Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Fungsi Kelenjar Tiroid, Tidak Banyak yang Tahu !

Fungsi Kelenjar Tiroid, Tidak Banyak yang Tahu !

 Kelenjar tiroid, yang terbesar dari kelenjar endokrin, yang terletak di leher tepat di bawah kartilago tiroid laring. Ini terdiri dari dua lobus, satu di kedua sisi trakea, bergabung dengan sebuah band sempit atau isthmus. Hal ini terdiri dari berbagai folikel berbentuk bola berongga kecil, kelompok diselingi sel parafollicular.

Sel-sel folikel konsentrat dan menempelkan yodium ke tirosin asam amino, menghasilkan dua bentuk hormon tiroid (TH): tiroksin atau tetraiodothyronine (T 4), dan jumlah yang lebih kecil dari triiodothyronine (T3). Industri dan pelepasan hormon ini dalam darah diatur oleh thyroid stimulating hormone, TSH, dari kelenjar pituitari.

Efek utama dari TH adalah untuk merangsang aktivitas enzim yang terlibat dalam produksi energi melalui oksidasi (pembakaran) dari glukosa, sehingga meningkatkan tingkat metabolisme basal. Efek samping dari peningkatan aktivitas ini adalah produksi panas tubuh.

Aktivitas berlebih dari kelenjar tiroid, yang disebut hipertiroidisme, menyebabkan tingkat tinggi metabolisme, gugup, dan penurunan berat badan. Bentuk yang paling umum dari hipertiroid, penyakit Graves, adalah penyakit autoimun; disertai dengan pembengkakan tiroid (gondok) dan mata melotot (exophthalmos).

Hipotiroidisme dewasa, atau tiroid kurang aktif, menyebabkan myxedema, ditandai dengan menurunnya tingkat metabolisme, kelesuan, dan berat badan. Konsekuensi tambahan tingkat TH rendah pada bayi yang terhambat pertumbuhan dan kerusakan otak ireversibel.

Hipotiroidisme akibat asupan yodium rendah, sehingga mengakibatkan pembuatan TH rendah, menghasilkan pembesaran kelenjar tiroid yang disebut gondok endemik. TSH bertanggung jawab untuk pembesaran ini.

Sel Parafollicular memproduksi hormon kalsitonin, yang menurunkan kadar kalsium darah dengan menekan aktivitas sel-sel tulang osteoklas menghancurkan disebut, dan merangsang penyerapan kalsium oleh tulang.

Calcitonin penting pada anak-anak, di mana tulang tumbuh secara terus-menerus direnovasi. Ini memiliki pengaruh yang kecil pada kerangka orang dewasa normal, tetapi dapat ditentukan dalam bentuk semprot hidung untuk membantu mengurangi kerusakan tulang pada osteoporosis. Parathormon, yang diproduksi oleh kelenjar paratiroid, telah melawan efek pada kadar kalsium darah.

Itulah fungsi penting dari kelenjar tiroid yang tidak banyak orang tahu. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Fungsi Kelenjar Tiroid, Tidak Banyak yang Tahu !"