Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pentingnya Mengetahui Penyebab Haid Tidak Lancar

 

Pentingnya Mengetahui Penyebab Haid Tidak Lancar

Setiap wanita pasti akan mengalami haid atau menstruasi pada setiap bulannya. Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina. Nah, nyeri haid dan haid tidak lancar adalah masalah yang paling sering dialami oleh para wanita.

Siklus haid yang lancar setiap bulannya tidak sama pada setiap wanita, karena siklus tiap wanita berbeda-beda. Biasanya siklus menstruasi akan berlangsung selama kurang lebih 28 hari dan ada juga yang hanya berlangsung hanya 21 hari atau sekitar 3 minggu atau bahkan juga bisa mencapai 40 hari. Hal tersebut masih dianggap normal jika dalam sebulannya itu tetap mengalami haid.

Setiap wanita perlu memahami dan mengetahui kapan haid datang agar tahu haid bersifat normal, terlambat, atau tidak haid. Terlambat haid mungkin disebabkan oleh kehamilan, atau adanya suatu penyakit, memberikan suatu isyarat atau tanda di tubuh ada sesuatu yang tidak normal.

Mengetahui kapan haid akan datang, selain agar mengetahui haid tersebut teratur, atau bisa juga dilakukan dengan menghitung kapan masa subur, dan juga menghitung kapan anak lahir jika memang benar hamil. Masalah haid yang tidak teratur merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak wanita dewasa. Haid yang tidak teratur juga tidak jarang menyebabkan nyeri haid.

 

Beberapa Penyebab Haid Tidak Lancar

Masalah haid yang tidak lancar memang merupakan salah satu hal yang mengganggu bagi para wanita. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan dari terjadinya masalah haid tidak lancar tersebut. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa mengakibatkan dari terjadinya haid tidak teratur:

1. Kurang Paham Siklus Haid

Siklus haid yang normal biasanya akan terjadi dengan teratur. Dan lamanya pendarahan menstruasi biasanya akan terjadi bervariasi dari 2-7 hari dengan interval sekitar 2 siklus atau waktu diantara periode pertama dan juga periode yang selanjutnya sekitar 28 hari. Biasanya darah yang keluar adalah sekitar 6o-8o ml. Jadi, jika ada suatu hal yang menyimpang dari hal di atas, maka hal ini bisa dianggap sebagai masalah pada haid.

2. Stress

Stress adalah penyakit yang di akibatkan dari masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan baik. Biasanya masalah tersebut terjadi karena faktor pekerjaan, pertemanan, ekonomi dan rumah tangga. Apabila seseorang mengalami stress dan tidak kuat menanganinya, akan menyebabkan depresi. Untuk itu cepatlah cari solusinya, sharing atau konsultasi, bisa juga dengan berlibur ke suatu tempat yang membuat otak dan hati menjadi segar dan tenang. Madu adalah salah satu obat yang paling cocok untuk di gunakan. Stress ini akan berdampak negatif pada siklus haid yang menjadi tidak teratur.

3. Ketidakseimbangan Hormon

Memang hormon pada seseorang berbeda beda. Bagi hormon yang tidak seimbang itu bisa mengakibatkan sesuatu. Contohnya seperti siklus haid tidak teratur pada wanita. Untuk membenahi komposisi hormon sebaiknya periksa ke dokter, mulailah menjaga pola makan dan mengubah pola hidup dengan baik dan benar.

4. Alat Kontrasepsi

Penyebab haid tidak lancar lainnya adalah akibat dari penggunaan alat kontrasepsi. Berbagai bentuk kontrasepsi yang juga bisa menyebabkan haid tidak lancar. Penggunaan dari pil KB juga bisa menyebabkan pendarahan saat haid menjadi lebih sedikit dan bahkan bisa sebaliknya. Pemberian dari alat kontrasepsi dalam bentuk suntikan setelah melahirkan juga bisa mengakibatkan terjadinya masalah haid tidak teratur.

5. Obesitas

Kenaikan berat badan yang terjadi dengan signifikan bisa mengakibatkan haid tidak lancar. Masalah obesitas atau kenaikan berat badan menunjukkan adanya suatu gangguan tiroid. Dan gangguan tiroid yang terjadi pada wanita biasanya bisa mengakibatkan siklus haid menjadi tidak lancar, mengalami kelelahan dan lainnya. Berat badan yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu tanda adanya suatu penyakit ovariu polikistik. Dan kemungkinan juga membutuhkan pengobatan lebih lanjut.

6. Kelenjar Tiroid

Penyakit kelenjar tiroid adalah suatu penyakit yang mengganggu pada bagian leher. Penyebab nyeri haid dan siklus haid tidak teratur pada wanita juga bisa di sebabkan oleh tiroid ini. Hal ini ada kaitannya dengan ketidak-seimbangan hormon di atas.

7. Pola Hidup Sehari-hari

Dalam menjalani kehidupan sehari harinya, setiap wanita harus menjalani dengan baik. baik itu dapat di artikan dalam mengonsumsi makanan dan aktivitas yang di terapkan seimbang. dan memperhatikan pola makan. Kebanyakan, kita memakan makanan dengan sembarangan tanpa memikirkan untuk ke depannya. Karena jika pola hidup dengan tidak sehat bisa mengakibatkan siklus haid tidak teratur pada wanita. Jenis makan yang harus di hindarkan adalah gorengan dan makanan yang berlemak dan berkolesterol. Dan juga berolahraga secukupnya jangan berlebihan. itulah contoh pola hidup yang benar.

8. Kehamilan dan Melahirkan

Hal ini merupakan hal yang sering menyebabkan masalah haid tidak lancar dan tidak teratur untuk usia reproduksi yang berhubungan dengan kehamilan. Dan jika periode haid ini terlewati, maka tes kehamilan bisa dilakukan untuk menjadi suatu keharusan.

Terkadang kehamilan juga terjadi pada wanita yang mengalami masa perimenopause. Dan sementara jika pendarahan yang bisa melewati dari batas waktu, dan bisa saja hal tersebut merupakan salah penyebab terjadinya kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Selain itu, siklus haid yang tidak lancar adalah salah satu hal penyebab umum dari terjadinya setelah melahirkan. Dan sementara itu menyusui akan mengakibatkan waktu dari menstruasi menjadi terhambat. Hal ini merupakan salah satu hal yang normal untuk ibu yang sedang menyusui.

9. Periode perimenopause

Siklus haid yang tidak lancar bisa saja terjadi pada periode perimenopause. Dari beberapa perubahan yang terjadi di siklus haid biasanya masih bisa diterima dan tidak membutuhkan pengobatan, sementara itu pendarahan yang berat biasanya akan membutuhkan evaluasi atau pemeriksaan lebih lanjut lagi. Pendarahan setelah mencapai masa menopause adalah salah satu hal yang dianggap tidak normal dan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai pentingnya mengetahui penyebab haid tidak lancar. Semoga bermanfaat bagi Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Mengetahui Penyebab Haid Tidak Lancar"