dan santai maka gunakan masker yang terbuat dari lapisan putih kulit semangka tadi.

Demikian informasi ringan tentang kulit semangka yang bermanfat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Kulit Semangka Yang Bermanfaat"