Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Makanan-makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

 Makanan-makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat




Asam urat adalah salah satu penyakit yang menyerang persendian, utamanya untuk Golongan Orang lanjut usia. Di Indonesia sendiri juga banyak yang mengalami sakit ini, meskipun bukanlah gejala yang mematikan, asam urat nyatanya menimbulkan gejala inflamasi yang luar biasa dan mengganggu aktivitas penderitanya. Mulai dari rasa panas, kesemutan hingga pembengkakan.


Salah satu faktor pencetus asam urat adalah masakan berpurin tinggi. Purin yang sejatinya bisa diproduksi tubuh sendiri, bila kadarnya terlalu banyak akan mencetuskan penyakit ini:


Berikut ini adalah makanan pantangan bagi penderita asam urat:


Makanan Laut


Seafood seperti udang, cumi dan Tuna memang memiliki protein yang tinggi, dan cocok dikonsumsi oleh orang dalam masa pertumbuhan, namun untuk orang berusia lansia sebaiknya mulai dikurangi. Seafood adalah salah satu makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Purin yang ketika masuk dalam tubuh kemudian terpecah, akan meningkatkan kadar asam urat.


Mengkonsumsi makanan laut tetap boleh tapi jangan dijadikan kebiasaan, imbangi dengan konsumsi sayur-sayuran akan metabolisme berjalan lancar.


Daging Merah


Daging dari binatang sapi dan babi juga sebaiknya dihindari penderita Asam Urat, karena efeknya akan memperparah rasa sakitnya. Kadar kolesterol dan Putin didalam daging merah lebih tinggi dibandingkan dengan daging putih.


Bila ingin mencukupi asupan protein yang aman, penderita bisa mengkonsumsi daging ayam, bebek dan jenis daging putih lain. Bisa juga dengan mengkonsumsi sumber protein nabati: seperti kedelai dan kacang hijau.


Jeroan


Jeroan seperti: otak, usus, dan kikil adalah pencetus terjadinya asam urat. Makanan ini benar-benar tidak bisa ditoleransi untuk penderita asam urat. Kandungan purin dan kolesterol sangat tinggi dan bisa mengakibatkan resiko penyakit yang lebih luas jika dikonsumsi dalam jangka panjang.


Obat-obatan yang harus dihindari penderita Asam Urat


Paling banyak adalah obat dari golongan diuretik seperti furosemide dan hydrochlorothiazide . Obat yang mempercepat produksi urine ini, juga memicu naiknya asam urat secara signifikan.


Makanan Bergula Tinggi


Makanan berfruktosa tinggi seperti permen dan gulali akan sangat cepat diserap oleh tubuh, karena mayoritas dari proses kimia. Fruktosa tinggi juga bisa ditemukan pada minuman bersoda. Proses penyerapan gula yang cepat jelas juga memicu terjadinya asam urat.


Untuk gaya hidup lebih sehat dan terbebas dari asam urat, biasakan untuk minum air putih secara rutin, karena bisa menghilangkan zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan tubuh.


Makanan yang mengandung gula bisa dikonsumsi dengan takaran yang aman.


Rekomendasi Makanan Untuk penderita asam urat


Makanan turunan susu seperti yoghurt dan keju memiliki kadar purin yang rendah, kandungan kalsium yang ada didalamnya juga membantu untuk menguatkan persendian tulang. 


Konsumsi banyak sayuran hijau juga dianjurkan, karena kandungan gizi kompleksnya akan mengurus terjadinya asam urat yang kambuh.



Posting Komentar untuk "Makanan-makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat"