Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Rekomendasi Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Tuberkulosis

 Rekomendasi Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Tuberkulosis





Salah satu penyakit fatal apabila tidak kunjung ditangani adalah Tuberkulosis. Resikonya lebih besar daripada batuk pada umumnya.  TBC berasal dari Infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang organ pernafasan seperti tenggorokan hingga paru-paru. Tuberkulosis juga bisa menyebar pada orang disekitar penderita.


Ciri-ciri umum penderita TBC adalah Batuk dalam jangka waktu lama juga diikuti Demam dan keluarnya Darah. Penggunaan Antibiotik mungkin disarankan oleh Dokter, agar lebih optimal bisa dikombinasikan dengan makanan sehat yang akan kami rekomendasikan berikut ini:


Biji-bijian Utuh


Biji-bijian Utuh sangat bagus bagi penderita Tuberkulosis. Makanan seperti bijih gandum dan kacang-kacangan memiliki kandungan gizi kompleks, yang berperan penting untuk meningkatkan Metabolisme dan ketahanan Tubuh penderita TBC.


Biji-bijian Utuh diketahui memiliki serat tinggi sehingga mampu menyerap racun yang berakibat fatal pada tubuh.


Makanan Sumber Energi


Penderita TBC sangat butuh asupan gizi Alami dan sumber energi agar mempercepat proses penyembuhan. Untuk buah disarankan untuk mengonsumsi pisang karena memiliki kandungan gizi seperti Vitamin B6, Karbon dan Kalium. Penderita TBC juga perlu asupan karbohidrat yang bisa didapatkan dari Nasi dan Oatmeal yang kaya akan serat, Zat Besi dan Vitamin B.


Sayuran dan Buah-buahan


Tuberkulosis bisa juga disebabkan oleh faktor luar seperti Radikal Bebas, untuk meminimalisir hal tersebut tubuh perlu sebuah proteksi yang bisa didapatkan dari memakan sayur dan buah-buahan. Untuk sayuran bisa mengkonsumsi bayam, sawi dan brokoli, sementara untuk buah-buahan bisa berupa Pisang, pepaya, dan Mangga.


Konsumsi secara berkala akan meningkatkan sistem imun tubuh dan memangkas penyebaran bakteri Tuberkulosis pada organ vital tubuh.


Hasil Olahan Susu


Untuk penderita Tuberkulosis jangan sembarang memilih susu, Hindari susu mentah karena masih ada resiko tercemar bakteri jahat. Solusi adalah memiliki susu UHT yang sudah melalui tahap filterisasi. Sehingga susu tersebut aman untuk dikonsumsi.


Susu UHT diketahui bagus untuk meningkatkan kekuatan tulang, mencegah pelemahan imun dan mempercepat penyembuhan gejala TBC.


Makanan Kaya Protein


Pastikan kadar asupan protein tercukupi untuk melawan infeksi TBC. Baik Protein Nabati maupun Hewani sama-sama penting. Contohnya adalah daging ayam, Telur, Tahu dan Tempe. Sumber makanan yang mudah didapat dan Terjangkau namun mempunyai peran besar untuk proses penyembuhan Penyakit. Protein juga memperkuat Fungsi organ-organ vital yang sebelumnya terinfeksi bakteri.



Makanan Bermineral Tinggi


Sumber makanan seperti biji wijen, jamur tiram dan kacang bagus untuk mengobati Tuberkulosis karena mempunyai kadar mineral seperti zat besi, selenium dan kalium. TBC yang bisa berlari dalam waktu lama tentu bisa melemahkan sistem tubuh, dan cara yang tepat untuk menghindarinya adalah mengkonsumsi makanan Bermineral Tinggi.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Tuberkulosis"