Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Materi Sosiologi: Interaksi Sosial, Pengertian dan Contohnya

 Materi Sosiologi: Interaksi Sosial, Pengertian dan Contohnya




Kita semua tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Seperti contohnya saat sedang membutuhkan bantuan, seseorang butuh keberadaan orang lain untuk mengatasi solusinya.  Interaksi sosial bisa terjadi antar teman, ayah ibu hingga lingkungan masyarakat.


Lalu apa sih pengertian interaksi sosial yang sebenarnya ? Ini merupakan tindakan yang dilakukan 2 orang atau lebih yang menghasilkan hubungan timbal balik seperti status pertemanan, perbincangan hingga kerjasama diantara masyarakat.


Syarat Terjadinya Interaksi Sosial


Ada 2 syarat yaitu:


Kontak Sosial


Interaksi sosial bisa terjadi karena adanya hubungan antara 2 pihak atau lebih. Kontak ini bisa berlangsung dalam 2 situasi yaitu langsung dan tidak langsung. Kontak langsung dilakukan dengan bertemu secara face to face, sementara kontak tidak langsung menggunakan sarana media seperti handphone, Televisi dan Radio.


Komunikasi


Syarat interaksi sosial yang kedua adalah komunikasi. Ini berbicara soal isi dan maksud pesan yang ingin disampaikan kedua belah pihak.  Komunikasi sendiri juga terbagi menjadi beberapa unsur seperti:


Komunikator: Orang/Pihak yang menyampaikan sebuah pesan


Komunikan: Orang Yang menerima pesan


Pesan: bisa berupa ucapan atau gesture, pertanyaan, pemberian informasi dari komunikator kepada komunikan.


Media: Alat yang digunakan untuk Komunikasi seperti: mulut, surat, dan telepon.


Efek: berupa reaksi yang diberikan komunikan setelah menerima sebuah pesan.


Contoh Interaksi Sosial


  1. Individu dengan Individu


Contohnya Ibu Menyuruh anaknya membeli Minyak Goreng. Interaksi ini mempertemukan 1 individu dengan individu lain. Reaksi yang ditimbulkan bisa positif dan negatif tergantung dengan situasi yang ada.


  1. Individu dengan kelompok


Ini terjadi dengan 1 orang sebagai pengirim pesan dengan kelompok lebih dari 3 orang yang menjadi penerima pesannya. Bentuknya bisa berbagai macam contohnya: kepala sekolah mensosialisasikan bahayanya Narkoba kepada seluruh siswa di aula. Kepala sekolah adalah individu sedangkan murid adalah kelopak. Jenis interaksi sosial ini juga bisa berbentuk promosi dan seminar. 


  1. Interaksi Kelompok dengan kelompok


Jenis interaksi ini mempertemukan kelompok satu dengan kelompok yang lain, biasanya untuk membahas hal-hal yang berkaitan tentang kepentingan orang banyak. Contohnya: polisi dan polri duduk bersama untuk melakukan evakuasi korban longsor. 


Interaksi kelompok dengan kelompok indentik dengan nama pro dan kontra, karena dihuni oleh kepala yang berbeda, diperlukan cara yang lebih khusus agar komunikasi 2 belah pihak menemukan jalan tengah.

Posting Komentar untuk "Materi Sosiologi: Interaksi Sosial, Pengertian dan Contohnya"